Pilih Mana, Cek Premi Asuransi Mobil Online atau Langsung?

Cek Premi Asuransi Mobil Online

Hampir semua transaksi bisa dilakukan secara online. Bahkan, Anda sekarang bisa melakukan cek premi asuransi mobil secara online.

Ini dilakukan agar semakin banyak orang tertarik untuk mengasuransikan mobil mereka. Tidak bisa dipungkiri banyak orang yang tidak mau mengambil asuransi mobil karena khawatir biayanya tinggi. Belum mengecek tapi sudah khawatir.

Karena itulah akhirnya cek premi asuransi bisa dilakukan secara online. Jadi, sebelum mereka datang ke perusahaan asuransi, mereka bisa mengetahui berapa premi asuransi mobil mereka.

Jadi, ini sebenarnya sebagai trik agar menghilangkan kekhawatiran masyarakat terkait dengan premi asuransi yang tinggi. Selain itu, ini juga digunakan sebagai cara tranparansi berapa premi asuransi kendaraan motor dengan tipe yang berbeda-beda.

Simulasi Premi Asuransi Secara Online

Bagaimana cara melakukan cek premi asuransi mobil secara online? Ada dua langkah yang harus Anda lakukan.

Langkah pertama, kunjungi laman produk cek premi. Di sana, ada fitur simulasi premi asuransi kendaraan bermotor. Anda akan diberitahu berapa premi asuransi yang harus Anda bayarkan.

Langkah kedua, masukkan data-data mengenai kendaraan Anda. Data yang diperlukan melingkupi tahun pembuatan, tipe kendaraan, kode plat nomor, penggunaan kendaraan, seri kendaraan, serta merk kendaraan. Anda juga harus memilih tipe asuransi yang Anda ingin beli. Lalu, fitur tersebut akan menghitungkan premi asuransi kendaraan bermotor Anda.

Mudah, kan?

Yang perlu Anda ketahui adalah jenis asuransi kendaraan bermotor yang akan Anda pilih. Dalam hal ini, Anda akan ditawari dengan dua jenis asuransi, yaitu TLO dan Comprehensive. TLO merupakan jenis asuransi mobil yang lebih murah. Pasalnya, hanya kerusakan berat dan kehilangan saja yang ditanggung. Sementara itu, jika Anda punya anggaran yang besar, Anda bisa memilih jenis asuransi mobil comprehensive yang juga menanggung biaya perbaikan karena kerusakan kecil.

Nah, cek biaya asuransi mobil Anda sekarang juga. Buka laptop atau smartphone Anda. Dan lakukan simulasi secara online.

Kekurangan Cek Premi Asuransi Mobil Online

Tidak bisa dipungkiri setelah adanya cek premi asuransi kendaraan bermotor secara online, semakin banyak orang yang mengasuransikan mobil mereka. Tentu ini bukan satu-satunya faktor. Faktor lain yang paling mempengaruhi hal tersebut sebenarnya adalah tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya memberikan proteksi terhadap kendaraan bermotor mereka.

Namun, Anda harus tahu ada lho kelemahan dari melaukukan cek premi asuransi secara online. Ternyata, tidak semua bisa disimulasi. Ada beberapa jenis mobil dengan tahun pembuatan tertentu yang tidak bisa disimulasi. Itu artinya Anda tetap harus menghubungi pihak asuransi secara langsung.

Selain itu, ada juga satu kelemahan lagi. Karena ini sistem komputer, Anda kurang mendapatkan informasi lebih lengkap. Berbeda jika Anda bertemu dengan petugas asuransi mobil. Petugas tidak hanya akan menghitung premi asuransi mobil Anda, tetapi juga memberikan saran atau masukan. Contohnya saja Anda akan diberi masukan mengenai tipe asuransi apa yang sebaiknya Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, dengan bertemu langsung dengan petugas, ada kemungkinan Anda akan mendapatkan diskon. Mungkin Anda berhasil meyakinkan bahwa Anda pengemudi yang baik. Anda tidak pernah mengalami kesalahan sehingga menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Sehingga petugas yakin untuk menurunkan premi asuransi mobil Anda.

Cek Sekaligus Beli Premi Bisa Secara Online

Terlepas dari beberapa kekurangan tersebut di atas, banyak yang lebih tertarik untuk melakukan cek premi asuransi mobil secara online. Apalagi jika mereka butuh asuransi cepat. Mereka bisa cek sekaligus beli asuransi mobil secara online.

Survey dilakukan secara online juga. Karena saat Anda melakukan registrasi, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data diri Anda dan juga data mengenai kendaraan yang Anda asuransikan. Lalu, Anda diminta untuk melakukan pembayaran dan selesai. Mobil Anda sudah terasuransi.

Jadi, mana yang Anda pilih?

Biasanya, mereka yang buru-buru lebih memilih beli asuransi secara online. Contohnya saja sebelum lebaran kemarin. Banyak orang yang ingin mudik dengan aman. Mereka tidak mau ribet ke perusahaan asuransi untuk mengajukan asuransi mobil. Mereka hanya perlu cek premi lalu melakukan pendaftaran asuransi mobil secara online.

Mereka yang akhirnya menggunakan fasilitas online ini biasanya sudah mengerti betul mengenai asuransi mobil. Mereka tahu jenis asuransi apa yang tepat untuk mereka pilih. Mereka juga memahami hak dan kewajiban mereka sebagai pemegang polis asuransi mobil.

Ada juga yang memanfaatkan fasilitas cek premi asuransi kendaraan bermotor secara online ini sebagai ajang untuk membandingkan premi asuransi dari perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Tentu ini hal yang wajar. Akan tetapi, Anda tidak hanya memilih berdasarkan harga premi yang paling rendah, bukan?

Anda juga pertlu mempertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi yang Anda pilih. Apakah perusahaan tersebut bisa dipercaya atau tidak. Jangan sampai Anda memilih premi yang paling rendah namun Anda dipersulit ketika pengajuan klaim.

Perusahaan yang sudah go online biasanya sudah memiliki sistem pelayanan secara online. Ini ciri dari perusahaan asuransi terpercaya. Anda tidak hanya bisa melakukan cek premi asuransi kendaraan bermotor secara online. Anda juga bisa membeli asuransi secara online. Customer service siap sedia 24/7. Anda bisa mengajukan klaim dengan lebih mudah. Dan approval dari klaim yang Anda ajukan juga tidak berbelit-belit.

Yang terpenting sekarang cek premi asuransi mobil Anda. Pastikan Anda pilih tipe asuransi yang tepat. Sesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansial Anda.