Cek Biaya Pasang Gigi Palsu dan Cara Perawatannya

Pasang Gigi Palsu

Untuk mengatasi masalah gigi ompong atau lainnya, biasanya pasang gigi palsu menjadi solusi terbaik. Namun, ketahui terlebih dahulu jenis, biaya pasang, hingga cara perawatannya agar lebih efisien sesuai kemampuan dan fungsinya.

Di saat bertambahnya usia masalah kesehatan sering menyerang terutama masalah gigi rapuh sehingga mudah ompong. Memiliki gigi ompong kerap kali membuat orang-orang merasa malu sehingga perlu memasang gigi palsu.

Apa itu Gigi Palsu?

Mungkin Anda masih penasaran dengan apa itu gigi palsu? Gigi palsu adalah gigi tiruan sebagai pengganti gigi asli yang hilang. Bahkan gigi palsu ini bisa menggantikan fungsi menyerupai gigi asli namun perlu perhatian lebih.

Tidak hanya itu saja, cara pemakaian gigi palsu juga cukup fleksibel karena bisa Anda lepas dan pasang sesuai kebutuhan. Jenis dari gigi palsu juga beragam sehingga Anda bisa memilih sesuai keinginan agar lebih nyaman saat memakainya.

Apa Saja Jenis Gigi Palsu?

Mungkin bagi Anda yang memiliki masalah gigi ompong langsung tertarik untuk pasang gigi palsu agar lebih percaya diri. Pasalnya, gigi palsu tidak hanya bisa mengembalikan rasa percaya diri melainkan memberikan manfaat lainnya.

Meskipun demikian, sebelum memasang gigi tiruan tentu membutuhkan pertimbangan yang matang. Perlu Anda ketahui, gigi tiruan atau gigi palsu saat ini tersedia dalam beberapa jenis sebagai berikut:

  • Gigi Palsu Permanen

Sebelum memutuskan untuk menggunakan gigi palsu, sebaiknya kenali jenis dari gigi tiruan tersebut agar lebih tepat saat memilih. Pasalnya, gigi tiruan terdiri dua macam, yang pertama adalah jenis gigi palsu permanen yang terbagi lagi menjadi dua jenis.

  • Dental Implant

Untuk jenis gigi tiruan permanen terbaik kembali menjadi dua jenis, yang pertama adalah jenis dental implan atau gigi tiruan implan. Cara pemasangan jenis ini dengan memasang sekrup implan dalam tulang rahang melalui jalur operasi.

  • Dental Bridge

Gigi palsu jembatan atau dental bridge ini bisa menggantikan salah satu gigi pada geraham bawah jika ada gigi geraham yang hilang. Cara pemasangannya dengan merekatkan pada gigi-gigi di sebelahnya secara permanen sehingga memiliki nama lain Gigi Tiruan Cekat (GTC).

  • Gigi Palsu Lepasan

Pasang gigi palsu atau gigi tiruan bisa menjadi alternatif terbaik saat Anda mengalami masalah gigi hilang sehingga tetap terlihat lengkap. Tidak hanya tersedia jenis permanen, gigi palsu juga tersedia jenis lepasan yang terbagi menjadi 3 macam sebagai berikut:

  • Gigi Palsu Penuh

Untuk jenis gigi tiruan lepasan ada yang berjenis gigi palsu penuh atau yang terpasang pada rahang atas atau rahang bawah atau bahkan kedua rahang sekaligus. Gigi palsu penuh ini biasanya terbuat dari bahan lentur atau akrilik, namun tidak jarang orang-orang menggunakan gigi palsu bahan logam.

  • Gigi Palsu Sebagian Bahan Akrilik

Tidak hanya terdiri dari jenis gigi palsu penuh saja, bahkan ada pula jenis gigi palsu sebagian bahan akrilik. Gigi palsu sebagian bahan akrilik ini dapat menggantikan fungsi satu atau seluruh gigi geraham atas kanan atau kiri yang hilang dengan mengikat pada sisa gigi menggunakan kawat.

  • Gigi Palsu Sebagian Bahan Lentur

Jenis lain dari gigi palsu lepasan adalah gigi palsu sebagian bahan lentur yang memiliki bentuk seperti akrilik tetapi lebih lembut. Gigi jenis satu ini berfungsi untuk menggantikan satu atau seluruh gigi geraham bawah bagian kanan atau kiri.

Berapa Biaya Pasang Gigi Palsu?

Setelah mengenal jenis dari gigi tiruan, tentu Anda juga harus tahu berapa biaya pasang gigi palsu? Pasalnya, biaya pasang gigi tiruan tentu berbeda-beda mulai ada yang murah hingga mahal sesuai dengan jenisnya.

Tidak heran jika banyak orang mempertimbangkan secara matang perihal biaya dan jenis agar sesuai keinginan atau kemampuan. Kisaran biaya yang Anda perlukan untuk memasang gigi palsu adalah sebagai berikut:

  • Gigi Palsu Lepasan

Biaya untuk memasang gigi palsu jenis lepasan bahan akrilik cukup terjangkau sekitar Rp1.1 juta sampai Rp1.4 juta. Sedangkan untuk memasang gigi tiruan lepas bahas lentur membutuhkan biaya sekitar Rp2.2 juta hingga Rp2.5 juta dan gigi bahan logam berkisar Rp2.2 juta hingga Rp2.8 juta.

  • Gigi Palsu Permanen

Berbeda dengan biaya pemasangan gigi palsu lepasan, pemasangan gigi palsu permanen crown memakan biaya sekitar Rp1.8 juta – 2 jutaan. Kalau jenis bridge membutuhkan biaya hingga 3 jutaan sedangkan biaya memasang implan gigi mulai Rp8 juta hingga Rp21 juta.

Bagaimana Caranya?

Tidak heran jika banyak orang lebih tertarik menggunakan gigi palsu lepasan yang murah ketimbang menggunakan gigi palsu permanen. Selain mengetahui kisaran harga pasang gigi palsu, tentu Anda juga harus mengetahui cara merawat gigi palsu yang baik dan benar.

  • Rajin Membersihkan Gigi dan Mulut

Untuk memperpanjang usia pemakaian gigi palsu tentu Anda harus memperhatikan perawatannya mulai dari kebersihan gigi dan mulut. Anda harus rutin sikat gigi untuk menjaga kesehatan mulut dan tidak lupa bersihkan gigi palsu setiap hari.

  • Gunakan Pasta Gigi Khusus

Bagaimana cara merawat gigi palsu? Setelah pasang gigi palsu sebaiknya ganti pasta gigi biasa dengan pasta gigi khusus gigi palsu. Pasta gigi khusus ini dapat membantu Anda menjaga kebersihan dan merawat gigi palsu agar tetap berfungsi dengan baik.

  • Rendam Gigi Palsu saat Tidak Digunakan

Tidak hanya menggunakan pasta gigi khusus saja, namun merendam gigi palsu juga sangat penting ketika Anda tidak menggunakannya. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan gigi palsu dari kotoran atau bakteri yang berbahaya bagi kesehatan mulut dan gigi.

  • Perhatikan Makanan dan Minuman

Meskipun gigi palsu memiliki fungsi yang sama seperti asli, namun konsumsi makanan dan minuman juga perlu Anda perhatikan. Sebaiknya hindari konsumsi makanan keras serta minuman tertentu agar gigi palsu tidak mudah rusak.

Melakukan pemasangan gigi palsu tentu tidak bisa sembarangan karena harus memilih jenis yang tepat serta menyiapkan biaya besar. Dengan mendaftar asuransi kesehatan tentu Anda tidak perlu bingung dan pusing lagi memikirkan biaya untuk memasang gigi palsu sesuai keinginan.

Dapatkan berbagai informasi tentang asuransi kesehatan terbaik melalui website cekpremi.com sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan. Demikian ulasan terkait kisaran biaya pasang gigi palsu hingga cara perawatannya yang mudah untuk mengatasi masalah gigi ompong.

Referensi :

Harga Web

HD Mall

Orange Dental

Kesehatan Gigi

SehatQ