Perbaikan Mobil di Bengkel Umum dan Dealer, Apa Bedanya?

perbaikan mobil

Sebagai pemilik kendaraan, apakah Anda lebih suka melakukan perbaikan mobil di bengkel resmi ataukah bengkel umum? Apa alasannya? Sebenarnya pertanyaan ini sangat sederhana, namun memberikan dampak yang cukup besar. Pasalnya ada beberapa pertimbangan yang seringkali menjadi alasan pemilik mobil dalam melakukan perawatan kendaraan di tempat yang tepat.

Sebagian besar orang tentu sudah tahu bahwa bengkel atau dealer resmi merupakan tempat perbaikan dari pihak Agen Pemegang Merek (APM). Sehingga jelas bahwa prosedur pelayanannya secara khusus diperuntukkan bagi produk yang dijualnya. Misalnya saja seperti mobil Toyota, memiliki dealer resmi yang telah tersebar di banyak kota di Indonesia.

Namun ketika melakukan perbaikan di bengkel umum, semua merk dan jenis kendaraan bisa diperbaiki di sini. Layanan yang tidak terpaku pada satu jenis atau merek kendaraan saja. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan penjelasan mengenai kelebihan bengkel perbaikan kendaraan di bawah ini.

Perbedaan Perbaikan Mobil di Bengkel Umum dan Dealer

Untuk memudahkan Anda dalam memilih tempat perbaikan mobil yang tepat, berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara bengkel umum dan dealer resmi.

  1. Manual Servis

Perlu Anda tahu bahwa tidak semua montir atau staf pekerja yang ada di bengkel umum benar-benar paham akan detail dari kendaraan, khususnya yang memiliki model baru. Berbeda halnya dengan montir yang ada di dealer.

Mereka pasti memahami setiap detail dari kendaraan model baru karena manual servisnya juga akan langsung keluar. Tentu saja hanya dealer resmi yang akan mengetahui detail dari perbaikan tersebut terlebih dahulu.

  1. Tenaga Kerja

Tidak sembarangan orang bisa menjadi staf pekerja yang menangani perbaikan di dealer resmi. Staf tersebut tentu saja dipilih dari mereka yang sudah mendapatkan pelatihan khusus sebelumnya. Sementara di bengkel umum, biasanya siapa saja calon pekerja yang sudah memiliki keahlian di bidang perbaikan mobil bisa diterima.

  1. Peralatan yang Digunakan

Jarang disadari bahwa setiap mobil memiliki hak patennya tersendiri untuk setiap komponen yang digunakan. Di mana alat-alat ini sengaja diciptakan dan dibuat hanya untuk merek tertentu saja dan sudah pasti tersedia di dealer resmi. Karena hal inilah, tidak semua orang bisa sembarangan melakukan bongkar pasang pada setiap komponen mobil.

  1. Suku Cadang

Dealer resmi menawarkan suku cadang yang sama persis atau asli, sama seperti pada kendaraan baru. Tidak ada perbedaan dalam hal material yang digunakan. Selain itu suku cadang tersebut juga sudah melalui tahap percobaan manufaktur dan pengujian metalurgi. Bahkan produknya juga telah mendapat sertifikasi dari merek tersebut.

Bisa dibilang bahwa dealer resmi hanya menyediakan suku cadang originalnya saja. Berbeda halnya dengan bengkel umum, mereka menawarkan Original Equipment Manufacturer (OEM) sekaligus suku cadang Aftermarket (Non-OEM), bahkan juga suku cadang KW buatan China. Tidak heran jika di bengkel umum Anda bisa leluasa memilih suku cadang yang diinginkan.

  1. Kenyamanan

Beberapa dari pelanggan, seringkali memilih bengkel umum sebagai tempat servis dengan alasan kenyamanan. Bagi mereka, bengkel langganan merupakan hal mutlak karena menawarkan tingkat pelayanan, kenyamanan hingga keramahan dari para staf pekerjanya.

Biasanya Anda bisa berdiskusi seputar mobil ketika tengah dilakukan perbaikan dan cenderung komunikatif. Para montir ini biasanya akan memberikan beberapa opsi kepada Anda ketika akan mengambil tindakan perbaikan atau penggantian pada komponen kendaraan.

Berbeda dengan dealer resmi yang cenderung memberikan akses komunikasi yang bersifat satu arah saja. Di mana Anda hanya perlu menyampaikan keluhan pertama kali, kemudian montir mencatatnya dan mengeksekusi kendaraan Anda berdasarkan SOP yang sudah disediakan.

Mana yang Terbaik, Dealer Resmi ataukah Bengkel Umum?

Pilihan untuk menggunakan jasa dealer resmi ataukah bengkel umum sebenarnya relatif. Pada beberapa kondisi seperti mobil baru, maka pilihan menggunakan dealer resmi sangatlah tepat. Pasalnya, hanya dealer resmi lah yang mempunyai panduan perbaikan dan juga montir-montir ahli berpengalaman.

Dimana mereka sudah memahami detail dari kendaraan yang baru saja dirilis tersebut. Jika demikian, maka jangan membawa mobil baru Anda untuk diperbaiki di bengkel umum. Jangan sampai para montir yang belum banyak mengerti mengenai mobil model baru, justru mengakali bongkar-pasang komponen secara asal.

Tak jarang, mereka melakukannya seperti cara memperbaiki kendaraan model lama. Namun jika Anda memiliki kendaraan yang berumur sudah lebih dari 5 tahun dan sudah tidak masuk dalam masa garansi merk tersebut, maka Anda bisa mencari bengkel umum.

Meski begitu, sebaiknya Anda menggunakan layanan jasa perbaikan mobil yang terbaik dan menjadi rekomendasi orang-orang terpercaya. Pasalnya tidak semua montir yang ada di bengkel umum ini benar-benar memberikan hasil yang memuaskan dalam penanganan perbaikan mobil.

Apabila Anda sudah merasa cocok dengan pelayanan memuaskan dari bengkel umum, maka memilih tempat perbaikan di sini tidaklah bermasalah. Sah-sah saja menggunakan pelayanan perbaikan tersebut.

Sama halnya ketika Anda memilih dealer resmi sebagai tempat perbaikan. Semuanya kembali pada pilihan masing-masing dengan mempertimbangkan berbagai aspek di atas, begitupun dengan biaya yang dibebankan.

Bagaimana Soal Biaya Perbaikan Mobil yang Diberikan?

Berbicara mengenai servis mobil di bengkel resmi maupun umum, tentu keduanya tidak lepas dari biaya yang dibebankan. Sebenarnya biaya yang dibebankan relatif, tergantung jenis perbaikan dan penggantian komponen yang dilakukan.

Misalnya saja untuk penggantian komponen seperti fan belt, filter kabin, filter udara, serta stabilizer link, tentu membebankan harga murah. Begitu pun dengan beberapa komponen mahal seperti head gasket, transmisi, kompresor AC, turbo, serta mesin.

Baik Anda melakukan perbaikan kendaraan di dealer resmi atau bengkel umum, tentu biaya penggantian komponen ini tidak berbeda jauh. Jadi, terlepas dari dimanapun bengkel yang Anda pilih, penting bagi Anda untuk selalu menyiapkan perencanaan untuk biaya perbaikan kendaraan.

Supaya tidak mengganggu pengelolaan finansial atau menghabiskan penghasilan Anda untuk perbaikan, bagi pemilik mobil untuk memiliki asuransi kendaraan. Di Cekpremi.com, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi seputar asuransi mobil sesuai kebutuhan dan finansial Anda.

Tanyakan pada tim-tim ahli Cekpremi mengenai kebutuhan perbaikan kendaraan, serta pertimbangan untuk melakukan perbaikan mobil di bengkel umum maupun dealer resmi. Informasi produk asuransi mobil lengkap bisa Anda dapatkan di Cekpremi.com!

Referensi

Liputan 6