Parkir Paralel : Cara Mudah Melakukannya

parkir paralel

Mengendarai mobil tidak hanya membutuhkan keahlian menyetir di jalanan. Mengendarai mobil juga harus mengetahui cara memarkirkannya. Berbeda dengan memarkir motor, memarkir mobil membutuhkan beberapa tips agar tidak menggores kendaraan lain. Ada dua teknik memarkirkan mobil yaitu, teknik parkir seri dan parkir paralel.

Salah satu faktor utama mengendarai mobil adalah kemampuan dalam memarkirkan mobil. Terutama ketika berada di pusat perbelanjaan atau perkantoran. Anda harus memarkirkan mobilmu dengan baik. Tidak boleh menggores mobil lain, juga harus menyisakan space di kanan dan kiri mobil untuk kendaraan lain.

asuransi mobil

Agar kamu tidak salah dalam memarkirkan mobil, simak tips memarkirkan mobil dengan teknik parkir paralel yuk.

Apa itu Teknik Parkir Paralel?

Parkir paralel adalah teknik memarkirkan mobil secara paralel di pinggir jalan. Biasanya fasilitas parkir yang diterapkan di pusat kota, ataupun di kawasan pemukiman yang tidak memiliki garasi.

Teknik parkir paralel mengharuskan pengemudi mampu menempatkan posisi mobil sejajar dengan jalan. Dengan teknik ini, mobil yang Anda parkir harus berjarak satu meter dari mobil di depan dan belakang. Hal ini berfungsi agar mobil di depan dan belakang tidak susah ketika ingin keluar.

Tips Memarkirkan Mobil dengan Teknik Parkir Paralel

Biasanya orang-orang mengandalkan sensor atau kamera parkir untuk memarkirkan kendaraannya. Padahal, perihal memarkirkan mobil sangat berhubungan dengan kebiasaan. Oleh sebab itu, mari simak dan pelajari tips memarkir mobil dengan teknik parkir paralel di bawah ini.

  • Sejajarkan Mobil

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyejajarkan mobilmu dengan mobil lain yang sudah terparkir lebih dulu. Posisikan mobil sejajar dengan jarak sekitar setengah meter. Kemudian, pindahkan persneling ke posisi mundur lalu, putar kemudi ke arah kanan hingga mentok.

  • Mundurkan Mobil dengan Sudut 45 Derajat

Setelah tips pertama dilakukan, Anda harus memundurkan mobilmu dengan membentuk sudut 45 derajat. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda dapat melihat spion sebelah kiri saat memundurkan mobil. Jika pada kaca spion sudah terlihat bagian tengah hingga belakang mobil, maka mobilmu sudah membentuk sudut 45 derajat.

  • Luruskan Setir Mobilmu

Jika mobil Anda sudah membentuk sudut 45 derajat, maka Anda harus meluruskan posisi roda mobil. Caranya dengan memutar setir lalu memundurkan mobil secara perlahan.

  • Perhatikan Posisi Mobil

Setelah posisi mobil sudah Anda mundurkan lurus ke belakang dengan sudut 45 derajat, Anda perlu memperhatikan bagian depan dan belakang mobil. Pada tahap ini, Anda dapat menghentikan mobil apabila bagian depan mobilmu sudah sejajar, dengan bagian belakang mobil di depanmu.

  • Putar Setir Penuh ke Kiri

Ketika posisi bagian depan mobil sudah sejajar dengan bagian belakang mobil di depannya, Anda harus memutar setir ke arah kiri hingga mentok dan penuh. Setelah itu, mundurkan kembali mobilmu secara perlahan hingga seluruh badannya masuk ke area parkir yang disediakan. Saat memposisikan mobil Anda harus tetap fokus dan melihat ke arah spion agar posisi mobil bisa pas.

  • Meluruskan Roda Depan

Langkah terakhir adalah mengatur kembali posisi setir untuk meluruskan roda ketika seluruh bagian mobil sudah sejajar dengan mobil di depannya. Jika posisi mobil belum pas, maka Anda perlu memutar setir ke arah kanan secukupnya. Kemudian majukan mobil dan mundurkan dengan memutar setir ke arah kiri. Setelah itu, mundurkan perlahan hingga posisinya sejajar dengan kendaraan di depannya.

Bagaimana, apakah teknik parkir paralel cukup mudah untuk dilakukan? Mungkin, awalnya akan terlihat sulit. Namun, ketika Anda sering melatihnya dengan sendirinya Anda akan menguasai teknik ini.

Perlu diingat, jika Anda ingin mengendarai mobil di jalan raya dan mengunjungi banyak tempat, Anda perlu menguasai teknik parkir paralel ini. Jika Anda belum menguasai teknik parkir, namun sudah memutuskan untuk pergi kebanyak tempat, maka bisa saja Anda mengalami masalah parkir di area terbatas.

Untuk mengantisipasi terjadinya masalah parkir, Anda perlu melindungi kendaraan dengan asuransi. Dengan begitu ketika mobil Anda tergores mobil lain atau sebaliknya. Anda tidak perlu khawatir, karena kerusakan tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Pada zaman sekarang ini, terdapat banyak perusahaan yang menyediakan asuransi mobil. Dengan berbagai penawaran yang tentunya dapat memberikan proteksi terhadap mobil kesayanganmu.

Bagaimana tertarik untuk mendaftar asuransi untuk mobil kesayanganmu? Anda bisa mengunjungi cekpremi. Cekpremi memiliki banyak mitra yang aman dan terpercaya loh seperti, Simas Insurtech, Staco, Intra Asia dan mitra lainnya.

Anda tidak perlu khawatir ketika berkendara. Karena, jika terjadi risiko kerusakan pada mobilmu, akan ditanggung oleh pihak asuransi selama sesuai dengan polis.

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi cekpremi, Anda bisa mendaftarkan asuransi mobil untuk kendaraan kesayanganmu. Dapatkan asuransi mobil aman dan terpercaya serta cashback terbaik dari cekpremi.

Pertanyaan Seputar Parkir Paralel

Memarkirkan mobil memang butuh keahlian, jika salah sedikit maka bisa mengakibatkan kerusakan pada badan mobilmu atau kendaraan lain. Tentu banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan perihal parkir paralel. Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.