Manfaat Poles Mobil Lengkap dengan Biaya dan Prosedurnya

poles mobil

Banyak yang mengira bahwa waxing dan poles mobil sama, padahal keduanya berbeda. Waxing adalah proses pelapisan kembali cat mobil dengan lapisan clear coat. Nantinya body mobil akan memiliki lapisan berbentuk sintetis berwarna transparan. Proses waxing sendiri dilakukan usai melakukan pemolesan.

Sementara itu poles atau polishing adalah tahapan mengikis lapisan clear coat cat mobil yang sudah terkikis sehingga tampilan mobil akan rata kembali. Pemolesan ini perlu lebih rutin dilakukan yang jadi aktivitas perawatan penting untuk Anda.

4 Manfaat Melakukan Poles Mobil

Sebagai teknik untuk merawat body mobil, pemolesan memberikan sederet manfaat. Prosesnya pun harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh terlalu sering mengingat perawatan ini akan mengikis lapisan clear coat.

Berikut ini apa saja manfaat dari polishing untuk mobil yang perlu Anda ketahui.

  • Cat Mobil Tampak Lebih Mengkilap

Selama penggunaan body mobil tentu tidak terlepas dari goresan halus atau bahkan jamur. Proses pengikisan yang dilakukan dalam tahapan pemolesan ini akan menghilangkan semua goresan hingga jamur tersebut. Alhasil Anda akan mendapatkan mobil dengan tampilan mengkilap.

  • Membuat Cat Mobil Tahan Lama

Pernah menemukan noda atau kotoran yang menempel dan sulit dihilangkan hanya dengan mengelap atau memberikan air pada body mobil? Anda hanya bisa menghilangkannya dengan pemolesan. Langkah ini juga akan membuat cat mobil tahan lama karena terbebas dari retakan atau kerusakan akibat kotoran tersebut.

  • Mobil Bebas dari Baret dan Kusam

Sinar UV akan menciptakan warna cat mobil jadi cepat kusam, begitu juga dengan benda tajam yang tidak sengaja menggores body mobil secara halus bisa menciptakan baret. Semua masalah ini bisa diatasi hanya dengan poles mobil sehingga tampilan mobil akan tetap mewah.

  • Nilai Jual Mobil yang Tinggi

Anda yang menggunakan obat polesan mobil yang bagus akan mendapatkan ketiga manfaat tersebut. Apabila body mobil terawat dengan baik maka saat Anda ingin menjualnya, harga mobil tidak akan terlalu jatuh. Anda pun tidak akan mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan cat.

Estimasi Biaya Memoles Mobil

Cukup banyak bengkel yang menawarkan layanan poles mobil baik itu bengkel resmi atau bengkel Body Repair & Paint yang non authorized bisa Anda datangi. Masing-masing bengkel memiliki jenis layanan yang bervariasi seperti poles kaca mobil mulai dari harga Rp500.000 hingga Rp1.000.000 tergantung ukuran mobil.

Ada juga layanan detailing yang meliputi pengerjaan membersihkan kaki-kaki mobil, cuci body mobil, compound, polish, nano ceramic coating sampai vakum interior. Biaya untuk detailing bisa dari Rp1.400.000 sampai dengan Rp1.700.000.

Jika ingin layanan yang lengkap Anda bisa memilih full detailing yang ditambah dengan wax mobil, dressing body plastik sampai pengkilap ban. Full detailing ini mulai dari harga Rp1.500.000 hingga Rp1.800.000.

Jadi biaya poles mobil sudah termasuk dengan layanan pembersihan atau perawatan komponen lainnya. Anda yang datang ke bengkel mobil untuk mendapat layanan ini tentu saja tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Pastikan saja bahwa Anda sudah memilih bengkel terpercaya yang handal untuk melakukan polishing.

Prosedur Pemolesan Mobil yang Benar

Sebagai pemilik mobil Anda juga wajib tahu seperti apa proses pemolesan yang benar. Beberapa pemilik bahkan ada juga yang lebih memilih melakukan pemolesan sendiri di rumah dengan membeli bahan poles khusus.

Apapun pilihan Anda untuk melakukan polishing, pastikan untuk tahu prosesnya. Berikut ini cara memoles mobil setelah dicat dan digunakan atau saat muncul baret yang mengganggu.

  • Mempersiapkan Alat dan Bahan

Soal bahan poles, Anda bisa memilih obat poles khusus namun bukan kompon yang bersifat abrasif terlalu dalam. Pilih bahan poles yang bentuknya cair agar aman dan bisa melindungi cat nantinya.

Alat yang dipilih bisa sesuai dengan apa yang Anda miliki. Biasanya bengkel akan menggunakan mesin poles khusus untuk mempercepat pengerjaan. Namun jika Anda melakukannya sendiri bisa memilih kain yang memiliki permukaan lebih halus.

  • Mencuci Mobil

Sebelum melakukan poles mobil Anda sebaiknya mencuci mobil terlebih dahulu. Pencucian akan menghilangkan semua debu dan kotoran yang sifatnya abrasif. Jadi bahan poles nantinya dapat bekerja mengikis dengan lebih baik. Mobil juga harus dipastikan dalam kondisi kering.

Pencucian tidak hanya bagian body tetapi juga lakukan untuk interior mobil agar hasilnya lebih sempurna. Selain itu pilih area yang luas agar tidak menghambat ruang gerak Anda tetapi pastikan berada di tempat yang teduh. Ruangan juga harus terang agar Anda mudah melihat bagian baret yang terdapat di body mobil.

  • Mulai Poles di Bagian yang Datar

Proses pemolesan perlu dilakukan pada seluruh bagian mobil dengan sempurna. Anda bisa memulainya dari bagian panel mobil yang sifatnya datar seperti bagian kap mesin dan body samping kiri atau kanan.

Baru setelah itu Anda bisa melanjutkan ke bagian yang memiliki lengkungan seperti pintu belakang sampai dengan bumper mobil. Jangan lupakan untuk memoles di bagian atas mobil yang sering terlupakan.

Cara memoles adalah dengan gerakan memutar, Anda bisa menuangkan sedikit cairan poles pada permukaan mobil yang hendak dipoles. Kemudian buat gerakan memutar dengan sedikit ditekan.

  • Meratakan Poles dengan Teknik Lapping

Anda tidak melakukan pemolesan di bagian yang berbeda-beda, supaya hasilnya rata perlu meratakannya. Teknik lapping perlu Anda lakukan di akhir pemolesan agar cairan yang digunakan lebih merata.

Caranya adalah dengan menuangkan cairan poles ke kain terlebih dahulu tapi tidak berlebihan. Kemudian Anda bisa meratakan cairan tersebut ke body mobil dengan lebih cepat dari depan sampai ke area belakang mobil.

Tidak sulit melakukan poles mobil ini dan sebaiknya Anda lakukan setahun sekali dan maksimal dua kali. Jika ada baret Anda bisa juga fokus memoles di bagian tersebut saja.

Selain perawatan mobil Anda juga perlu memperhatikan perlindungannya. Memiliki asuransi mobil menjadi perlindungan paling bentik aset yang satu ini. Anda bisa membandingkan mana asuransi tepat melalui Cekpremi terlebih dahulu.

Caranya mudah, tinggal masukkan informasi tahun, merk, tipe, seri sampai jenis penggunaan mobil. Informasi perbandingan asuransi bisa langsung Anda dapatkan dan pertimbangkan mana yang yang sesuai kebutuhan. Akses Cekpremi sekarang.

Sumber:

Wuling

Moladin

Carmudi

Detik

Auto2000

Suzuki