Asuransi Mobil All Risk: Risiko Apa Saja yang di Cover?

asuransi mobil all risk

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Salah satu cara untuk melindungi kendaraanmu adalah dengan membeli asuransi mobil all risk. Seiring berkembangnya zaman, harga mobil di pasaran semakin terjangkau. Hal tersebut mengakibatkan meningkatnya daya beli masyarakat terhadap kendaraan roda empat. Belum lagi, proses jual beli yang lebih mudah dengan sistem kredit. Sekarang ini, mobil bukan lagi menjadi barang tersier. Kini mobil telah beralih menjadi barang primer yang digunakan untuk memenuhi mobilitas masyarakat. Oleh karena itu, Ansa perlu untuk melakukan perlindungan terhadap mobilmu.

Sekarang ini, ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi mobil. Sebelum Anda membeli asuransi tersebut, pahami terlebih dahulu tipe perlindungan yang ditawarkan.

Ada dua tipe perlindungan asuransi mobil. Yakni, asuransi mobil all risk atau comprehensive dan TLO (Total Loss Only). Dalam hal ini akan dibahas tentang asuransi mobil all risk atau comprehensive.

asuransi mobil

Apa itu Asuransi Mobil All Risk?

asuransi mobil

Asuransi all risk atau comprehensive adalah memberikan jaminan atas mobilmu untuk segala jenis kerusakan. Mulai dari jenis kerusakan ringan hingga kerusakan berat, atau bahkan kehilangan. Walaupun asuransi ini memiliki premi yang tinggi, namun banyak dipilih oleh pemilik kendaraan mobil.Sesuai dengan namanya, asuransi ini menanggung segala bentuk resiko yang mungkin terjadi. Tidak hanya perlindungan bagi diri sendiri dari objek bergerak, tapi perluasan perlindungan yang lebih menyeluruh.

Lalu apa saja manfaat yang diperoleh dari asuransi mobil all risk? Asuransi satu ini, memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap mobilmu. Melindungi dari segala macam bentuk resiko yang mungkin terjadi di masa depan. Mulai dari kerusakan kecil sampai kerusakan yang besar atau parah.

Lingkup Proteksi Asuransi Mobil All Risk

Ada beberapa hal yang akan Anda peroleh ketika membeli asuransi mobil all risk. Lalu apa saja yang akan Anda dapatkan? Berikut beberapa lingkup proteksi dari asuransi mobil all risk.

  1. Mobil yang mengalami kecelakaan, benturan, terperosok, tergelincir dan terbalik.
  2. Mobil yang mengalami kerusakan karena orang lain.
  3. Kehilangan mobil karena dicuri.
  4. Mobil yang mengalami kerusakan karena tersambar petir atau kebakaran.
  5. Mobil yang mengalami kerusakan ketika menyeberangi laut menggunakan kapal feri.
  6. Ketika bagian roda mobil rusak akibat kecelakaan.
  7. Memberikan layanan pengangkutan atau mobil derek menuju bengkel mobil terdekat.
  8. Layanan bantuan darurat di jalan.
  9. Memiliki mitra bengkel yang terpercaya.

Dari manfaat dan lingkup proteksi yang ditawarkan, ada tiga keuntungan besar yang bisa Anda peroleh.

Perlindungan Mobil Sepenuhnya

Mendaftarkan asuransi untuk kendaraan roda empat, merupakan hal penting. Karena dengan begitu, mobil Anda akan mendapatkan perlindungan secara menyeluruh. Jika terjadi sesuatu, Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan banyak biaya untuk menservice mobilmu.

Lingkup Manfaat Asuransi Mobil All Risk yang Luas

Menggunakan asuransi all risk bukan hanya Anda yang akan menerima manfaat. Ketika, Anda mengalami kecelakaan dan mengakibatkan kendaraan orang lain rusak, asuransi ini bisa mengcovernya.

Meningkatkan Ketenangan dan Rasa Nyaman

Karena manfaat yang diperoleh begitu luas, Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman. Pasalnya, Anda tidak perlu khawatir jika mobilmu mengalami kerusakan kecil ataupun besar. Semua jenis kerusakan dapat ditanggung oleh asuransi mobil all risk.

Ada beberapa hal yang bisa menjadikan perusahaan tidak menanggung kerusakan kendaraanmu. Hal ini perlu Anda ingat. Lalu kerusakan apa saja yang tidak bisa ditanggung perusahaan asuransi? Simak penjelasan berikut.

  1. Kendaraan mengalami kerusakan ketika menarik kendaraan lain.
  2. Kendaraan digunakan untuk perlombaan balap ataupun sekedar menyalurkan hobi.
  3. Kendaraan digunakan untuk melakukan tindak kejahatan.
  4. Kendaraan digunakan untuk memberi pelajaran mengemudi.
  5. Kendaraan digunakan untuk melakukan perbuatan melanggar hukum.
  6. Kelebihan muatan.
  7. Segala tindakan yang dilakukan di luar polis yang telah disepakati.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, tentunya dapat menjadi peringatan untuk Anda. Walaupun asuransi mobil all risk bisa menanggung segala resiko, namun ada beberapa hal yang tidak bisa ditanggung.

Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dan memperhatikan polis yang telah disepakati di awal.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan mobilmu? Sekarang ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi mobil all risk.

Salah satunya melalui asuransi mobil di cekpremi. Dengan menggunakan cekpremi Anda dapat mendaftarkan asuransi terhadap mobilmu. Selain itu juga cekpremi memiliki rekan asuransi mobil yang aman dan terpercaya. Setidaknya ada puluhan mitra asuransi yang terpercaya dengan penawaran terbaik seperti, Mega Insurance, Simas Insurtech, Instra Asia, Sacco dan rekan asuransi mobil lainnya.

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil

Asuransi mobil bukanlah istilah asing di kalangan masyarakat. Tentunya ada banyak pertanyaan yang muncul di benak masyarakat. Berikut beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan.

Apa saja jenis perlindungan mobil yang ditawarkan perusahaan asuransi?

Ada dua jenis perlindungan asuransi mobil, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO (Total Loss Only ). Kedua jenis tersebut bisa Anda pilih, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Apa saja yang di cover asuransi all risk?

Asuransi mobil all risk menanggung berbagai risiko kerusakan pada mobil Anda, selama kerusakan tersebut terjadi karena alasan-alasan yang tercantum dalam polis. Berikut adalah beberapa hal yang umumnya dicakup:

  1. Kerusakan Akibat Kecelakaan: Meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tabrakan dengan kendaraan lain, benda-benda, atau kecelakaan tunggal seperti menabrak pohon atau pagar.
  2. Pencurian: Menanggung kehilangan kendaraan jika mobil Anda dicuri.
  3. Kerusakan Akibat Perbuatan Jahat: Termasuk kerusakan yang diakibatkan oleh tindakan vandalisme atau kerusakan yang disengaja oleh pihak ketiga.
  4. Bencana Alam: Beberapa polis mencakup kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam seperti banjir, gempa bumi, atau longsor.
  5. Kebakaran: Meliputi kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, baik yang berasal dari dalam kendaraan maupun dari luar.
  6. Kerusuhan dan Keributan: Menanggung kerusakan yang disebabkan oleh kerusuhan, demonstrasi, atau huru-hara.

Perlu diingat bahwa meskipun asuransi all risk mencakup berbagai risiko, penting untuk membaca dengan teliti syarat dan ketentuan polis untuk memahami pengecualian atau batasan yang berlaku.

asuransi mobil

Lindungi mobil Anda dari segala risiko dengan Asuransi Mobil All Risk! Dapatkan perlindungan menyeluruh yang meliputi kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, hingga tindakan kriminal. Pastikan mobil Anda selalu aman dan terjaga!