Psikotes, Jenis dan Contohnya yang Wajib Diketahui

Psikotes

Psikotes menjadi sebuah tes yang kerap digunakan oleh badan usaha maupun jenjang perkuliahan. Tujuannya untuk mengukur kemampuan seseorang apakah layak diterima atau tidak.

Dari uraian tersebut, memiliki pengertian sebuah tes yang dilakukan untuk mengukur basoei individu secara psikis. Untuk tesnya bisa berbentuk tertulis, proyektif maupun evaluasi secara verbal. Tes tersebut bisa mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.

Jenis-jenis Psikotes dalam Rekrutmen Kerja

Saat melamar pekerjaan, Anda pasti melalui proses ini sebelum ke tahap wawancara. Semua badan usaha pasti menggunakan tes psikotes yang harus dilakukan pelamar kerja. Untuk jenis yang dipilih, biasanya ditentukan oleh badan usaha. Berikut ada jenis-jenisnya yang wajib diketahui, yaitu:

  • Logika Aritmatika

Jenis tes ini digunakan untuk melatih ketelitian dan kecermatan untuk memecahkan masalah. Tes tersebut berhubungan dengan kemampuan berhitung untuk menjawab pertanyaan yang benar.

Sebagian perusahaan memberikan soal-soal yang mudah dijawab, tetapi sebagian lagi memberikan soal yang menjebak dan sulit dijawab.

  • Tes Kemampuan Verbal

Tes kemampuan verbal berfungsi melihat kemampuan Anda dalam berbahasa, baik tulisan maupun lisan. Bahkan, tes kemampuan verbal menjadi pertimbangan recruiter untuk menerima calon karyawan atau tidak.

Untuk contoh tesnya, biasanya meliputi pencarian sinonim maupun mencari antonim.

  • Psikotes Spasial

Jenis tes ini mengharuskan Anda memahami berbagai bentuk soal bangun ruang. Anda harus memahaminya dengan teliti setiap bangun ruang yang diberikan sebagai jawaban dari pilihan ganda.

Tes ini memudahkan pihak perusahaan mengetahui kemampuan imajinasi calon karyawan.

  • Kraepelin atau Pauli Test

Sementara tes jenis kraepelin atau Pauli Test digunakan untuk menilai kemampuan dalam berkonsentrasi, ketahanan, kemampuan menyesuaikan diri dan ketelitian.

Biasanya, bentuk soal yang diberikan adalah angka-angka yang disusun membujur dengan jumlah angka. Hal itu meliputi angkanya yang telah ditambah, dikurang, maupun jenis perhitungan lainnya.

  • Draw Man Test

Jenis tes ini umumnya disesuaikan dengan jenis lowongan pekerjaan yang akan Anda lamar. Anda harus bisa menggambar manusia sesuai kemampuan agar lulus tahap tes berikutnya.

Sementara tujuannya untuk menilai diri calon karyawan saat mengambil keputusan. Seneng begitu pihak perusahaan mengetahui apakah Anda mengambil keputusan secara tegas atau ragu-ragu.

  • MBTI

Tes MBTI atau The Myers-Briggs Type Indicator menjadi tes yang dipakai perusahaan untuk mengenal calon karyawan lebih dalam. Dengan begitu, perusahaan bisa mengukur preferensi psikologis serta mengetahui cara seseorang memandang dunia dan mengambil keputusan.

Bahkan, tes MBTI terbagi menjadi 16 kepribadian. Jenis kepribadiannya meliputi INFP, ESFJ , INFP dan tipe kepribadian lainnya. Untuk itulah, saat menjalani tes ini akan ditanyakan berbagai macam studi kasus. Anda harus memilih satu pertanyaan yang menggambarkan tentang diri Anda.

  • Army Alpha Intelligence Test

Soal tes pada jenis tes ini berhubungan dengan kombinasi angka dan deretan angka. Tujuannya untuk melihat kemampuan daya tangkap seseorang yang berhubungan dengan penerimaan instruksi maupun kemampuan memahami tugas yang diberikan atasan setelah Anda diterima bekerja.

  • Disc Personality Test

Tes ini bertujuan mengetahui karakteristik seseorang dalam dunia kerja, baik mandiri maupun secara tim. Anda tak perlu takut tak bisa mengerjakan tes karena bisa melihatnya di internet.

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya sebagai Referensi

Setiap perusahaan memang memiliki jenis tes berbeda dan disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Bahkan, pemeriksa tes adalah orang yang ahli dan terlatih sehingga bisa mengerjakan tugasnya dengan baik.

Sebagai acuan, Anda bisa memahami contoh psikotes dan jawabannya berikut ini. Dengan begitu, Anda mengetahui gambaran seperti apa tes yang akan Anda hadapi saat melamar pekerjaan.

  1. Bahtera =

Jawaban : Perahu

  1. Timpang =

Jawaban : Tak seimbang

  1. Sapta =

Jawaban : Bilangan

  1. Kreasi

Jawaban : Ciptaan

  1. Kontradiksi =

Jawaban : Pertentangan

  1. Reni 3 kali tes Bahasa Indonesia dengan nilai rerata 89. Berapa nilai yang harus Reni dapat pada tes selanjutnya jika ini mendapatkan rerata 90?

Jawaban : 95

  1. Syarat penerimaan karyawan pada PT. Adicipta untuk jabatan GT adalah lulus Tes Buta Warna. Dirga adalah salah satu peserta rekrutmen yang akan melakukan Tes Buta Warna. Simpulan yang tepat adalah?

Jawaban : Dirga belum tentu diterima sebagai karyawan PT. Adicipta karena belum mendapatkan hasil Tes Buta Warna.

Tips Menjawab Soal Psikotes agar Lulus Seleksi

Setelah mengetahui jenis dan contoh soal psikotes, Anda harus mengetahui cara menjawab soal. Tujuannya agar kesempatan diterima semakin besar, berikut ada tips yang bisa diterapkan.

  • Mulailah melihat soal

Setelah menerima soal, luangkan waktu beberapa menit untuk memeriksa tes tersebut. Umumnya, soal tes berupa campuran dari berbagai jenis pertanyaan dari jenis tes psikotes. Bahkan, ada yang pilihan ganda dan sebagiannya lagi esai.

Anda bisa memahami format Siak sehingga bisa mengerjakan semua soal dengan tepat sesuai waktu yang disediakan.

  • Kecepatan diri

Perlu diketahui, tes psikotes memiliki beberapa persyaratan waktu. Anda harus memahami soal sesuai waktu yang ditentukan, bisa mulai dengan menentukan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengerjakan satu pertanyaan.

  • Mengerjakan sesuai urutan

Sebaiknya mengerjakan tes sesuai urutan pertanyaan, tujuannya menghindari lupa mengerjakan beberapa soal. Jika Anda belum bisa mengerjakan karena soalnya sulit, berikan tanda yang jelas sehingga bisa dikerjakan setelah soal lain selesai.

  • Menggunakan proses eliminasi

Anda bisa menggunakan proses eliminasi agar semua soal bisa dikerjakan. Saat menemukan soal yang jawabannya tidak Anda ketahui, bisa membaca dengan cermat. Lalu, eliminasi kemungkinan yang tidak masuk akal. Strategi ini bisa dilakukan untuk soal pilihan ganda, tetapi lakukan eliminasi dengan benar agar tak membingungkan Anda menjawab soal berikutnya.

Tes psikotes menjadi tahapan wajib yang dilalui semua orang yang melamar pekerjaan. Selain memikirkan psikotes, Anda bisa membuat asuransi untuk memudahkan Anda saat bekerja. Anda bisa mencari penyedia asuransi terpercaya melalui cekpremi. Cekpremi.com adalah portal online yang menyajikan berbagai penyedia asuransi terpercaya di Indonesia, Anda tinggal memilihnya sesuai kebutuhan. Bahkan informasi yang diberikan cekpremi, detail dan transparan sehingga Anda mengetahui asuransi yang tepat untuk diri Anda.

Jika Anda memasuki jenjang perkuliahan maupun akan bekerja, bisa memilih asuransi kesehatandi cekpremi. Anda bisa melihat detail keuntungan memiliki asuransi tersebut di cekpremi, dijamin tak akan bingung karena semua informasi yang disediakan lengkap dan dari sumber yang valid.

Sumber:

Sindo News

Kita Lulus

Kata Data