Deretan Pengusaha Sukses di Indonesia yang Menginspirasi

pengusaha sukses di indonesia

Ingin menjadi wirausahawan? Anda tentunya harus tahu siapa saja pengusaha sukses di Indonesia yang bisa dijadikan tokoh panutan. Pasalnya kisah dari para pengusaha sukses ini bisa memberikan motivasi agar Anda bisa meraih sukses yang sama.

Tidak selamanya kisah dari para pengusaha ini selalu berjalan mulus dan mendadak sukses. Semua ada perjalanan naik turun yang menarik untuk diikuti. Simak siapa saja pengusaha ini dan seperti apa kisah singkatnya.

Mengintip Daftar Pengusaha Sukses di Indonesia dan Kisahnya

Indonesia ternyata memiliki cukup banyak pengusaha yang sukses dan kisahnya pun santer terdengar sampai mancanegara. Para pengusaha ini memiliki bisnis yang berkembang pesat di berbagai bidang, mulai dari perbankan, kuliner, sampai dengan garmen.

Siapa saja pengusaha yang bisa memberikan Anda kisah inspiratif, simak dulu daftarnya ini.

  • Chairul Tanjung

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pengusaha yang satu ini. Kiprahnya dalam membangun kerajaan bisnis selalu terkenal sukses. Beberapa perusahaan yang kini berdiri dengan kokoh seperti Bank Mega, Trans TV, Trans 7 adalah milik Chairul Tanjung.

Tak seperti usahanya yang sukses saat ini, dulu Chairul Tanjung yang lahir di kalangan keluarga menengah harus berdagang buku sampai bekerja di tempat fotokopi agar bisa terus kuliah. Ayahnya sendiri merupakan wartawan di masa orde lama.

Bisnis di awal perintisan yang dilakukan pun sempat mengalami kebangkrutan. Seperti saat membuka bisnis rotan, kontraktor sampai alat kesehatan dan laboratorium. Kegagalan yang dialaminya tidak membuat Chairul Tanjung putus asa sampai akhirnya bisa mendirikan CT Corp yang berjaya sampai saat ini.

  • Sudono Salim

Pengusaha sukses di Indonesia yang selanjutnya ini memiliki asal usul sebagai imigran Tiongkok. Awal kehidupannya di Indonesia sebagai keluarga menengah ke bawah sangat sulit, bahkan sempat putus sekolah di usia 15 tahun karena masalah keuangan.

Di usia 20-an, beliau bekerja sebagai buruh pabrik hingga akhirnya berhasil menjalankan bisnis perdagangan yaitu pemasok cengkeh di perusahaan rokok area Kudus dan Semarang. Sayangnya bisnis ini pun tidak berjalan lama karena Indonesia yang dijajah oleh Jepang.

Tekad beliau pun tidak pudar dan dengan modal yang dimiliki akhirnya mendirikan Bank Central ASia (BCA) pada tahun 1960. Bisnisnya berlanjut dengan mendirikan PT Indocement Tunggal Perkasa tahun 1975. Saat ini Sudono Salim telah masuk ke jajaran pengusaha sukses di dunia yang cukup terkenal, meskipun telah meninggal tahun 2012.

  • Alm. Bob Sadino

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal dengan Bob Sadino? Seorang kakek yang kerap tampil dengan celana pendek ini adalah pengusaha sukses di Indonesia. Kisahnya sangat menarik karena beliau membangun bisnis dari nol. Bob Sadino memang merupakan orang berada dan mendapatkan warisan cukup melimpah.

Sayangnya warisan tersebut dihabiskan untuk berkeliling dunia dan sempat mengalami depresi karena pembangunan usahanya pun gagal setelah mengalami kecelakaan mobil. Ditambah lagi beliau juga sudah keluar dari pekerjaannya sehingga menambah rasa depresi.

Saat depresi seorang teman menyarankan untuk memelihara ayam dan berawal dari sini, usaha ternak ayam pun dijalankan. Bisnisnya berkembang menjadi Kemfood dan Kem Chicks yang akhirnya mengantarkan ke bisnis lain di bidang agribisnis hortikultura. Beliau pun meninggal pada tahun 2015 karena infeksi pernapasan.

  • Boenjamin Setiawan

Seorang lulusan kedokteran Universitas Indonesia yaitu Boenjamin Setiawan juga menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Kisahnya menarik yang berawal dari pembuatan bisnis bidang farmasi yaitu Kalbe Farma.

Sebelum membangun bisnis ini, beliau dan beberapa temannya sempat membangun PT Farmindo tahun 1963. Sayangnya bisnis ini bangkrut karena minimnya pengalaman dalam bidang marketing. Meskipun obat-obatan yang diproduksi sudah cukup memadai.

Belajar dari kegagalan tersebut, Boenjamin Setiawan mendirikan Kalbe Farma bersama dengan temannya. Awal bisnis ini ada di garasi rumah yang juga dibantu oleh anggota keluarga yang lain. Ada banyak produknya yang sukses di pasaran seperti Kalpanax, Sakatonik, Extra Joss dan masih banyak lagi.

  • Jogi Hendra Atmadja

Beralih pada bidang kuliner, Jogi Hendra Atmadja adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang perlu dijadikan teladan. Jogi sendiri merupakan lulusan kedokteran Universitas Trisakti, yang setelah lulus justru mendalami bisnis makanan ringan.

Pada tahun 1977, Jogi dan juga temannya mendirikan PT Mayora Indah yang saat ini sudah sangat terkenal dan berkembang menjadi Mayora Group. Beberapa produknya tidak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga dunia seperti Kopiko, Ben Beng, Astor sampai minuman kemasan.

  • Indra Gunawan

Sebagai salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia, nama Indra Gunawan pun tidak boleh dilewatkan. Bisnisnya adalah Bobox yang merupakan hotel kapsul dan saat ini sudah sangat banyak tersedia di berbagai kota di Indonesia.

Masih berusia muda, Indra Gunawan yang merupakan mantan konsultan bisnis ini terus melakukan riset yang panjang untuk mengembangkan bisnisnya. Bukan hanya Bobox saja yang sukses, awal kisahnya masuk ke dunia bisnis karena diharuskan melanjutkan bisnis printing milik keluarganya.

Semenjak itu, Indra merambah ke dunia startup gaming yang cukup sukses dan fashion wanita yang sayangnya gagal. Sering melakukan riset, membuat Indra akhirnya melahirkan inovasi bisnis Bobobox yang banyak disukai saat ini.

  • Hamzah Izzulhaq

Tokoh wirausahawan yang sukses dan kisahnya yang dimulai dari nol tidak boleh dilewatkan adalah Hamzah izzulhaq. Beliau memulai bisnisnya sebagai pengrajin sofa bed. Beliau pun mulai berusaha sejak SMA dan tidak sedikit usahanya yang mengalami gulung tikar.

Meskipun belum mencapai kesuksesan dari bisnis-bisnisnya tersebut, beliau pantang menyerah dan mau memulai dari awal. Sampai akhirnya kini Hamzah berhasil mendirikan usaha franchise bimbel dan sofa bed.

Tidak sedikit bukan jumlah pengusaha sukses di Indonesia yang bisa Anda jadikan panutan. Para pengusaha ini juga tidak mudah dalam merintis karirnya sebagai wirausahawan bahkan memulai semua dari nol.

Jadi kesempatan untuk Anda menjadi seperti mereka pun masih terbuka lebar. Anda bisa memulainya dengan menata keuangan lebih baik dari sekarang. Misalnya saja dengan memiliki asuransi mobil, yang menjadi strategi finansial jadi lebih aman.

Anda bisa cek perbandingan asuransi mobil yang tepat melalui Cekpremi terlebih dahulu. Berbagai informasi mengenai asuransi bisa Anda dapatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Sumber:

Bukalapak

Alphajwc

Sirclo

Kata Data