Pengertian Asuransi, Fungsi dan Jenisnya!

Pengertian asuransi

Memiliki asuransi tentu saja sangat penting bagi setiap orang, untuk meminimalisir berbagai risiko. Bahkan asuransi sudah diatur dalam Undang Undang khusus tentang Perasuransian di Indonesia. Pengertian asuransi sendiri, merujuk kepada perjanjian antara dua pihak yaitu perusahaan asuransi dan Anda pemegang polis. Di mana keduanya menjadi dasar penerimaan premi perusahaan sebagai imbalan untuk penggantian kepada pemegang polis atas kerugian kerugian dan kerusakan, pertanggungan kepada pihak ketiga hingga memberikan pembayaran kepada tertanggung atau pemegang polis.

Pengertian Asuransi

Pengertian asuransi juga bisa dikatakan sebagai kontrak dengan kesepakatan antara individu dengan perusahaan asuransi. Individu ini akan menerima perlindungan finansial atau ganti rugi, dari perusahaan asuransi ketika mengalami kerugian tertentu seperti yang tercatat dalam polis.

Pada pengertian asuransi lebih luas, Pemegang polis wajib membayar iuran baik bulanan maupun tahunan, sementara perusahaan asuransi punya kewajiban pula untuk memberikan jaminan penuh kepada pembayar iuran. Misalnya saja jika Anda ketika mengalami masalah kesehatan, maka perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi atau perlindungan terhadap kesehatan.

Banyak hal yang bisa diasuransikan seperti misalnya asuransi kesehatan, jiwa, benda, tanggung jawab hukum dan berbagai kepentingan lainnya.

Unsur-unsur yang Ada Dalam Asuransi

Setelah mengetahui pengertian asuransi, pahami juga unsur asuransi. Untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari asuransi, tentu saja wajib paham terlebih dahulu unsur mendasar dalam asuransi. Berikut beberapa unsur yang ada dalam asuransi.

  • Pihak Tertanggung, merupakan individu atau organisasi yang berjanji membayar premi kepada pihak penanggung. Pembayaran harus dilakukan dengan angsuran berturut-turut atau bisa juga dilakukan secara tunai. Dengan membayar premi, berarti pihak tertanggung akan mendapatkan hak saat klaim asuransi.
  • Pihak penanggung, individu atau lembaga yang akan membayarkan sejumlah uang atau premi baik secara angsuran atau tunai kepada pihak pertama. Hak dari penanggung adalah membayar premi dan kewajibannya adalah membayar uang sesuai klaim yang ada dalam skema perjanjian.
  • Objek asuransi, unsur berikutnya adalah objek asuransi di mana meliputi benda dan hak atau kepentingan yang melekat pada benda tersebut, hal-hal yang berkaitan dengan nyawa, bagian tubuh dan juga objek asuransi yang dijanjikan pihak penanggung. Pihak tertanggung dalam hal ini membayar premi untuk bebas dari risiko kerugian.
  • Peristiwa asuransi, merupakan peristiwa tidak pasti yang mengancam objek asuransi. Dalam unsur ini terjadi persetujuan antara pihak tertanggung dan penanggung dan menjadi satu perbuatan hukum, karena ada kesepakatan antara kedua belah pihak.
  • Masa tunggu, merupakan istilah asuransi dimana periode waktu sebelum asuransi benar-benar bisa menjamin pihak tertanggung. Umumnya masa tunggu adalah selama 30 hari.

Fungsi Asuransi

Anda yang ingin memiliki asuransi, maka tentu tidak hanya harus paham pengertian asuransi saja dan unsur-unsurnya, namun juga apa itu fungsi asuransi.

  • Pengalihan Risiko

Fungsi asuransi sebagai pengalihan risiko, di mana ketika kepala keluarga meninggal secara otomatis kondisi keuangan mengalami penurunan. Namun jika kepala keluarga punya asuransi jiwa, maka keluarga akan menerima uang asuransi untuk melanjutkan hidup.

  • Menghimpun Dana

Asuransi juga bisa jadi sarana menghimpun dana. Di mana tujuannya adalah untuk mengumpulkan dana dari pemegang polis lewat premi yang dibayarkan. Perusahaan asuransi sebagai pengumpul dana, akan menjalankan fungsi primer yaitu mengalihkan risiko lewat pembayaran klaim.

  • Jaga Keseimbangan Premi dan Perlindungan

Asuransi juga dapat menjaga keseimbangan antara premi dan perlindungan sehingga para pemegang polis tidak harus membayar mahal untuk bisa dapat perlindungan. Karena perusahaan asuransi akan melakukan kalkulasi risiko yang terjadi, sesuai dengan premi yang sudah Anda bayarkan.

Setiap risiko dari pemegang polis tentu saja tidak akan selalu mendapatkan penggantian yang sama. Hal ini didasarkan pada biaya dan risiko tertanggung setiap orang berbeda-beda.

  • Memicu Pertumbuhan Ekonomi

Fungsi asuransi juga dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi namun secara tidak langsung. Karena asuransi bisa membuka lapangan pekerjaan lewat posisi dalam perusahaan asuransi. Kemudian secara tidak langsung, asuransi bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi suatu negara.

  • Melakukan Ekspor Secara Tidak Langsung

Ada banyak pilihan produk asuransi yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan dan tidak hanya berkutat pada asuransi kesehatan atau jiwa. Asuransi juga memungkinkan Anda melakukan penjualan barang ke luar negeri. Di mana perlindungan produk bisa didapatkan ketika produk asuransi memberikan perlindungan, untuk pengiriman barang jarak jauh dan secara tidak langsung disebut sebagai aktivitas ekspor.

Jenis Asuransi

Setelah mengetahui apa itu pengertian asuransi, unsur yang ada di dalamnya dan fungsi asuransi maka penting juga untuk memahami jenis-jenis asuransi agar tidak bingung untuk memilih asuransi sesuai kebutuhan.

  • Asuransi Kesehatan

Merupakan salah satu produk asuransi di Indonesia yang cukup populer di masyarakat, karena memang melindungi kesehatan sangat penting bagi setiap orang dan masalah kesehatan bisa terjadi sewaktu-waktu. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya perawatan, jika Anda memilih untuk menggunakan asuransi kesehatan. Penyakit yang ditanggung mulai dari penyakit ringan hingga kematian yang disebabkan kecelakaan.

  • Asuransi Jiwa

Pengertian asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan finansial kepada individu atas kematian. Jika individu mengalami kematian dan menimbulkan kerugian karena hilangnya pendapatan kepala keluarga atau keluarga, maka asuransi akan diberikan sebagai jaminan kelangsungan keuangan keluarga.

  • Asuransi Pendidikan

Berikutnya adalah asuransi pendidikan, yang tujuannya untuk membiayai pendidikan anak di masa depan. Biaya premi yang harus dikeluarkan biasanya berbeda-beda, tergantung tingkat pendidikan yang akan didapatkan.

  • Asuransi Kendaraan

Ada pula yang namanya asuransi kendaraan. Di mana jenis asuransi ini akan memberikan jaminan penggantian kerugian pada kendaraan yang dipertanggungkan. Anda bisa klaim asuransi kendaraan untuk kerusakan ringan sampai berat, kecelakaan, buatan jahat atau pencurian.

  • Asuransi Properti

Merupakan jenis asuransi untuk perlindungan aset dan barang mewah yang Anda miliki. Misalnya untuk perlindungan rumah dari kerugian akibat pencurian, kebakaran, hingga kerusakan akibat bencana alam. Memiliki asuransi properti maka risiko kerugian bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Itu tadi pengertian asuransi, unsur yang ada di dalamnya, fungsi asuransi dan juga jenis-jenisnya. Penting untuk memiliki asuransi baik perlindungan kesehatan, jiwa bahkan kendaraan salah satunya asuransi mobil. Miliki asuransi mobil dari perusahaan asuransi terbaik dengan melakukan perbandingan terlebih dahulu, melalui portal online Cekpremi.

Cekpremi dapat membantu Anda untuk menemukan perusahaan asuransi yang sudah pasti legal dan terdaftar di OJK. Anda juga bisa melakukan perbandingan untuk dapatkan premi sesuai dengan budget yang dimiliki lewat Cekpremi.

Sumber :

Kata Data

Tokopedia

Glints