Lifestyle

Seru! 7 Aktivitas Persiapan Natal Bareng Anak

Natal sudah dekat! Apa saja persiapan Natal yang sudah Anda dan keluarga lakukan? Jangan lupa untuk terus libatkan anak dalam semua aktivitas persiapannya agar Natal tahun ini jadi lebih bermakna. Apalagi jika anak Anda ada di usia sekolah yang masih membutuhkan bimbingan keluarga untuk mendalami makna Natal. 

Harapan untuk terus bisa mendapatkan berkah melimpah saat Natal perlu ditanamkan, karena makna utama Natal adalah menyambut kelahiran Yesus yang membawa harapan. Seperti apa aktivitas serunya yang bisa Anda lakukan di Natal tahun ini dengan anak? Yuk simak!

7 Aktivitas Persiapan Natal yang Pasti Seru Bersama Anak

Persiapan pertama Natal selalu dimulai dari keluarga, karena berkat Natal akan datang jika setiap orang bersatu dalam keluarga. Kegiatan seperti menghias rumah dengan pohon natal tentu sudah jadi agenda tahunan namun aspek yang tidak boleh dilupakan tentu saja adalah kebersihan hati. 

Ciptakan kebersamaan yang seru di bulan Desember ini menyambut Natal dengan berbagai aktivitas bareng anak berikut:

Membuat Gua Natal di Rumah

Jika sebelumnya Anda hanya menghias pohon Natal maka sekarang bisa menambahkan gua Natal. Bukan sekedar dekorasi Natal, gua ini merupakan simbol yang menghidupkan peristiwa kelahiran Yesus di Betlehem. 

Tidak harus membuat gua Natal yang besar seperti di Gereja, Anda bisa membuat versi mininya. Kreasikan gua ini dengan anak menggunakan bahan-bahan bekas seperti kertas semen untuk membangunnya. Kemudian menambahkan kertas coklat dan memotongnya sebagai jerami.

Jangan lupa untuk menempatkan patung Yesus di palungan, Bunda Maria, St Yoseph dan domba di dalam gua. Anak-anak pasti sangat suka membuat gua dan bisa lebih mengenal tokoh dalam Natal selain Yesus. 

Berkunjung ke Panti Asuhan

Biasanya aktivitas berkunjung ke panti asuhan menjadi persiapan Natal sekolah, namun tidak ada salahnya jika Anda dan keluarga melakukannya sendiri. Mengunjungi panti asuhan bisa menjadi aktivitas rutin menjelang Natal. 

Kunjungan ini merupakan aksi penting untuk mengajarkan anak tentang kepedulian. Selain itu juga untuk memperkuat tali kasih seperti yang diajarkan oleh Yesus. Apa saja yang bisa Anda dan keluarga lakukan di panti asuhan? Banyak. 

Mulai dari mengadakan doa bersama, makan bersama sampai acara pentas seni kecil-kecilan yang menunjukkan bakat anak-anak panti. Ajak anak Anda pula untuk ikut menunjukkan keterampilannya dan bersahabat dengan anak-anak di sana. 

Retret Keluarga

Retret tidak selalu harus dilakukan bersama dengan komunitas dan skala besar. Anda juga bisa melakukan retret keluarga khususnya dengan anak untuk mempelajari soal introspeksi diri, menyegarkan rohani dan juga menumbuhkan iman sebagai persiapan Natal. 

Supaya seru Anda bisa memilih lokasi retret yang nyaman dan aman untuk anak-anak. Saat ini banyak rumah retret seperti di daerah Bogor, Bandung, Cianjur, Sukabumi, Bandungan dan masih banyak lagi. 

Selama retret banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti doa bersama, mengikuti misa di gereja terdekat hingga pantang dan puasa. Pada saat moment Natal seperti ini rumah retret tentunya akan ramai dan hal ini bisa menjadi kesempatan anak-anak bersosialisasi lebih baik. 

Melakukan Ziarah

Selain retret Anda juga bisa melakukan ziarah bersama keluarga dan tentu saja anak. Ziarah adalah aktivitas yang biasanya banyak ditunggu keluarga Katolik karena juga menjadi moment liburan yang seru. 

Anda bisa memilih tempat ziarah di luar kota dan melakukan perjalanan jarak jauh. Tempat ziarah seperti Gua Maria Kerep Ambarawa, Gua Maria Mojosongo, Gua Maria Sendangsono bisa jadi pilihan yang tepat. 

Selama ziarah tentu saja tidak lupa untuk selalu mengajarkan anak agar berdoa dengan khusyuk untuk mempersiapkan rohaninya. Ajarkan doa-doa penting seperti Bapa Kami, rosario, dan lainnya untuk terus dilakukan selama ziarah. 

Rutin Mengikuti Misa Adven

Persiapan Natal di gereja yang perlu Anda dan keluarga lakukan adalah rutin mengikuti misa Adven. Misa persiapan menyambut kelahiran Yesus ini dilakukan empat minggu sebelum Natal tiba dan sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan.

Biasanya selain misa adven, di setiap lingkungan juga mengadakan kebaktian adven yang juga bisa Anda ikuti bersama dengan anak. Selama misa, ajarkan anak agar bisa berdoa dan mengikuti misa dengan tenang sehingga persiapan rohani pun semakin matang. 

Memasak Sajian Natal Bersama

Sudah banyak aktivitas rohani yang bisa Anda lakukan kini saatnya melakukan kegiatan di rumah yaitu mempersiapkan sajian Natal. Persiapan Natal yang satu ini sudah pasti dijamin seru karena Anda bisa melakukannya bersama dengan anak di akhir pekan. 

Ada banyak sajian Natal yang bisa Anda buat seperti cookies, kue tart sampai sajian khusus untuk malam Natal. Libatkan anak untuk memilih menu yang mereka sukai dan bagi tugas apa saja yang bisa mereka kerjakan. 

Misalnya untuk membuat cookies Anda dapat mengaduk adonan bersama dan membiarkan anak untuk mencetaknya sesuai dengan kreasi yang diinginkan. Begitu juga dengan kue tart, Anda bisa memandu anak untuk membuat dekorasi yang indah. 

Mempersiapkan Kado Natal

Punya acara tukar kado saat bertemu keluarga atau di sekolah anak? Anda bisa mengajak anak untuk mempersiapkan kado Natal mereka yang akan ditukarkan nanti. Membeli kado Natal tentu jadi aktivitas yang menyenangkan karena banyak pernak-pernik menarik yang bisa dipilih. 

Ajarkan kepada anak agar mereka memilih kado yang unik dan tentu saja bermanfaat agar berkesan bagi si penerima nantinya. Mulai dari pakaian, handuk, botol minum sampai peralatan elektronik bisa jadi pilihannya. 

Lebih bagus lagi jika Anda mengajarkan anak untuk bisa membeli kado dengan uang yang sudah mereka simpan sendiri. Ada kepuasan tentunya bisa membeli kado dengan uang mere  ka pribadi dan ini mengajarkan mereka untuk mandiri. 

Sudah siap dengan persiapan Natal Anda? Satu lagi yang tidak boleh lupa yaitu kondisi kendaraan atau mobil Anda. Menjelang Natal rawat mobil Anda dengan baik agar bisa melakukan perjalanan ziarah, retret hingga misa Natal. Perjalanan akan lebih aman tentunya jika Anda sudah memiliki asuransi mobil

Kini Anda bisa menentukan asuransi mobil sendiri melalui Cekpremi. Temukan beragam informasi produk asuransi mobil terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kriteria yang diperlukan. Jangan tunggu Natal tiba, cek sekarang asuransi mobil terbaik di Cekpremi. 

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024

10 Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa…

June 28, 2024

Mobil Listrik Ramah Lingkungan tapi Menguras Kantong, Benarkah?

Anda ingin beralih ke mobil listrik ramah lingkungan? Merasa khawatir kalau biaya maintenance-nya menguras kantong?…

June 26, 2024