Cara Menyesuaikan Polis Asuransi Perjalanan Liburan Anda

polis asuransi

Anda sedang merencanakan liburan? Sudahkah Anda memiliki polis asuransi perjalanan sebagai jaminan proteksi? Berlibur merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang, karena dapat menjadi waktu untuk menghilangkan kejenuhan dari rutinitas harian.

Meskipun menyenangkan, nyatanya liburan tidak luput dari berbagai potensi risiko. Misalnya seperti ketinggalan pesawat, kecelakaan, kerusakan bagasi, atau bahkan sakit. Anda yang akan berlibur atau tengah merencanakan liburan, tentu ada baiknya melindungi diri dengan asuransi perjalanan.

Sayangnya, banyak dari kita yang justru meremehkan risiko yang dapat muncul selama liburan. Menurut penelitian terbaru dari MoneySuperMarket, ada lebih dari sepertiga responden berlibur tanpa asuransi perjalanan. Untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan, pastikan Anda memiliki proteksi asuransi yang tepat sesuai tujuan liburan.

Inilah Cara Menyesuaikan Polis Asuransi Perjalanan

Dengan banyaknya pilihan asuransi, tentu Anda harus memilih produk asuransi yang tepat sesuai kebutuhan perjalanan Anda. Berikut ini cara menyesuaikan kebutuhan asuransi dengan perjalanan liburan.

1. Memilih Jenis Asuransi Perjalanan sesuai Kebutuhan

Perlu diketahui, bahwa setiap perusahaan asuransi seringkali menawarkan produk perlindungan perjalanan yang berbeda. Umumnya terdapat dua jenis utama, yaitu asuransi pembatalan perjalanan dan asuransi kesehatan perjalanan.

Asuransi pembatalan perjalanan membantu Anda saat perlu membatalkan perjalanan sesuai kesepakatan sebelumnya atau harus pulang lebih awal karena keadaan darurat yang dicakup. Sementara itu, asuransi kesehatan perjalanan yang banyak digunakan, mirip dengan asuransi kesehatan yang fokus pada pertanggungan biaya pengobatan saat Anda sakit atau terluka selama perjalanan.

2. Mempertimbangkan Jaminan Perlindungan yang Diberikan

Sebelum Anda memilih produk, pastikan untuk membaca dengan cermat mengenai semua klausul perlindungan. Hal tersebut penting untuk menghindari adanya hambatan selama proses klaim. Selain itu, penting untuk menyesuaikan produk asuransi dengan aktivitas liburan yang Anda rencanakan.

Pasalnya, perusahaan asuransi seringkali enggan memberikan perlindungan untuk perjalanan wisata atau kegiatan berisiko tinggi, seperti olahraga ekstrem atau kunjungan ke daerah berbahaya. Beberapa asuransi bahkan mungkin menetapkan premi tambahan untuk aktivitas ekstrem.

Oleh karena itu, disarankan untuk secara jujur ​​mengungkapkan semua rincian perjalanan dan kesehatan sejak awal guna menghindari penolakan klaim di kemudian hari. Hindari pula membeli premi asuransi yang tumpang tindih dengan yang sudah Anda miliki.

Misalnya saja seperti hanya membeli asuransi perjalanan untuk melindungi kehilangan barang atau pembatalan tiket pesawat, jika Anda sudah memiliki asuransi jiwa atau kesehatan sebelumnya. Perlu diperhatikan pula, bahwa asuransi perjalanan tidak mencakup kerugian terkait terorisme, penggunaan obat terlarang, AIDS, dan kerusuhan politik.

3. Mencermati Besaran Premi

Anda perlu memperhatikan biaya premi asuransi dengan seksama karena besarnya pembayaran ini dapat bervariasi. Hal tersebut tergantung pada tingkat perlindungan yang ditawarkan. Sebelum membeli, disarankan untuk melakukan riset guna mendapatkan penawaran terbaik.

Beberapa situs juga bisa Anda periksa, karena mereka menampilkan berbagai produk asuransi perjalanan beserta premi dan jenis perlindungannya. Premi asuransi perjalanan ini bervariasi, umumnya sekitar 1% dari total biaya perjalanan, meskipun beberapa jenis asuransi dapat mencapai jutaan rupiah.

Meski begitu, beberapa perusahaan asuransi menawarkan beragam paket dengan harga premi yang terjangkau. Premi asuransi ini seringkali dipengaruhi oleh usia pembeli polis asuransi. Dimana harga polis akan cenderung meningkat untuk perjalanan para usia lanjut karena lansia lebih rentan terhadap penyakit. Nilai pertanggungannya juga bervariasi sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih.

4. Lamanya Durasi Perlindungan yang Dijamin

Asuransi perjalanan umumnya menawarkan dua jenis program. Pertama, program single trip yang melindungi satu kali perjalanan dengan batas waktu, biasanya hingga maksimal 180 hari. Kemudian, ada program tahunan yang memberikan perlindungan untuk setiap perjalanan dengan batas maksimal 90 hari sepanjang tahun.

Perlindungan asuransi perjalanan ini berlaku mulai dari tanggal yang tertera di polis, sehingga penting untuk memulai perjalanan sesuai waktu yang telah ditentukan. Jika Anda hanya berlibur sekali dalam setahun, pilihlah asuransi yang melindungi perjalanan tersebut.

Tetapi, jika Anda berencana melakukan beberapa perjalanan dalam setahun, lebih baik memilih asuransi dengan perlindungan selama satu tahun penuh. Menyesuaikan polis asuransi perjalanan dengan durasi liburan Anda penting karena memastikan bahwa Anda memiliki perlindungan asuransi yang mencakup seluruh periode perjalanan.

Dengan demikian, Anda dapat mengatasi risiko dan kejadian tak terduga yang mungkin terjadi kapan saja selama masa liburan atau beberapa waktu setelahnya. Ketika mengevaluasi polis asuransi, penting untuk teliti terhadap detail manfaat dan perlindungan yang diberikan.

Umumnya, pada kisaran premi yang serupa, manfaat yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Kecermatan dalam menganalisis detail dapat membantu Anda menemukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pahami manfaatnya, perhatikan cakupan perlindungan, serta pertimbangkan dengan seksama opsi lain yang tersedia.

Selain itu, penting pula diketahui bahwa asuransi di pelabuhan atau stan bandara kini tidak lagi disarankan, karena pemilik akan sulit memberitahu keluarga tentang dokumen asuransinya. Jika ada kejadian selama perjalanan, keluarga mungkin tidak menyadari dan tidak dapat mengurus klaim asuransi atas nama korban.

Manfaat Memiliki Polis Asuransi untuk Perjalanan Liburan Anda

Asuransi perjalanan dapat memberikan perlindungan finansial dari kemungkinan kerugian akibat situasi tak terduga sepanjang perjalanan. Kita tidak pernah tahu kapan masalah akan muncul, sehingga. Maka dari itu, penting untuk mencegah risiko kerugian sebelum, selama, atau setelah perjalanan.

Jenis perlindungan ini juga bertujuan memberikan perlindungan yang melibatkan risiko seperti sakit, kecelakaan, kematian, kehilangan paspor, hingga barang berharga. Ada beberapa alasan untuk membeli asuransi perjalanan, termasuk seperti:

  • Melindungi barang-barang pribadi selama perjalanan
  • Melindungi kesehatan dan kenyamanan Anda
  • Menutupi biaya medis yang tinggi ketika Anda mengalami masalah kesehatan saat bepergian.
  • Ketenangan pikiran

Tanpa perlindungan asuransi perjalanan, Anda bisa saja menghadapi biaya tinggi atau kesulitan finansial jika terjadi sesuatu yang tak terduga. Apakah Anda berencana untuk bepergian dalam waktu dekat? Pastikan untuk melindungi diri dengan asuransi perjalanan.

Miliki polis yang tepat dari Cekpremi.com dengan rekomendasi asuransi perjalanan terbaik dari mitra yang terpercaya dan harga terjangkau. Proses pembelian polis asuransi juga sangat mudah dan Anda akan dibantu oleh tim-tim ahli yang berpengalaman. Nikmati pengalaman liburan yang aman dan nyaman dengan rekomendasi polis asuransi perjalanan Cekpremi.com!

Referensi :

Kompas

Sikapi Uangmu