Pentingnya Merawat Peliharaan dan Berapa Biaya Dokter Hewan

Biaya Dokter Hewan

Jika Anda ingin merawat hewan peliharaan, pastikan mempersiapkan diri sematang mungkin sebab banyak tanggung jawab dan kewajiban saat mengurusnya termasuk mengenai biaya dokter hewan. Salah satunya adalah memberikan perawatan terbaik, contohnya senantiasa menjaga kesehatannya.

Sebagai upaya merawat kesehatan hewan, Anda bisa menggunakan jasa tenaga ahli kesehatan khusus binatang piaraan. Namun sebelum itu, pastikan untuk mengetahui biaya dokter terlebih dulu agar kesiapan Anda makin matang saat memelihara hewan.

Jenis Perawatan yang Penting Diberikan pada Piaraan

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, ada banyak jenis perawatan yang bisa diberikan pada piaraan. Secara umum, tiap-tiap hewan peliharaan membutuhkan vitamin, makanan khusus, serta kandang atau tempat tinggal.

Selain memenuhi kebutuhan tadi, pemilik hewan juga perlu memberikan kenyamanan dan ketenangan agar mood piaraan tetap stabil. Dengan begitu, pemilik hewan bakal aman dari kemarahan binatang yang dipeliharanya, sebut saja kucing, anjing, dan atau binatang lainnya.

Kebutuhan lain yang penting diberikan pemelihara pada hewan piaraannya adalah pengecekan kesehatan. Ini sangat penting dilakukan guna menjaga kesehatan hewan. Untuk menjaga kesehatan hewan, solusi terbaik adalah memberikan perawatan melalui tangan dokter hewan.

Biaya Dokter Hewan Berdasarkan Tipe Praktiknya

Ketika mendengar sebutan dokter hewan, mungkin tidak sedikit dari Anda yang mulai bertanya-tanya, berapa biaya merawat binatang di ahli kesehatan ini? Tidak jarang, ada juga yang berpikir bahwa biaya perawatan di dokter hewan cenderung mahal.

Lantas, benarkah itu? Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa menyimak informasi biaya dokter hewan berdasarkan tipe praktiknya di bawah ini.

1. Dokter Hewan Mandiri

Dokter hewan mandiri adalah sebutan untuk tempat perawatan binatang piaraan yang dibuat khusus untuk satu hewan tertentu. Hal ini dikarenakan, pengelola rumah dokter hewan biasanya hanya satu orang, paling banyak dua hingga tiga orang.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir mengenai layanan dari rumah dokter hewan mandiri. Pasalnya, orang-orang yang mendapat izin buka klinik hewan secara mandiri dipastikan punya kredibilitas tinggi.

Sebagai informasi, biaya dokter hewan mandiri umumnya berkisar antara Rp100.000 sampai dengan Rp200.000. Tergantung pada kategori perawatan hewan yang dibutuhkan serta jenis binatang apa yang akan dirawat.

2. Praktek Dokter Hewan Bersama

Berbeda dengan konsep klinik hewan mandiri, tipe PDHB dikelola oleh sejumlah dokter hewan yang saling bekerja sama. Biasanya, perawatan hewan di PDHB bisa lebih murah daripada klinik mandiri. Secara umum, biaya perawatan hewan di PDHB adalah Rp50.000 hingga Rp200 ribuan saja.

3. Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan)

Jika Anda mencari layanan dokter hewan murah terdekat, puskeswan atau pusat kesehatan hewan bisa jadi pilihan terbaik. Pusat kesehatan hewan ini bisa lebih mudah ditemukan di berbagai daerah. Menariknya lagi, harga perawatan di tempat ini cenderung lebih murah dibandingkan di tempat perawatan hewan yang lain.

Sekadar informasi, murahnya harga perawatan di puskeswan bukan dikarenakan layanannya tidak berkualitas. Namun, puskeswan merupakan unit pemerintah sehingga segala layanan di dalamnya biasa diberikan subsidi. Jadi, masyarakat bisa mendapatkan layanan terbaik dari puskeswan dengan harga sangat terjangkau.

4. Klinik Dokter Hewan Mandiri atau Swasta

Klinik dokter hewan yang beroperasi mandiri maupun bersama sekelompok orang lain atau biasa disebut klinik swasta juga bisa jadi alternatif. Terlebih, untuk Anda yang ingin memberikan perawatan terbaik dengan layanan eksklusif bagi hewan piaraan Anda.

Klinik dokter hewan yang umumnya berada di kawasan perkotaan biasanya membanderol tiap-tiap layanannya dengan harga cukup tinggi. Sangat wajar, sebab fasilitas yang diberikan oleh klinik hewan ini bisa dikatakan serupa dengan rumah sakit elit untuk manusia.

5. Rumah Sakit Hewan

Jika tertarik mendapatkan layanan perawatan hewan secara cuma-cuma alias gratis, rumah sakit hewan bisa jadi tempat perawatan terbaik. Khususnya untuk Anda yang ingin mendapatkan layanan dokter hewan gratis.

Saat ini, sudah ada beberapa rumah sakit milik pemerintah maupun swasta yang menawarkan layanan perawatan hewan secara gratis. Namun biasanya, tawaran ini hanya terdapat di waktu-waktu tertentu. Seperti hari peringatan, perayaan, atau lain sebagainya.

Pada hari umum, biaya dokter hewan biasanya memiliki nominal normal, yakni mulai dari Rp50 ribuan. Tergantung pada jenis perawatan dan hewan apa yang akan dirawat di rumah sakit ini.

6. Rincian Biaya Perawatan Piaraan Jenis Kucing

Di beberapa dokter hewan terdekat sekitar Anda, biaya perawatan hewan yang ditetapkan memiliki nominal serupa. Khususnya, untuk kategori hewan sejenis kucing hingga anjing.

Yang mana, dua jenis hewan ini paling banyak dipilih masyarakat untuk dijadikan piaraan di rumah.. Untuk diketahui, berikut ini adalah rincian biaya perawatan hewan sejenis kucing.

  • Steril Kucing harga Rp300 ribuan per layanan.
  • Rawat Inap harga Rp50 ribuan per malam.
  • Kucing Melahirkan Rp540 ribuan.
  • Suntik Jamur Rp120 ribuan.
  • Operasi Sterilisasi Kucing Betina Rp3.1 jutaan.

Selain perawatan-perawatan ini, masih banyak lagi jenis perawatan yang umumnya diberikan pada hewan seperti kucing. Untuk harganya sendiri, rata-rata memang tidak bisa dikatakan murah untuk ukuran perawatan kucing. Meski begitu, harga tersebut pastinya sesuai dengan kualitas layanan yang didapatkan.

Tips Merawat Hewan Peliharaan Tanpa Boros Pengeluaran

Jika dihitung-hitung, biaya dokter hewan jelas lebih besar nilainya dibandingkan harga perawatan lain untuk piaraan. Jika Anda ingin hewan piaraan tetap sehat, berapapun biaya perawatan seharusnya tidak jadi masalah, bukan?

Namun, jika Anda bermasalah dengan itu, sebaiknya lakukan tips berikut ini untuk mengurangi biaya perawatan hewan peliharaan.

  • Sediakan Kandang yang Nyaman

Kandang yang bersih dan nyaman akan menentukan bagaimana mood hewan Anda. Oleh karena itu, pastikan jaga kebersihan kandangnya supaya hewan memiliki emosi yang stabil.

  • Beri Makanan dan Minuman yang Sehat

Makanan dan minuman yang sehat jelas akan menentukan bagaimana kualitas kesehatan hewan. Jadi, jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk kesehatan piaraan, jagalah kesehatannya dengan pakan terbaik.

  • Kunjungi Dokter Hewan, Periksa Kesehatan, dan Berikan Perawatan Umum

Biaya perawatan hewan yang dibanderol harga mahal adalah untuk layanan-layanan tertentu, seperti hewan terkena penyakit atau lain sebagainya. Sementara itu, biaya perawatan sehari-harinya tidak begitu mahal. Jadi, meminimalisir risiko terkena penyakit dengan rutin cek kesehatan hewan ke dokter hewan.

Lindungi Kesehatan Hewan Anda dengan Asuransi Kesehatan dari Cekpremi.com

Selain kesehatan hewan, Anda juga bisa membuat asuransi kesehatan untuk diri sendiri maupun keluarga di layanan asuransi dari Cekpremi.

Portal informasi ini bertujuan untuk membantu dan memberikan rekomendasi terbaik untuk jenis asuransi yang Anda butuhkan. Selain untuk kesehatan piaraan, Anda juga bisa bisa mengetahui beberapa jenis asuransi lain seperti asuransi motor, mobil, perjalanan, property dan masih banyak lainnya.

Itu dia informasi mengenai pentingnya perawatan hewan peliharaan serta biaya dokter hewan saat ini. Semoga bermanfaat.

Sumber:

Faunafella

Abis Gajian