8 Cara Perawatan Mobil agar Tetap Optimal di Musim Hujan

perawatan mobil

Sudahkah Anda melakukan perawatan mobil yang benar di musim hujan seperti sekarang? Banyak yang harus Anda perhatikan dibandingkan perawatan di hari biasa atau musim kemarau. Gendangan air bahkan banjir bisa merusak mesin dan rangka mobil.

Korosi menjadi masalah utama yang kerap dialami mobil musim hujan. Anda yang tidak ingin mobil rusak karena korosi dan menimbulkan masalah mesin lainnya harus merawat dengan benar. Seperti perawatannya secara optimal bisa Anda cek dulu sampai akhir.

8 Perawatan Mobil Wajib saat Musim Hujan

Ada perawatan mobil yang harus dilakukan secara harian atau jadwal tertentu. Perawatan ini tidak selalu membutuhkan teknisi yang handal, Anda sendiri di rumah bisa melakukannya. Selama melakukannya dengan benar maka mobil bisa lebih awet dan bekerja lebih baik.

Berikut ini beberapa cara untuk merawat mobil kesayangan Anda sendiri.

Rutin Memanaskan Mobil sebelum Menggunakan

Anda sebaiknya memanaskan mobil di pagi hari sebelum mengendarainya. Memanaskan mesin mobil ini bertujuan untuk membuat mesin bersiap digunakan pada cuaca hujan. Tidak hanya itu, memanaskan mesin juga membuat oli mesin bekerja melumasi mesin sebelum digunakan.

Meskipun Anda tidak menggunakan mobil setiap hari, aktivitas memanaskan mobil tetap perlu dilakukan. Minimal dua hari sekali, mengingat saat musim hujan cuaca menjadi dingin yang membuat oli mesin mudah beku.

Mengecek Rem dan Membersihkannya

Sambil memanaskan, perawatan mobil yang selanjutnya adalah mengecek kinerja rem. Saat musim hujan sangat mudah rem menjadi macet karena kotoran yang masuk. Anda bisa mencoba mengecek rem dengan menggunakannya. Apakah tekanan sudah pas dan rem bekerja dengan baik.

Apabila rem ternyata kotor dan membuat penghentian kendaraan bermasalah segera bersihkan. Anda bisa membersihkannya menggunakan udara bertekanan tinggi seperti mesin kompresor jika memungkinkan.

Mengecek dan Membersihkan Mesin Mobil

Cara merawat mesin mobil adalah mengecek dan membersihkannya. Setidaknya seminggu sekali Anda bisa mengecek mesin mobil dengan membuka kap mesin. Bukalah dan cek apakah terdapat air akibat cipratan hujan. Air mungkin saja masuk dan mengakibatkan mesin mobil menjadi kotor.

Air tidak boleh memasuki mesin mobil karena bisa merusak kinerjanya dan menghasilkan karat. Pastikan untuk mengecek pada saat kondisi mesin mobil dingin seperti sebelum memanaskannya. Anda bisa membersihkannya dengan kain lap atau menggunakan kompresor yang mengeluarkan udara bertekanan tinggi.

Memasang Karpet Anti Jamur

Menghindari kabin menjadi berbau, Anda harus memperhatikan area pijakan atau kaki. Lantai mobil adalah bagian yang paling mudah basah karena sepatu atau sandal yang membawa lumpur. Anda sebaiknya menambahkan lapisan karpet ekstra yang anti jamur.

Karpet ini biasanya berbahan karet khusus dan memiliki permukaan bertekstur sehingga mudah untuk dibersihkan. Pilih yang warnanya gelap seperti hitam sehingga tidak mudah terlihat kotor sebagai alas kaki. Jangan lupa cuci karpet ini seminggu sekali atau saat tampak kotor.

Pilih Tempat Parkir yang Aman

Perawatan mobil juga termasuk dalam hal pemilihan tempat parkir. Air hujan sangat mudah merusak cat mobil sehingga membuat warnanya belang. Anda sebaiknya memarkirkan mobil di garasi yang tertutup dan juga kering. Hindari untuk memasangkan cover mobil yang membuat lembab.

Jika Anda bepergian lebih baik memilih tempat parkir yang memiliki atap dan sebaiknya tidak ada genangan air. Terlalu lama di parkir tempat basah atau tergenang air berisiko merusak kaki-kaki mobil Anda.

Cuci Mobil setelah Terkena Hujan

Jangan biarkan air hujan terlalu sering mengering sendiri pada mobil Anda. Air hujan akan menimbulkan bercak yang sulit dihilangkan. Bekas ini juga yang akan merusak cat mobil Anda. Sebaiknya setelah berkendara di saat hujan Anda perlu mencuci mobil, meskipun sering namun hal ini sangatlah penting.

Jika tidak sempat mencuci mobil Anda bisa mengelap permukaannya. Namun hati-hati karena air hujan kerap membawa pasir yang bisa membuat cat mobil baret. Anda bisa menyiram mobil dengan air baru mengeringkannya.

Mengecek, Membersihkan dan Mengganti Komponen Penting

Ada beberapa komponen yang harus kerap diganti dan dibersihkan saat musim hujan yaitu saringan udara. Komponen ini lebih cepat kotor karena menyaring kotoran agar tidak masuk ke ruang bakar. Ada juga radiator yang mudah kotor ketika hujan. Anda bisa membilas radiator jika terlihat kotor.

Komponen lain yang perlu dicek adalah kopling, saat kopling tidak bekerja meskipun diinjak artinya ada bagian yang lengket karena karat. Anda bisa menggantinya dengan yang baru. begitu juga dengan motor starter yang tidak mau menyala padahal posisi on. Anda perlu mengganti komponen tersebut di bengkel.

Tidak ketinggalan, bushing yang kerap terkena air juga bisa berkarat. Demi menghindari korosi Anda bisa memberikan minyak atau menggantinya jika tidak bekerja. Bushing yang bekerja mengendalikan mobil penting agar Anda terhindar dari kecelakaan.

Berhati-hati saat Berkendara Waktu Hujan

Ada yang harus Anda perhatikan saat berkendara di tengah hujan demi keselamatan dan perawatan mobil. Anda sebaiknya menghindari berkendara di genangan air atau banjir yang melebihi ketinggian knalpot karena air dapat masuk dan merusak mesin.

Pada perawatan mobil matic Anda justru sebaiknya menghindari genangan air, karena cipratannya yang tinggi bisa mengenai elektrikal matic. Anda bisa mencari area yang tidak banjir agar tetap aman.

Selain itu jaga jarak dengan kendaraan lain supaya Anda bisa menjaga kecepatan tetap konstan. Pastikan agar Anda berkendara di putaran mesin rendah yaitu 1.500 hingga 2.000 rpm supaya kemungkinan air masuk ke mesin semakin kecil.

Baik itu perawatan mobil baru atau lama saat musim hujan tidak ada bedanya. Anda harus lebih ekstra merawat jika mobil ingin awet dan aman dikendarai. Lebih aman lagi jika Anda sudah memiliki asuransi mobil yang memberikan perlindungan pada diri dan perawatan mobil.

Bagi Anda yang masih belum memiliki asuransi mobil bisa mengecek informasi yang bisa diperoleh secara gratis di Cekpremi. Bukan hanya mobil untuk kebutuhan pribadi tetapi juga informasi asuransi untuk mobil niaga.

Pastikan mobil Anda terlindungi khususnya di musim hujan karena lebih rawan kerusakan dan kecelakaan. Cek informasi asuransinya sekarang di Cekpremi dan bandingkan untuk mendapat produk paling tepat.