Kesehatan

Pengganti Gula, Pemanis yang Aman untuk Penderita Diabetes

Artikel ini membahas tentang pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes. Walaupun diabetes bukan berarti kamu tidak bisa mengkonsumsi makanan manis. Berikut ini beberapa alternatif pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes. 

Pengganti Gula untuk Diabetes 

1.Stevia

Stevia merupakan pemanis alami yang berasal dari tanaman stevia rebaudiana. Tanaman ini banyak tumbuh di Paraguay dan Brazil. Pemanis ini bebas kalori dan tidak menaikkan kadar gula darah. Namun, harganya lebih mahal dan memiliki cita rasa pahit. Beberapa produsen menambahkan gula dan bahan lain untuk menciptakan rasa manis, yang justru berpotensi mengurangi manfaat stevia bagi kesehatan.

 

2.Tagatose

Tagatose diproduksi dari unsur galaktosa pada susu. Tagatose termasuk dalam golongan fruktosa. Unsur ini 90% lebih manis dari sukrosa (gula pasir). Tagatose dihasilkan pada buah-buahan berdaging manis seperti apel, jeruk, dan nanas. Umumnya, tagatose digunakan sebagai pemanis pada makanan, penambah tekstur, dan stabilizer rendah kalori. Pemanis ini memiliki indeks glikemik rendah, sehingga aman juga untuk penderita obesitas.


3.Sukralosa

Sukralosa 600x lebih manis daripada gula meja dengan kandungan kalori yang rendah. Beberapa produsen makanan juga kerap menambah sukralosa ke berbagai produk permen karet, sereal dan olahan lainnya. Keunggulan lainnya yakni pemanis alami ini lebih tahan panas dibandingkan jenis lain yang rasanya mudah berubah ketika dipanaskan pada suhu yang tinggi. FDA menganjurkan penggunaan sukralosa yang aman adalah sebesar 5 mg/kg berat badan. 


4.Aspartam
Aspartam adalah pemanis buatan yang sudah sering digunakan sejak 1980-an. Aspartam 200x lebih manis dari gula pasir biasa. Aspartam kurang baik jika diolah pada suhu yang tinggi. FDA menganjurkan jumlah aspartam yang aman dikonsumsi yakni tidak lebih dari 50 mg/kg berat badan.


5.Sakarin

Sakarin merupakan pemanis yang terbuat dari proses oksidasi zat kimia. Pemanis ini mengandung 0 kalori. FDA menganjurkan jumlah takaran yang tepat dalam mengkonsumsi sakarin adalah 15 mg/kg berat badan. 

6.Neotame

Neotame adalah pemanis buatan rendah kalori yang hampir 10.000x lebih manis dibandingkan dengan gula pasir. Neotame adalah pemanis buatan yang diturunkan dari aspartam. Neotame stabil dalam suhu tinggi, sehingga aman digunakan untuk memasak.

7. Xylitol

Xylitol adalah gula alkohol dengan rasa manis yang mirip dengan gula. Xylitol dapat mengurangi risiko gigi berlubang dan kerusakan gigi. Selain itu, xylitol juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis. Xylitol juga tidak meningkatkan kadar gula darah atau insulin. Namun, efek sampingnya jika berlebihan adalah gas perut dan diare.

 

Itulah beberapa pemanis alami dan buatan yang  aman untuk penderita diabetes. Proteksi keluarga juga akan semakin lengkap apabila kamu menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Pasific Cross Malacca Trust dan Lippo Healthplus. 

Buat kamu yang ingin menyesuaikan budget, kamu bisa memilih asuransi kesehatan Pasific Cross Malacca Trust.  Dengan budget yang ekonomis untuk produk M Safe seperti rawat inap dan rawat jalan, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Namun, terdapat batas tertentu untuk limit pertanggungannya ya. Apabila pengobatan medismu tidak tersedia di Indonesia, kamu bisa mendapatkan perlindungan medis rawat inap dan rawat jalan di seluruh dunia. 

Lippo Health Plus menyediakan proteksi maksimal dengan nilai pertanggungan sesuai dengan yang dibayarkan per tahun. Produk ini juga sudah memiliki fitur cashless yang berlaku di lebih dari 900 rumah sakit rekanan. Lippo Healthplus juga punya aplikasi e Benefit yang memudahkan kamu ketika mengajukan klaim. Jangan khawatir jika kamu atau keluarga tiba-tiba sakit karena Lippo Healthplus menyediakan 24 jam contact center dan monitoring. Mereka juga menyediakan Personal Medical Assistance dan memberikan santunan tunai harian rawat inap di rumah sakit. 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi dan dapatkan promo menarik. Kami punya berbagai daftar asuransi kesehatan terlengkap dengan harga terbaik. Yuk, lindungi dirimu dan orang-orang tersayang mulai dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Pengganti Gula

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Gula apa yang bagus untuk kesehatan?” answer-0=”Salah satu pengganti gula yang lebih sehat, mudah didapatkan, dan aman bagi tubuh adalah stevia. Gula stevia adalah pemanis yang berasal dari tanaman stevia rebaudiana. Daun stevia mengandung senyawa dengan tingkat kemanisan sekitar 200-300 kali dibanding gula pasir.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah madu aman untuk diabetes?” answer-1=”Madu juga dikenal memiliki rasa yang manis, tapi jenis makanan yang satu ini ternyata cukup aman untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Begini Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung Supaya Sesuai Kebutuhan

Semakin hari kita dihadapkan dengan perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan suhu udara semakin tinggi dan…

July 5, 2024

8 Manfaat Peach Gum, Makanan Enak dan Baik Bagi Tubuh!

Peach gum belakangan ini memang sedang populer dikarenakan rasanya yang enak dan berbagai manfaat yang…

July 5, 2024

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024