Lakukan 11 Tips Pada Mobil Anda Untuk Perjalanan Jarak Jauh

perjalanan jarak jauh

Sebelum membawa mobil untuk perjalanan jarak jauh sangat penting melakukan pemeriksaan kondisi mobil secara menyeluruh. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya masalah pada kendaraan selama perjalanan yang tentunya bisa membahayakan penumpang.

Melakukan perjalanan jauh membutuhkan persiapan yang matang mulai dari persiapan penumpang hingga kendaraan yang akan Anda gunakan. Perlengkapan perjalanan jauh dengan mobil tentu berbeda ketika melakukan perjalanan dekat serta sesuai jenis kendaraan yang digunakan.

Lakukan 11 Tips Pada Mobil Anda Untuk Perjalanan Jarak Jauh

Guna meminimalisir terjadinya masalah berupa kesalahan atau kerusakan hingga risiko kecelakaan mobil, pastikan kondisi kendaraan benar-benar baik. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan pada mobil sebelum perjalanan jauh?.

  1. Cek Kondisi Setir Mobil

Ketika berencana melakukan perjalanan jauh, bukan hanya kondisi tubuh yang perlu Anda siapkan tetapi kondisi kendaraan juga tidak kalah penting. Pasalnya, kendaraan yang sehat akan membawa Anda sampai ke tujuan tanpa khawatir mengalami masalah.

Salah satunya dengan memeriksa kondisi setir mobil sebelum melakukan perjalanan jarak jauh agar nyaman dan lancar. Pastikan kemudi setir dapat beroperasi dengan baik guna membuat berkendara lebih nyaman dan aman selama perjalanan.

  1. Cek Suspensi Mobil

Tentu Anda tidak mau mengendarai mobil yang memiliki setir kurang enak sehingga tidak nyaman selama perjalanan dan bisa berbahaya. Tidak hanya masalah setir mobil, Anda juga tidak boleh melewatkan pengecekan pada bagian lain.

Pemeriksaan suspensi mobil perlu Anda lakukan ketika servis rutin sebelum membawa mobil tersebut untuk perjalanan jauh. Komponen suspensi yang perlu Anda perhatikan, meliputi per, batang stabilizer, shockbreaker, hingga bushing arm.

  1. Periksa Sistem Transmisi

Sebenarnya tidak hanya pengecekan setir dan suspensi mobil saja yang, namun ada bagian lain yang perlu Anda perhatikan juga. Pasalnya, antara bagian satu dan lainnya saling berkaitan sehingga akan berbahaya jika salah satu mengalami error atau kerusakan.

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, Anda juga perlu memperhatikan sistem transmisi mobil bisa berfungsi dengan baik. Sistem transmisi ini berfungsi mengubah tenaga putaran dan kecepatan, Anda perlu mengganti oli transmisi secara berkala serta menggunakan suku cadang berkualitas.

  1. Cek Rem Mobil

Pengecekan mobil wajib Anda lakukan secara berkala, tidak hanya ketika berencana melakukan perjalanan jauh. Guna memudahkan pengecekan mobil, Anda bisa memberikan servis rutin pada mobil agar kondisi selalu sehat.

Apa saja yang harus di cek pada mobil? Pengecekan rem mobil sebelum menempuh perjalanan jauh sangat penting. Rem berfungsi untuk mengatur laju sekaligus sebagai keamanan mobil selama perjalanan sehingga fungsinya sangat vital.

Sumber: https://envato-shoebox-0.imgix.net/twenty20/production/uploads/items/19008825-7ff0-469e-a2ec-8d081f878275/source?auto=compress%2Cformat&mark=https%3A%2F%2Felements-assets.envato.com%2Fstatic%2Fwatermark2.png&w=700&fit=max&markalign=center%2Cmiddle&markalpha=18&s=b598aa777b3c6af66ef6220dedbad6fb

  1. Periksa Kondisi Aki

Perjalanan jauh menggunakan mobil atau roda empat memang sangat nyaman karena bisa menampung banyak penumpang. Selain itu, seluruh penumpang tidak perlu khawatir kepanasan ataupun kehujanan.

Akan tetapi, Anda perlu melakukan pemeriksaan kondisi mobil secara menyeluruh sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Salah satunya memeriksa kondisi tegangan aki, indikator, tes elektrikal, serta tes bebas kelistrikan aki mobil.

  1. Ganti Oli Rutin dan Cek Ban Mobil

Melakukan servis mobil secara berkala dapat membantu Anda mendapatkan kondisi mobil yang selalu fit. Bahkan permasalahan yang terjadi pada mobil dapat terdeteksi dan ditangani lebih tepat oleh ahlinya.

Termasuk dalam mengganti oli mesin secara berkala dapat membantu kondisi mobil tetap prima terutama ketika hendak melakukan perjalanan jauh. Tidak hanya itu saja, sebelum membawa mobil untuk jarak jauh sebaiknya periksa kondisi ban agar aman ketika melewati berbagai medan.

  1. Perhatikan Sistem Cooling

Saat Anda berencana melakukan perjalanan jarak jauh, kondisi mesin tentu sangat penting demi kelancaran dan keamanan selama perjalanan. Selain masalah mengganti oli secara rutin, Anda juga perlu memperhatikan sistem cooling.

Sistem cooling berperan penting dalam menjaga kondisi mesin tetap normal atau menghindari masalah overheat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan level pengisian air coolant sesuai pada bagian radiator.

  1. Cek Timing Belt

Meskipun sudah melakukan servis mobil secara rutin, namun pemeriksaan kondisi mobil sebelum pergi jauh tetap penting. Ada baiknya servis mobil ulang sebelum hari perjalanan guna memastikan kondisi mobil aman untuk menempuh jarak jauh.

Perjalanan jarak jauh akan lebih nyaman jika persiapan sudah matang, terutama persiapan pada mobil yang hendak Anda gunakan. Pastikan untuk mengecek timing belt dan menggantinya jika mobil sudah menempuh jarak 40.000 Km.

  1. Periksa Selang Bahan Bakar

Mengendarai mobil jarak jauh membutuhkan beberapa persiapan yang tepat agar lebih lancar, nyaman, dan aman. Oleh karena itu, Anda juga perlu memeriksa bagian selang bahan bakar pada mobil dan pastikan berfungsi dengan baik.

Anda harus memeriksa selang bahan bakar dalam keadaan utuh tanpa mengalami keretakan atau kebocoran karena bisa berbahaya. Jika Anda mendapati selang mengalami keretakan atau kebocoran sebaiknya segera ganti dengan yang baru sebelum melakukan perjalanan.

  1. Periksa Saringan Udara

Bagian mobil lain yang tidak boleh Anda lewatkan untuk diperiksa adalah bagian saringan udara yang memiliki fungsi penting. Tidak sedikit orang yang kerap menyepelekan fungsi dari kegunaan saringan udara sehingga mengalami masalah pada mobil.

Terutama ketika perjalanan jarak jauh, saringan udara harus dalam keadaan bersih guna mencegah terjadinya overheat pada mobil. Biasanya pembersihan saringan udara mobil bisa Anda lakukan ketika jarak tempuh sudah mencapai 10.000 Km.

  1. Pastikan Wiper Berfungsi

Sebenarnya memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik bisa Anda lakukan sebelum mengendarainya. Namun, persiapan perjalanan jauh naik mobil tentu membutuhkan pengecekan lebih menyeluruh guna meminimalisir masalah saat perjalanan.

Tidak hanya memeriksa kondisi mesin dan ganti oli secara berkala, Anda juga harus mengecek wiper pada mobil. Pastikan wiper berfungsi dengan baik agar bisa menyeka air dan kotoran pada kaca depan mobil sehingga tidak mengganggu penglihatan pengendara terutama saat hujan.

Pemeriksaan mobil secara menyeluruh memang sangat penting, namun Anda juga memberi proteksi dengan asuransi mobil terbaik. Mobil akan mendapatkan perlindungan dan perawatan lebih lengkap serta mudah tanpa perlu memikirkan besaran biaya.

Demikian beberapa tips persiapan mobil sebelum melakukan perjalanan jarak jauh sehingga tetap aman dan nyaman. Kunjungi website cekpremi.com untuk mendapatkan informasi lengkap tentang perusahaan asuransi berpengalaman serta terpercaya.

Referensi:

Auto2000