Catat, Inilah 5 Tips Menghindari Penipuan Asuransi Mobil

penipuan asuransi mobil

Punya kendaraan roda empat tapi tidak dibekali asuransi merupakan hal yang percuma. Bagaimana tidak, asuransi sangat dibutuhkan saat ada hal-hal diluar kendali terjadi seperti kecelakaan atau bahkan kehilangan. Meski begitu, Anda harus waspada terhadap penipuan asuransi mobil yang kini marak terjadi.

Sayangnya masih banyak kalangan yang masih mempertimbangkan memiliki asuransi mobil. Biasanya mereka menganggap bahwa asuransi kurang penting karena proses klaim asuransi yang terbilang sulit. Nyatanya hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena asuransi tetap bermanfaat untuk semua pengguna kendaraan roda empat. Tidak percaya?

Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang apa saja tips menghindari penipuan asuransi mobil, sebaiknya Anda yakinkan diri sendiri terlebih dulu dengan mengetahui bagaimana pentingnya memiliki asuransi kendaraan roda empat. Untuk itu, silakan simak informasinya!

1. Sebagai Perlindungan Kendaraan

Sesuai dengan fungsinya, manfaat asuransi mobil yang pertama adalah sebagai perlindungan bagi kendaraan yang Anda miliki. Pastinya Anda tidak tahu pasti kapan risiko kecelakaan atau kehilangan akan terjadi. Dengan begitu, Anda perlu melakukan proteksi awal dengan menggunakan asuransi mobil.

2. Membuat Hati Lebih Tenang

Meski tidak bisa disadari sepenuhnya, tapi ternyata memiliki asuransi mobil akan membuat hati Anda jauh lebih tenang serta aman. Pasalnya Anda tidak perlu lagi memikirkan masalah biaya jika ada masalah yang terjadi karena pihak asuransi yang akan menanggung sesuai dengan polis yang berlaku.

3. Tidak Perlu Repot Masalah Perbaikan

Saat Anda memiliki satu produk dari jenis asuransi mobil, itu artinya Anda tidak perlu repot lagi terkait masalah perbaikan. Misalnya saat Anda mengalami kecelakaan, maka pihak asuransi akan mengurus mulai dari biaya derek mobil sampai perbaikan mobil pasca kecelakaan. Sehingga Anda tidak harus khawatir lagi mengurus masalah perawatan mobil.

4. Membantu Perencanaan Keuangan

Faktanya, asuransi mobil juga mampu membantu perencanaan keuangan Anda loh. Bagaimana tidak, dengan adanya asuransi Anda hanya perlu menyisihkan budget untuk membayar premi saja dan sudah bisa memproteksi segala jenis kerusakan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

5. Investasi Masa Depan

Apa sih pentingnya memiliki asuransi mobil? Maka jawaban terbaiknya adalah sebagai investasi di masa depan. Seperti yang Anda tahu sendiri kalau fungsi asuransi adalah sebagai investasi jika ada kecelakaan yang secara tidak langsung akan membuat mobil Anda tetap dalam keadaan optimal dan prima sehingga jika dijual akan membuatnya bernilai tinggi.

Tips Menghindari Penipuan Asuransi Mobil

Setelah mengetahui bagaimana pentingnya memiliki asuransi mobil, apakah kini Anda sudah yakin untuk mendapatkannya? Untuk memproteksi kendaraan dengan asuransi, Anda tidak boleh sembarangan membelinya karena khawatir akan terjadi penipuan asuransi mobil. Dengan begitu, yuk ketahui apa saja tips menghindari risiko penipuan asuransi mobil berikut.

1. Ketahui Jenis-jenis Penipuan Asuransi

Hal pertama yang harus Anda lakukan demi mencegah kerugian karena penipuan asuransi mobil adalah pastikan Anda mengetahui jenis-jenis penipuan asuransi yang sering terjadi. Modus yang paling umum yaitu agen asuransi yang menyarankan nasabah untuk berbohong terkait kondisi kendaraan mobil.

Atau ada juga agen asuransi yang justru tidak menyetorkan uang premi ke rekening perusahaan sehingga uang Anda hangus sia-sia ke tangan yang tidak bertanggungjawab. Biasanya modus-modus penipuan tersebut banyak menghampiri nasabah yang baru pertama kali menggunakan asuransi, jadi Anda harus ekstra hati-hati.

2. Kenali Perusahaan Asuransi

Karena disini perusahaan asuransi berperan penting terhadap asuransi mobil yang Anda miliki, maka Anda harus mengetahui profil perusahaan asuransi tersebut secara keseluruhan. Tujuannya agar uang yang harus digunakan sebagai premi tidak diambil oleh pihak lain yang nantinya malah membuat asuransi Anda tidak dapat digunakan.

Mulailah dengan memastikan kredibilitas agen asuransi tersebut dari OJK, adanya website resmi, visi dan misi yang jelas, produk asuransi yang dijual kepada nasabah, laporan keuangan perusahaan, hingga lokasi cabang dari perusahaan tersebut. Tips ini harus Anda lakukan untuk mencegah penipuan asuransi mobil.

3. Jangan Menandatangani Dokumen yang Kosong

Ingat, jangan pernah menandatangani formulir asuransi atau dokumen apapun yang masih kosong. Sebaiknya Anda mengecek ulang isi hingga data pribadi sebelum meresmikannya. Bukan tanpa alasan, hal ini berguna untuk mencegah adanya kesalahan data diri atau dokumen yang tidak sah.

Selain mencegah kesalahan data diri dan dokumen yang tidak sah, tips yang satu ini juga sangat membantu agar Anda bisa terhindar dari penipuan asuransi mobil yang berisiko menghilangkan uang Anda. Jadi Anda wajib membaca dan mengerti keseluruhan dokumen yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

4. Lihat Review dari Nasabah Lain

Untuk merasakan kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh asuransi mobil all risk, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melihat review dari nasabah lain. Pastikan agensi asuransi tersebut memiliki website atau sosial media dan mencantumkan testimoni dari para nasabah.

Dengan begitu, cobalah perhatikan baik-baik review dari mereka untuk mengetahui bagaimana kualitas dari layanan yang diberikan. Anda juga bisa tahu tentang gambaran dari perusahaan tersebut. Jika banyak review bagus, besar kemungkinan agen asuransi itu bisa dipercaya dan begitupun sebaliknya.

5. Bandingkan Produk Asuransi dengan Perusahaan Lain

Pastinya Anda ingin mendapatkan produk asuransi mobil terbaik, ‘kan? Inilah kenapa Anda harus membandingkan produk asuransi dari satu perusahaan dengan perusahaan lain. Tujuannya agar Anda bisa membeli produk asuransi yang memuaskan sesuai dengan kebutuhan.

Cobalah bandingkan produk-produk asuransi mulai dari biaya premi yang harus dikeluarkan setiap bulan, lalu manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan, dan pertimbangan lainnya. Sekarang sudah banyak website yang menyediakan layanan pembanding asuransi sehingga Anda tidak perlu kebingungan lagi.

Nah, salah satu website pembanding asuransi mobil terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Cekpremi. Sebagai portal pembanding asuransi online yang membantu banyak nasabah, Cekpremi terjamin akan memberikan rekomendasi produk asuransi mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga Anda pun bisa terhindar dari penipuan asuransi mobil.

Dengan prosedur yang praktis dan tanpa biaya tambahan sama sekali, Cekpremi merupakan jawaban terbaik bagi Anda yang ingin membeli asuransi mobil untuk pertama kalinya. Dengan begitu, ayo kunjungi website Cekpremi dan rasakan kemudahan menggunakan fitur pembanding asuransi mobil demi mencegah kerugian karena penipuan asuransi mobil.