Pialang Berjangka : Pengertian, Jenis, dan Ciri Perusahaan

Pialang berjangka

Saat ini semakin banyak sekali penipuan dengan modus investasi, salah satunya yang masih banyak meresahkan masyarakat adalah investasi bodong dari pialang berjangka. Namun perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua pialang ilegal. Artinya ada banyak juga perusahaan pialang yang tentunya legal dan memiliki izin mendirikan badan usaha.

Fungsi pialang berjangka adalah membantu investor melakukan transaksi di pasar modal. Misalnya menghubungkan emiten dengan investor, merekomendasikan instrumen investasi terbaik dan juga melakukan pendampingan investor dalam proses transaksi.

Pengertian Pialang Berjangka

Apa itu pialang berjangka? Agar lebih jelas simak berikut ini pengertian dari pialang. Pialang erat kaitannya dengan dunia investasi, di mana pengertiannya secara sederhana adalah perantara dalam proses jual beli. Jadi bisa dibilang bahwa setiap usaha menggunakan jasa pialang, dalam dunia investasi pialang disebut juga dengan broker.

Di mana pialang berjangka atau broker, merupakan pihak yang menjadi jembatan antara investor dengan pasar modal dan punya kewajiban untuk membantu para investor agar bisa melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Pialang menjadi elemen penting dan punya peran krusial, dalam memberikan fasilitas perdagangan dan investasi untuk anda para investor.

Jenis Pialang Berjangka

Setelah mengetahui apa pengertian pialang berjangka, berikut ini juga akan dijelaskan jenis-jenis pialang.

  • Full Service Broker

Merupakan broker yang menawarkan layanan penuh, kepada Anda calon investor ataupun pelanggan. Layanan yang ditawarkan mulai dari memberikan informasi, memberikan laporan, melakukan analisa dan menjalankan semua bentuk instruksi dari investor. Layanan yang lengkap dan menyeluruh ini membuat Anda sebagai broker full service, akan mendapatkan bayaran yang paling tinggi dibanding jenis pialang lainnya.

Biasanya full service broker banyak dipilih oleh para investor yang memang sibuk dan tidak punya waktu untuk melakukan analisa pasar. Di mana para investor ini tinggal memantau hasil, yang sudah dikerjakan oleh para broker.

  • Deep Discount Broker

Merupakan pialang berjangka yang memiliki jenis punya layanan terbatas dibanding jenis broker lainnya. Adapun jenis broker ini menjalankan instruksi transaksi atau jual beli, hanya dari pihak investor saja. Selain itu tugasnya juga memelihara atau mengelola rekening milik investor berdasarkan perintah yang sudah diberikan.

Di mana jenis broker ini juga tidak akan mendapatkan analisa lengkap dan menyeluruh, atas kondisi pasar ter-update untuk membantu mengambil keputusan investasi. Jadi bisa dibilang juga pekerjaan broker jenis ini lebih ringan dibanding full service broker.

  • Discount Broker

Untuk jenis broker satu ini memiliki tugas yaitu melakukan jual beli sesuai arahan dari pihak investor. Namun untuk discount broker, sebenarnya menyediakan berbagai layanan yang bisa digunakan investor sesuai dengan kebutuhan. Seperti misalnya melakukan analisa kondisi pasar, sampai memberikan rekomendasi investasi terbaik untuk para investor.

Biasanya para klien menggunakan jasa broker ini di mana memang sudah punya pengetahuan dasar saat akan terjun ke dunia investasi. Namun tentu saja agar mendapatkan keuntungan maksimal, para investor tetap membutuhkan jasa broker untuk memudahkan aktivitas investasi.

  • Online Broker

Berikutnya ada online broker, di mana jenis broker satu ini ada karena perkembangan teknologi digital yang semakin maju. Online broker menggunakan sistem layanan dari tanpa harus bertemu antara kedua belah pihak, baik dari sisi klien maupun pihak pialang berjangka. Online broker membantu investor untuk bertransaksi lebih praktis tanpa harus mendatangi kantor pialang, mulai dari proses pendaftaran hingga pengajuan secara online lewat situs resmi dari perusahaan pialang.

  • Ritel Broker

Merupakan jenis pialang atau broker yang memang melayani atau membantu investor secara perseorangan atau individu, untuk melakukan transaksi di pasar modal. Jadi jenis pialang ini memang tidak melayani investor atau klien dengan jenis lembaga. Atau bisa disimpulkan sebagai broker yang membantu investor kecil untuk mendapatkan rekomendasi investasi terbaik, hingga melakukan analisa. Penghasilan dari broker satu ini tergantung dari kesuksesan klien.

  • Institutional Broker

Seperti namanya jenis pialang ini kebalikan dari ritel broker di mana merupakan jenis broker yang melayani pelanggan bersifat lembaga atau institusi. Contoh lebih mudahnya dari institusional broker adalah lembaga seperti reksadana yang tentu saja membutuhkan pialang, untuk transaksi di pasar modal. Biasanya komisi yang didapatkan oleh broker jenis ini jauh lebih sedikit dibanding broker ritel.

Ciri Perusahaan Pialang Berjangka Legal

Sudah disebutkan pada awal pembahasan bahwa, saat ini cukup banyak perusahaan pialang berjangka yang ilegal dan sangat wajib diwaspadai oleh para investor terutama investor pemula yang memiliki ilmu investasi sangat minim. Untuk itu agar Anda lebih waspada, berikut akan dijelaskan beberapa ciri perusahaan pialang yang legal.

  • Pialang berjangka harus memiliki legalitas di mata hukum dan juga resmi terdaftar. Di mana harus punya izin atau legalitas dari Bappebti.
  • Punya nama berjangka atau futures di perusahaan atau instansi.
  • Melakukan penyetoran rekening secara terpisah atau Segregated account yang memang sudah terdaftar pula di Bappebti.
  • Semua transaksi dilaporkan ke bursa berjangka dan juga didaftarkan ke lembaga kliring berjangka.

Selain mengetahui 4 ciri di atas Anda juga harus memahami pula bagaimana cara memilih pialang yang tepat. Berikut beberapa diantaranya.

  • Cek reputasi perusahaan pialang berjangka, lakukan pengecekan dengan meminta bukti dan menunjukkan dokumen legalitas dari perusahaan pialang. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari penipuan perusahaan pialang, karena sebelumnya Anda sudah mengecek keabsahan dari perusahaan pialang tersebut dan sudah diawasi oleh pengawas pasar modal.
  • Riwayat pialang, cara ini juga penting untuk menunjukkan kemampuan perusahaan pialang dalam membantu klien atau investor, menyelesaikan transaksi sampai bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Penting untuk memperhatikan testimoni dari investor terdahulu apakah hubungan dengan broker berjalan dengan baik atau tidak.

Jadi sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu pialang berjangka, jenisnya dan juga ciri-ciri perusahaan pialang legal yang wajib dipahami agar tidak terjerat investasi bodong dari pialang ilegal. Melakukan investasi tentu saja harus hati-hati, agar dana yang Anda setorkan di pasar modal tidak sia-sia. Salah satunya dengan memiliki perlindungan asuransi, terlebih jika Anda punya banyak aset yang dipakai untuk melakukan investasi.

Beberapa jenis produk atau barang mewah yang perlu perlindungan asuransi seperti misalnya properti hingga kendaraan dengan asuransi mobil atau asuransi motor. Jika Anda ingin membeli asuransi untuk mobil, maka pastikan melakukan perbandingan terlebih dahulu lewat Cekpremi. Cekpremi adalah portal online yang dapat membantu anda untuk melakukan perbandingan agar bisa mendapatkan produk asuransi dari perusahaan asuransi terbaik pula.

Sumber :

Gramedia

Tokopedia