Apa Itu Regresi? Ini Rumus, Fungsi, beserta Contohnya

regresi

Analisis data sudah menjadi hal yang sangat lumrah di dalam dunia statistik. Ahli dalam bidang ini sangat dibutuhkan untuk berbagai jenis industri yang ditujukan persoalan besar. Perlu Anda pahami, bahwa pengetahuan dan keterampilan statistik sangatlah bermanfaat dalam mendukung dan memperkuat kemampuan analisis. Adapun salah satu analisis yang bisa diterapkan adalah metode statistik regresi.

Apa Itu Regresi?

Regresi adalah sebuah metode statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara satu atau lebih variabel independen (variabel prediktor) dan satu variabel dependen (variabel yang ingin diprediksi). Tujuan utama metode analisa ini adalah untuk memahami dan mengukur sejauh mana perubahan dalam variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen.

Metode statistik ini dapat digunakan untuk membangun model prediksi, memahami hubungan kausal, dan mengidentifikasi pola dalam data. Ada beberapa jenis metode analisa, termasuk metode statistik linier, berganda, dan banyak lagi yang digunakan tergantung pada karakteristik data dan tujuan analisisnya.

Fungsi Regresi dalam Statistik

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari metode analisis ini:

  1. Prediksi Masa Mendatang

Salah satu fungsi utama metode analisis ini adalah untuk melakukan prediksi. Dengan menggunakan data historis tentang variabel dependen dan independen, Anda dapat membangun model analisis yang dapat digunakan untuk memprediksi nilai variabel dependen di masa depan berdasarkan nilai variabel independen. Analisis ini dapat digunakan untuk meramalkan tren masa depan dan membantu dalam perencanaan bisnis, keuangan, dan sumber daya manusia.

  1. Menghindari Risiko Kesalahan

Adapun fungsi lain dari metode statistik ini, yaitu bisa memperbaiki risiko terjadinya kesalahan. Kesalahan yang dimaksud seringkali berhubungan dengan asumsi atau keputusan yang diambil untuk menjalankan bisnis. Sebelum mengaktualisasikannya, keputusan tersebut dapat dihitung terlebih dulu untuk mengetahui bagaimana hasilnya.

Sehingga ketika hasilnya keliru, maka hal tersebut bisa diperbaiki. Misalkan saja, pemilik bisnis memiliki keputusan untuk menambah jam kerja atau jam buka toko untuk meningkatkan penjualan. Ternyata saat dihitung menggunakan metode analisis ini, anggaran yang perlu dikeluarkan pemilik bisnis justru terlalu over yang berpotensi merugikan. Maka dari itu, pemilik bisnis mengubah keputusannya.

  1. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Metode statistik ini juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan operasional bisnis supaya menjadi lebih efisien. Hasilnya, tentu saja output bisnis juga sesuai seperti yang diharapkan.

Misalkan saja, Anda melakukan analisis statistik dengan menggunakan metode ini untuk mengetahui bagaimana dampak suhu ruang penyimpanan terhadap kualitas dan lamanya waktu penyimpanan bahan baku. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu mengasumsikan hasil yang tanpa disertai data riil.

  1. Menambah Pengetahuan Baru

Selanjutnya, manfaat utama dari Metode statistik ini adalah memberikan pengetahuan yang penting melalui analisis data. Seringkali, para pengusaha melakukan pengumpulan data-data atau informasi para konsumennya. Namun, jika dilakukan tanpa metode analisis yang tepat, tentu saja semua data ini tetap saja tidak akan memberikan insight yang berarti.

Melalui metode statistik ini, Anda bisa mendapatkan informasi perubahan penjualan selama periode tertentu. Hal ini tentu saja dapat membantu Anda dalam membuat penyesuaian. Mulai dari ketersediaan stok, memastikan ketersediaan staf atau karyawan, hingga produk pemasaran terbaik yang tepat dalam periode tertentu.

Rumus Metode Statistik Regresi

Metode analisis ini mempunyai dua rumus yang bisa Anda terapkan, yakni sebagai berikut.

  1. Rumus Analisis Linier

Metode analisis ini digunakan untuk memodelkan hubungan antara dua atau lebih variabel. Terdapat beberapa jenis rumusan, tetapi yang paling umum adalah analisis linear. Rumus dasar analisis linear sederhana adalah :

Y = a +bX + €

Keterangan :

Y merupakan variabel terikat

X merupakan variabel bebas

a merupakan konstanta

b merupakan koefisien

€ merupakan error

  1. Rumus Analisis Berganda

Selanjutnya, ada rumus berganda yang juga dikenal dengan sebutan linier majemuk. Untuk kasus metode analisis linear berganda, di mana terdapat lebih dari satu variabel independen, rumusnya akan lebih kompleks. Jika Anda memiliki data yang ingin dianalisis dengan metode ini, rumus berikut bisa Anda gunakan.

Y = a +bX1 + cX2 + dX3 + €

Keterangan :

Y merupakan variabel terikat

X1, cX2, X3 adalah variabel bebas

a merupakan konstanta

b, c, d adalah koefisien regresi

€ merupakan error

Contoh

Anda sebaiknya menggunakan metode statistik ini dalam analisis data ketika ingin memahami atau memodelkan hubungan antara satu atau lebih variabel independen (prediktor) dan satu variabel dependen (hasil) secara kuantitatif. Hal ini berguna dalam situasi seperti saat Anda ingin memprediksi nilai variabel dependen berdasarkan variabel-variabel independen yang tersedia.

Metode statistik ini bergantung pada asumsi tertentu, seperti linearitas, independensi, homoskedastisitas, dan normalitas. Jika asumsi-asumsi ini tidak terpenuhi, maka hasilnya bisa tidak akurat.

Saat menggunakan metode statistik ini, penting untuk memahami keterbatasan dan mengambil tindakan pencegahan yang sesuai untuk meminimalkan risikonya. Sebagai contoh adalah menggunakan metode analisis ini dalam mengecek premi dari asuransi mobil.

Tujuannya adalah untuk memahami hubungan antara berbagai faktor yang mempengaruhi premi asuransi dan klaim asuransi. Anda dapat melakukan analisis untuk mempertimbangkan lebih dari satu variabel independen yang mempengaruhi premi asuransi mobil.

Misalnya, Anda dapat memasukkan faktor-faktor seperti usia pengemudi, jenis kendaraan, sejarah klaim, dan banyak lainnya untuk memprediksi premi asuransi mobil. Untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi klaim asuransi mobil, Anda dapat menggunakan analisis regresi logistik.

Metode ini juga dapat membantu dalam memprediksi apakah kejadian tertentu, seperti kecelakaan atau pencurian. Kondisi tersebut mungkin terjadi berdasarkan berbagai variabel seperti lokasi, tipe kendaraan, perilaku pengemudi, dan sebagainya.

Metode analisis regresi dapat digunakan dalam analisis asuransi mobil untuk memahami hubungan antara berbagai faktor dan biaya asuransi mobil. Dalam asuransi mobil, metode analisis ini dapat digunakan untuk memahami tren perubahan biaya asuransi dari waktu ke waktu.

Maka dari itu, penting bagi Anda memahami perhitungan polis asuransi untuk kemudahan klaim. Cekpremi hadir membantu Anda mendapatkan polis yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi finansial. Untuk lebih lengkapnya mengenai informasi premi asuransi dari mitra pilihan, cek website Cekpremi.com!

Referensi

Info Populix

Akseleran

Sekolah Stata

Modal Rakyat

Detik

Liputan 6

Scholar