8 Tips Pinjaman Dana Langsung Disetujui dan Cepat Cair

pinjaman dana

Pinjaman dana online lebih kerap dipilih karena bebas dari agunan dengan penawaran proses pengajuan cepat melalui smartphone. Hal ini berbanding terbalik dengan pinjaman bank yang syaratnya cukup banyak dengan waktu lebih lama. Namun jika diperhatikan, proses seleksi pengajuan ini sama.

Keduanya akan mengecek kelengkapan data nasabah yang mengajukan sekaligus dengan skor kreditnya. Jika ada persyaratan yang tidak memenuhi otomatis pengajuan pinjaman akan gagal. Demi sukses dalam mendapatkan dana baik dari pinjaman online dan bank, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

8 Tips Jitu agar Pinjaman Dana di Acc

Hal lain yang membedakan antara pinjaman di bank dan online adalah nominal. Bagi Anda yang meminjam di bank, hanya dengan membawa agunan saja nominal yang diperoleh bisa sangat tinggi sampai puluhan atau ratusan juta rupiah.

Jika memilih pinjaman online, sebagai pengguna baru tentu saja nominalnya akan dibatasi. Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari ratusan ribu atau di bawah 10 juta rupiah. Ketika sering menggunakan layanan pinjaman online dengan skor kredit baik maka nominal pinjaman akan ditingkatkan.

Memperhatikan soal perbedaan nominal sampai dengan proses pengajuannya, ada tips yang bisa Anda ikuti supaya pengajuan langsung berhasil. Tips ini akan membantu Anda mendapatkan dana sesuai dengan kebutuhan.

  • Memilih Layanan Pinjaman sesuai Kemampuan dan Kebutuhan

Anda harus cermat dalam memilih layanan pinjaman. Legalitas dan keamanan menjadi hal nomor satu supaya Anda tidak tertipu soal bunga atau biaya tambahan lain yang tidak terlihat. Tujuannya agar Anda mendapat cicilan yang lebih ringan.

Lebih mudahnya Anda bisa menentukan apakah akan menggunakan layanan bank atau non bank. Pemilihannya bisa disesuaikan dengan kemampuan sekaligus kebutuhan. Misalnya jika Anda memiliki kebutuhan untuk penambahan modal usaha dengan nilai puluhan juta dan kebetulan memiliki agunan seperti rumah, bank bisa jadi pilihan.

Beda lagi jika Anda ingin mendapatkan dana untuk menambah uang muka pembelian motor yang nominalnya tidak sampai 5 juta rupiah. Dalam hal ini pinjaman dana tunai tanpa jaminan bisa jadi solusi terbaik.

  • Mengenali Risiko dan Kemampuan Mengangsur

Sebelum mengajukan pinjaman dana Anda harus mengetahui risiko dari masing-masing layanan. Misalnya jika Anda memilih bank maka agunan yang menjadi syarat utama harus dipenuhi. Risikonya adalah jika Anda tidak dapat mengangsur aset yang menjadi agunan bisa saja hilang.

Oleh karena itulah Anda harus mengetahui kemampuan mengangsur yang dimiliki sesuai dengan tenor yang dipilih. Melihat kembali ke dalam kondisi keuangan Anda saat ini sangatlah penting. Jika Anda mengetahuinya maka pengajuan yang dilakukan pun akan rasional sehingga dapat disetujui.

  • Mengecek Syarat dan Memenuhinya

Masing-masing lembaga keuangan memiliki syarat bagi nasabah yang tertarik mengajukan pinjaman. Meskipun sama-sama lembaga pinjaman online, syaratnya bisa saja berbeda. Oleh karena itulah Anda harus teliti dalam mengecek syarat ini, pastikan untuk memenuhinya dengan benar.

Contohnya soal rekening, biasanya layanan pinjaman online akan memberikan pinjaman pada rekening dengan nama sama pada pemilik akun yang mengajukan. Anda tidak bisa menyepelekan hal ini dan mengirimkan rekening dengan nama berbeda.

  • Sudah Bebas dari Kredit Lainnya

Baik bank dan pinjaman online biasanya akan menolak nasabah yang masih memiliki cicilan di lembaga lainnya. Bahkan cicilan dengan nominal yang kecil seperti smartphone. Apalagi ditambah dengan keuangan Anda yang mungkin tidak mencukupi untuk menambah cicilan.

Lebih baik untuk menyelesaikan kredit di tempat lain sebelum Anda mengajukan. Adanya kredit ini hanya akan membuat skor Anda memiliki nilai lebih rendah dibandingkan nasabah lainnya.

  • Tidak Pernah Telat Membayar Tagihan

Masih berhubungan dengan kredit dari lembaga lain. Selama Anda melakukan kredit pastikan untuk tidak pernah terlambat untuk membayar tagihan. Bahkan jika memiliki uang lebih Anda sebaiknya melunasi tagihan dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan.

Terlambat sehari saja membayar tagihan kredit juga dapat menurunkan skor kredit Anda. Pihak bank dan pinjaman online akan bisa mengeceknya dan kemampuan Anda akan dipandang lebih buruk.

  • Memenuhi Syarat Minimal Penghasilan

Pengajuan pinjaman dana saat ini sebagian besar akan melihat berapa penghasilan yang Anda miliki. Kini rata-rata pinjaman online memiliki syarat pengajuan dengan minimal gaji Rp3.000.000. Oleh karena itulah saat mengajukan Anda diminta untuk mengirimkan scan slip gaji.

Berdasarkan minimal penghasilan ini pula Anda akan mendapatkan limit pinjaman tertentu. Pada saat mengajukan Anda sebaiknya menuliskan nominal dana sesuai dengan limit tersebut. Jika lebih maka kemungkinan pengajuan ditolak akan lebih tinggi.

  • Selalu Mengecek Data Sebelum Dikirim

Anda yang ingin menggunakan pinjaman dana cicil online maupun bank harus teliti terhadap data yang akan dikirimkan. Selalu cek ulang apakah data tersebut sesuai dengan persyaratan dan lengkap.

Jangan sampai terdapat data yang kurang apalagi data tidak sesuai. Seluruh data juga harus dipastikan asli karena layanan pinjaman akan mengeceknya. Biasanya untuk pinjaman online ada syarat dan ketentuan soal data seluruhnya asli dan Anda akan bertanggung jawab dengan semua data tersebut.

  • Pastikan Foto Selfie Jelas untuk Pinjaman Online

Bagi Anda yang memilih pinjaman online, ada satu tahapan penting yaitu foto selfie sendiri dan juga dengan KTP. Seluruh foto ini harus dikirimkan dan sebaiknya hasil foto tidak blur apalagi tidak sesuai dengan KTP.

Supaya foto jernih pastikan bahwa kamera ponsel Anda bekerja dengan baik. KTP pun masih bisa terbaca terutama dari data nama, alamat, hingga NIK. Baru setelah itu kirimkan foto Anda.

Pengajuan pinjaman dana online atau bank tidak akan terasa sulit jika Anda melakukannya dengan teliti. Saat berhasil Anda bisa merasa senang karena dana akan langsung masuk ke rekening dan bisa langsung digunakan.

Anda bisa mengajukan pinjaman untuk beragam keperluan, mulai dari penambahan modal, biaya perbaikan rumah sampai membeli mobil. Dana yang diperoleh bisa membayar uang muka mobil atau membeli 1 unit mobil langsung.

Memiliki mobil kini sudah menjadi kebutuhan penting agar nyaman dan praktis untuk bepergian. Saat membeli Anda juga sebaiknya melengkapinya dengan asuransi mobil sebagai bentuk perlindungan.

Pencarian asuransi yang tepat kini bisa Anda dengan mudah melalui Cekpremi. Anda bisa membandingkan langsung mana asuransi terbaik mulai dari premi sampai perlindungan yang didapatkan. Akses Cekpremi sekarang juga untuk cek informasinya.

Sumber:

Sikapi Uangmu

CIMB Niaga

OCBC NISP

Julo