Perbedaan Kartu Debit dan Kredit, Lebih Untung Mana?

perbedaan kartu debit dan kredit

Anda sebagai nasabah bank di Indonesia pasti tidak asing lagi dengan penggunaan kartu debit dan kredit. Namun sudahkah Anda tahu apa perbedaan kartu debit dan kredit sebenarnya? Sayangnya sebagian besar masyarakat masih belum tahu perbedaannya secara mendetail.

Baik kartu debit dan kredit memiliki pengertian, fungsi sampai cara penggunaan yang sangat berbeda. Sebagai nasabah yang baik Anda perlu mencermati perbedaan keduanya agar tidak salah dalam menggunakan.

8 Macam Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Hampir seluruh lembaga perbankan di Indonesia menyediakan dua jenis kartu yaitu debit dan kredit. Sebagian besar masyarakat Indonesia hanya tahu bahwa uang yang digunakan pada kartu debit adalah dari rekening langsung atau tabungan, sedangkan kartu kredit berbentuk hutang atau pinjaman dari bank.

Benarkan pengertian yang dianggap oleh sebagian besar masyarakat ini? Supaya Anda paham lebih lanjut, ada beberapa aspek yang bisa dijadikan pembeda. Berikut ini ulasannya.

  • Perbedaan dari Segi Pengertian

Kartu debit adalah kartu elektronik yang diterbitkan bank bagi pemegang rekening tabungan atau giro merujuk dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Masih melansir dari halaman yang sama, kartu debit nantinya dapat digunakan oleh nasabah untuk belanja di toko yang menyediakan mesin gesek Electronic Data Capture (EDC).

Berbeda dengan kartu debit, menurut OJK kartu kredit adalah jenis kartu yang juga dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan sejenis. Kartu ini ditujukan sebagai fasilitas pemegang kartu dalam melakukan transaksi pembayaran yang bukan uang tunai.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kartu debit hanya diterbitkan oleh bank, sedangkan kartu kredit bisa dari lembaga keuangan lainnya. Jadi jangan heran jika Anda menemukan penawaran kartu kredit bukan dari bank dan lembaga keuangan sejenis.

  • Perbed aan dari Segi Kepemilikan

Selain dari segi penerbitan, Anda juga bisa membedakan keduanya dari kepemilikan. Pemilik dari kartu debit adalah seorang nasabah yang merupakan pemegang rekening tabungan atau giro. Jadi jika Anda sudah membuka rekening tabungan, kartu debit otomatis menjadi fasilitas yang didapatkan.

Pemilik dari kartu kredit tidak harus memiliki rekening tabungan atau giro, jadi Anda bisa punya lebih dari satu kartu kredit. Selama Anda sudah mendaftarkan diri dan memenuhi syarat untuk memiliki kartu kredit yang disediakan bank atau lembaga keuangan sejenis.

  • Perbedaan dari Segi Pemakaian

Selanjutnya adalah soal fungsi kartu debit dan kredit atau pemakaiannya. Kartu debit dan kredit sama-sama bisa digunakan untuk transaksi belanja sampai tarik tunai di mesin ATM. Bedanya, uang yang digunakan untuk transaksi atau tarik tunai dari kartu debit adalah dari dalam rekening yang Anda miliki.

Pada kartu kredit Anda bisa melakukan transaksi, namun uang didapatkan dari pinjaman yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan. Jadi jika Anda ingin melakukan tarik tunai sebaiknya pikirkan ulang karena Anda hanya meminjam.

Memperhatikan perbedaan kartu debit dan kredit dari segi fungsi ini, jadi tidak salah jika masyarakat menganggap kartu kredit adalah bentuk hutang. Mengingat uang yang digunakan adalah bentuk pinjaman yang harus dilunasi kemudian hari.

  • Perbedaan Biaya Penggunaan

Baik itu kartu kredit dan debit sama-sama akan dikenakan biaya penggunaan. Jenis biaya inilah yang membedakan dan harus diperhatikan oleh masing-masing pemegang kartu.

Pada kartu debit Anda harus tahu biaya seperti sekali tarik pada mesin ATM, biaya penggantian kartu jika hilang atau rusak sampai dengan biaya penutupan rekening. Kartu kredit hanya membebankan biaya admin tahunan, denda jika terlambat, tarik tunai, cetak tagihan, sampai overlimit.

  • Perbedaan dari Segi Tampilan atau Fisik

Dulunya perbedaan kartu debit dan kredit yang paling kentara adalah dari tampilannya. Kartu kredit memiliki chips sedangkan kartu debit tidak. Saat ini keduanya sama-sama menggunakan chips berwarna keemasan yang berfungsi sebagai peningkatan keamanan.

Namun, ada perbedaan fisik lain yaitu nama pengguna selalu tercetak di kartu kredit sedangkan kartu debit hanya berupa nomor. Selain itu pada kartu debit nomor biasanya tidak dicetak timbul sedangkan kartu kredit menggunakan cetakan timbul.

  • Perbedaan dari Segi Limit

Limit menjadi perbedaan kartu debit dan kredit yang sangat jelas dirasakan oleh pemilik kartu. Anda yang menggunakan kartu debit memiliki limit sesuai dengan isi dari rekening tabungan atau giro yang dimiliki. Pada kartu kredit limit akan disesuaikan dengan jenis kartu.

Misalnya saja Anda pemegang kartu kredit jenis silver biasanya memiliki limit Rp4.000.000 sampai dengan Ro7.000.000. Begitu juga dengan pemilik kartu kredit gold, Anda bisa mendapatkan limit sampai dengan Rp10.000.000. Semakin tinggi limit tentu saja syarat untuk mendapatkan kartu kredit juga cukup sulit.

  • Perbedaan Fasilitas yang Diberikan

Apa saja fasilitas yang Anda dapatkan sebagai pemilik kartu debit? Anda bisa lebih leluasa untuk bertransaksi di merchant yang menyediakan mesin EDC. Begitu juga saat berbelanja online dan semua fitur atau layanan yang dimiliki oleh bank. Promo kerjasama dengan vendor pun bisa Anda dapatkan.

Pemilik kartu kredit juga akan mendapatkan fasilitas transaksi dengan mesin EDC, hanya saja Anda bisa mengumpulkan poin, potongan harga lebih banyak sampai dengan tebus hadiah. Perbedaan kartu debit dan kredit dari segi fasilitas ini juga disesuaikan dengan promo yang dimiliki masing-masing penerbit kartu.

  • Perbedaan Persyaratan untuk Memiliki Kartu

Terakhir, untuk bisa memiliki kartu debit dan kredit memiliki syarat berbeda. Anda yang ingin memiliki kartu debit cukup menjadi nasabah dari bank tersebut. Anda harus membuka rekening dengan nominal setoran awal yang dibutuhkan. Begitu juga membuka tabungan giro.

Syarat untuk mendapatkan kartu kredit berbeda, beberapa dokumen seperti slip gaji, usia, identitas diri dan lainnya harus diserahkan ke bank atau lembaga keuangan sejenis. Nantinya akan peninjauan yang cukup lama sampai akhirnya Anda bisa mendapatkan kartu kredit.

Mengenali perbedaan kartu debit dan kredit in, Anda jadi tahu bukan mana yang lebih untung. Sekarang Anda bisa lebih bijak untuk menjaga keuangan dengan menggunakan kartu yang tepat. Selain penggunaan kartu, Anda juga bisa meningkatkan strategi keuangan dengan memiliki asuransi mobil.

Menjaga kendaraan dengan asuransi mobil adalah langkah tepat dalam menata keuangan sekarang dan di masa depan. Anda bisa cek asuransi dengan membandingkannya di Cekpremi. Mana asuransi yang paling tepat bisa Anda temukan nantinya.

Sumber:

Paper

Bank

Kata Data

LandX

OK Bank

Cimb

Sikapi Uangmu