Playstore Tidak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengatasinya!

playstore tidak bisa dibuka

Sebagai pengguna smartphone Android, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Playstore ‘kan? Platform bawaan yang satu ini menjadi tempat untuk mengunduh berbagai jenis aplikasi Android yang Anda butuhkan. Mulai dari media sosial, games, hingga editor apps semuanya ada disana. Namun apa yang harus dilakukan kalau Playstore tidak bisa dibuka?

Uniknya aplikasi ini muncul bersamaan dengan diluncurkannya sistem operasi smartphone, yaitu Android. Tidak heran kalau Playstore diibaratkan seperti sebuah toko aplikasi yang menawarkan banyak aplikasi yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar. Yuk cari tahu informasi lengkap lainnya!

Fungsi Playstore di Android

Playstore adalah aplikasi berlisensi resmi dari Google yang hanya bisa digunakan di smartphone Android saja. Untuk mengaksesnya, Anda perlu memiliki akun Google dan login ke dalam aplikasi tersebut. Tahukah Anda kenapa Playstore dibutuhkan pada smartphone Android?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi Playstore adalah sebagai wadah untuk mengunduh aplikasi yang dibutuhkan pada perangkat smartphone. Bahkan disana juga tersedia berbagai pilihan buku digital yang menarik perhatian. Pastikan Anda rutin melakukan update agar aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Pasalnya update aplikasi menjadi salah satu cara menjaga Playstore tetap aman. Kalau dibiarkan justru bisa berisiko pada Playstore tidak bisa dibuka yang nantinya bisa merepotkan. Selain itu, apakah ada penyebab lain yang membuat aplikasi ini berhenti beroperasi?

6 Penyebab Aplikasi Playstore Tidak Bisa Dibuka

Sebelum mencari cara bagaimana mengatasinya, tahukah Anda kenapa Playstore tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada? Ternyata ada sejumlah penyebab yang membuat aplikasi ini sulit dibuka. Diantaranya adalah:

  • RAM Android Penuh

Faktanya penyebab pertama yang membuat aplikasi bawaan tidak bisa dibuka adalah karena RAM smartphone sudah penuh. Pasalnya RAM penuh akan membuat smartphone lebih lambat karena tidak ada ruang tersisa untuk menjalankan aplikasi. Inilah kenapa Anda perlu membersihkan sampah smartphone secara rutin.

  • Koneksi Internet Lemah

Playstore yang sulit dibuka bisa jadi karena koneksi internet lemah. Bahkan penyebab selanjutnya ini juga akan berpengaruh pada aplikasi lain seperti Facebook, WhatsApp, ataupun Google Chrome. Pastikan koneksi internet di smartphone Anda dalam keadaan bagus agar bisa membuka Playstore dengan lancar.

  • File Cache Menumpuk

File cache menumpuk merupakan akibat dari malasnya menghapus data-data sampah sehingga berakibat pada Playstore tidak bisa dibuka. Cache sendiri adalah file yang sifatnya sementara tapi mengganggu jalannya aplikasi Android. Semakin banyak cache yang ada maka akan semakin memperlambat kinerja Playstore.

  • Smartphone Pernah di Root

Apakah smartphone Anda pernah di root? Kalau pernah, maka hal tersebut bisa jadi penyebab Playstore tidak beroperasi dengan lancar. Terkadang root malah membuat aplikasi error dan tidak bisa dibuka. Sebaiknya Anda mempertimbangkan lagi kalau ingin melakukan rooting ponsel.

  • Tanggal dan Waktu Tidak Sesuai

Meski terdengar sepele, nyatanya tanggal dan waktu yang tidak sesuai default atau jaringan GSM akan membuat Playstore tidak bisa dibuka di Xiaomi. Pasalnya akan membuat koneksi internet menjadi terganggu dan beberapa aplikasi pun tidak akan bisa dibuka.

  • File Aplikasi Ada yang Terhapus

Anda mungkin merasa kalau Google Playstore tidak masalah, tapi bisa saja ada beberapa file eksekusi yang terhapus dan menyebabkan aplikasi tersebut menjadi lebih sering error bahkan tidak bisa dibuka. Cara terbaik mengatasinya adalah dengan menghapus dan menginstall ulang Google Playstore tersebut.

8 Cara Mengatasi Aplikasi Playstore Tidak Bisa Dibuka

Nah setelah mengetahui apa saja penyebab yang membuat aplikasi bawaan Google Playstore tidak bisa diakses, selanjutnya Anda juga wajib tahu bagaimana cara mengatasinya. Dan berikut ini adalah informasi lengkapnya!

  • Uninstall Pembaruan Playstore

Meskipun pembaruan sangat diperlukan demi meningkatkan keamanan dan kualitas aplikasi, tapi nyatanya pembaruan tersebut kadang membuat Anda tidak bisa masuk ke Playstore. Anda bisa melakukan uninstall pembaruan Playstore melalui Pengaturan dan masuk ke Aplikasi Google Playstore laku klik Copot Pembaruan.

  • Restart HP

Jika Anda mengalami Playstore tidak bisa dibuka, cobalah restart smartphone. Tentunya Anda sudah tahu bagaimana cara me-restart ponsel ‘kan? Nah jika sudah, bukalah kembali aplikasi Google Playstore tersebut.

  • Samakan Waktu dan Tanggal

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu penyebab Playstore tidak berfungsi di HP Samsung adalah karena waktu dan tanggal yang berbeda dari default. Inilah kenapa Anda perlu menyamakan waktu dan tanggal tersebut sesuai lokasi jaringan yang digunakan.

  • Bersihkan Cache dan Data di Google Play Service

Penyebab terbesar kenapa Playstore tidak bisa diakses adalah karena cache pada Google Play Service penuh. Google Play Service akan mensinkronisasi aplikasi-aplikasi yang menggunakan akun google, termasuk Playstore. Anda bisa menghapus cache dengan masuk ke menu Google Play Service di Pengaturan lalu klik Storage dan pilih Clear Cache.

  • Update Google Play Store dan Google Play Service

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan update aplikasi Google Playstore dan juga Google Play Service. Caranya masuk ke aplikasi Playstore lalu tekan ikon menu strip tiga dan pilih Pengaturan. Disana masuklah ke opsi Play Store Version dan otomatis akan melakukan pembaruan Playstore.

  • Ganti Google Accounts

Mengganti Google Account dinilai efektif untuk mengatasi Playstore tidak bisa dibuka. Langkah-langkahnya hampir sama dengan melakukan update informasi akun, hanya saja Anda harus masuk ke akun Google dan scroll ke bawah sampai menemukan pilihan Hapus Akun. Tekan menu tersebut untuk menghapus akun dan buat ulang akun baru.

  • Matikan Koneksi VPN

Apakah Anda kini sedang menggunakan VPN? Maka sebaiknya segera matikan fitur tersebut agar memperbaiki Playstore tidak bisa dibuka. Untuk mematikan VPN, Anda bisa langsung membuka Wireless and Networks lalu klik More dan cari menu VPN. Kemudian klik Putuskan Koneksi dan selanjutnya pilih Ok.

  • Kosongkan RAM HP

Kenapa Google Playstore tidak bisa mendownload aplikasi? Bisa jadi karena RAM HP penuh. Perlu diingat juga kalau fungsi RAM sama dengan memori internal sehingga membutuhkan kapasitas besar jika ingin mengakses aplikasi-aplikasi smartphone. Hapuslah sejumlah aplikasi atau file yang dirasa tidak diperlukan agar penyimpanan smartphone kembali luang.

Tidak hanya itu saja, Anda juga sebaiknya menggunakan asuransi kesehatan. Kenapa? Penggunaan smartphone yang berlebihan bisa membuat beberapa fungsi tubuh menurun, inilah pentingnya asuransi kesehatan yaitu sebagai penjamin biaya pengobatan yang akan Anda lakukan.

Nah sekarang cobalah gunakan fitur pembanding asuransi online dari Cekpremi yang siap membantu Anda menemukan rekomendasi produk asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan secara praktis dan tanpa biaya sama sekali.


Referensi:

Super You

Daily Social

Cari Sinyal

Dianisa