Tips Membandingkan Penawaran Asuransi Mobil

penawaran asuransi mobil

Ada banyak penawaran produk asuransi mobil yang tersedia di pasaran. Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat, tentu hal ini sangat penting untuk diketahui. Jangan sampai Anda tergiur dengan penawaran yang masih abu-abu dan ditawarkan oleh satu perusahaan asuransi saja.

Supaya Anda bisa mendapatkan layanan asuransi terbaik, jelas sangat penting untuk perbandingan. Anda harus melakukan perbandingan dari beberapa produk dan perusahaan sejenis, untuk mendapatkan manfaat optimal dan meminimalisir risiko.

Inilah Tips Membandingkan Penawaran Asuransi Mobil

Dalam melakukan perbandingan terhadap penawaran berbagai produk asuransi mobil, banyak cara yang bisa Anda coba. Mulai dari mengenali berbagai jenis asuransi yang tersedia, hingga menemukan berbagai ulasan dari produk-produk asuransi tersebut. Berikut penjelasannya.

  1. Kenali Jenis Asuransi Mobil yang Tersedia

Perlu Anda ketahui, bahwa ada 2 jenis asuransi. Asuransi All Risk / Comprehensive akan menjamin hampir semua kemungkinan risiko yang mungkin terjadi atas kendaraan Anda. Misalnya saja seperti kerusakan ringan, kerusakan berat hingga risiko kehilangan.

Meski begitu, ada pengecualian dalam polis asuransi ini yang perlu Anda cermati dan ketahui sejak awal pembelian polis. Anda harus mempelajari setiap klausul dengan seksama supaya dapat terhindari dari adanya kerugian yang muncul di masa datang.

Sementara itu, ada pula jenis asuransi Total Loss Only (TLO). Jenis asuransi ini hanya akan memberikan jaminan atas kerusakan kendaraan yang terjadi lebih dari 75% saja. Itu berarti, kecelakaan ringan hingga sedang atau bahkan kerusakan kecil, kemungkinan besar tidak mendapat jaminan proteksi dari asuransi TLO.

  1. Daftar Perlindungan yang Diberikan

Dalam melakukan perbandingan berbagai produk asuransi, Anda juga perlu membuat daftar kebutuhan terkait perlindungan kendaraan yang diinginkan. Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih layanan asuransi mobil All Risk berdasarkan kebutuhan kendaraan.

Setelah mempertimbangkan jenis layanan asuransi tersebut, carilah layanan dan produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda atau yang setidaknya paling mendekati. Jika Anda mengalami kesulitan dalam hal ini, cara untuk mempermudah adalah dengan memperhatikan jenis kendaraan Anda.

Apakah anda memiliki kendaraan sedan, MPV, SUV atau yang lainnya, pertimbangan frekuensi pemakaian kendaraan, apakah dipakai setiap hari atau di saat-saat tertentu saja. Berdasarkan hal ini, maka Anda bisa menentukan apa kebutuhan dari kendaraan tersebut.

  1. Reputasi Perusahaan Asuransi

Menjadi salah satu pertimbangan utama, Anda harus memperhatikan reputasi dari perusahaan asuransi. Memilih perusahaan yang terpercaya dan kredibel, serta memiliki reputasi baik, akan menjamin keamanan kendaraan Anda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat informasi pada website resminya.

  1. Mempertimbangkan Rekomendasi Dealer

Suatu hal yang sangat umum ketika Anda membeli mobil baru, yakni berdiskusi dengan pihak dealer. Perlu Anda tahu, bahwa staf dealer tentu saja memiliki pengalaman yang lebih baik terkait kriteria asuransi untuk setiap jenis mobil. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk bertanya ketika sedang memilih mobil impian. Anda bisa menjadikan rekomendasi dealer tersebut sebagai acuan dan bukan patokan utama.

  1. Kemudahan Klaim

Pada dasarnya, bergabung dengan perusahaan asuransi sangatlah mudah. Pasalnya, ketika perusahaan sedang mencari pelanggan atas pembelian produk polisnya, segala persoalan registrasi maupun dokumen akan dipermudah. Anda jangan terlalu fokus pada kemudahan untuk memiliki polis asuransi tersebut.

Pastikan untuk selalu mempertimbangkan kemudahan untuk melakukan klaim. Ingatlah bahwa setiap perusahaan tentu saja memiliki ketentuan dan syarat klaim yang berbeda-beda. Bahkan tidak sedikit yang proses klaimnya justru berbelit-belit dan menjadi kendala tersendiri ketika Anda ingin mencairkan dana pertanggungan.

Apabila dipikirkan secara logika, tentu saja seseorang mengajukan klaim atas asuransi mobilnya karena ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Bahkan bisa jadi, ia memerlukan waktu cepat untuk proses pertanggungannya.

Sehingga ketika layanan asuransi cenderung bermasalah dalam proses klaim, tentu saja hal ini akan menjadi kendala tersendiri dan membuang-buang waktu Anda. Maka dari itu pastikan Anda paham akan setiap poin yang perusahaan tetapkan terkait proses klaim biaya.

  1. Besaran Premi dan Manfaatnya

Premi merupakan sejumlah uang yang perlu pelanggan setorkan kepada pihak perusahaan asuransi setiap bulannya. Besarnya premi ini bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis asuransi yang Anda pilih, manfaat yang diberikan, serta kebijakan dari perusahaan pemberi manfaat.

Supaya tagihan premi ini tidak macet atau terkendala, maka penting bagi Anda untuk memilih produk yang sesuai dengan kondisi finansial. Pilihlah yang terbaik, namun jangan terlalu memaksakan diri yang justru membuat klaim lebih rumit karena kendala pembayaran.

Selain itu, pastikan Anda memilih asuransi yang memberikan manfaat dana pertanggungan memadai sesuai dengan perhitungan preminya. Apabila menginginkan dana pertanggungan yang lebih besar, maka premi yang Anda bayarkan juga cenderung lebih tinggi. Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan setiap manfaat dari besaran premi dari masing-masing produk asuransi.

  1. Mencari Tahu Detail Produk

Tips lain yang perlu Anda pertimbangkan ketika mendapatkan penawaran produk Asuransi adalah dengan membandingkan setiap detail produk. Anda bisa mencari tahu terlebih dulu mengenai apa saja manfaat yang diberikan, persyaratannya, bagaimana cara klaim, hal-hal atau risiko yang dikecualikan, dan lain sebagainya.

Lebih baik bila Anda memilih produk asuransi yang menawarkan persyaratan mudah atau tidak terlalu sulit. Pertimbangkan pula produk yang menawarkan proses klaim mudah dengan adanya layanan bantuan support yang baik. Sehingga ketika mendapatkan kendala terkait kendaraan, akan lebih mudah bagi Anda untuk meminta informasi atau mendapatkan bantuan cepat mungkin dari layanan pelanggan.

  1. Riset Ulasan Produk Asuransi

Terakhir, jangan lupa untuk mencari ulasan terkait produk asuransi yang Anda pilih. Salah satu caranya adalah dengan bertanya secara langsung pada mereka yang pernah menggunakan produk Asuransi tersebut atau mencari ulasan melalui media sosial. Selain itu, tidak kalah pentingnya Anda melakukan riset melalui internet atau situs yang biasa melakukan review atas produk asuransi.

Untuk lebih memudahkan, Anda bisa menemukan informasi dan detail produk asuransi melalui website resmi Cekpremi.com. Cekpremi akan membantu Anda dalam menemukan informasi produk asuransi yang tepat melalui tim-tim ahli yang sudah profesional. Di sini Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi produk asuransi mobil terbaik sesuai kebutuhan dan finansial Anda.

Referensi

Carro