Remote Mobil Tidak Berfungsi, Penyebab dan Solusinya

remote mobil

Sesungguhnya remote mobil memiliki fungsi penting. Bisa dipastikan seluruh kendaraan modern pasti menggunakannya. Cuma ada kalanya remote mobil tidak berfungsi. Kalau ini yang terjadi, tentu nilai stylish kendaraan akan berkurang. Kamu harus segera mencari solusinya. Juga sesegera mungkin untuk ikut asuransi mobil.

Perlu dimengerti, remote mobil merupakan perangkat penting dan vital. Karena dengan keberadaannya kamu bisa membuka pintu dengan mudah. Menghidupkan alarm pun jauh lebih gampang. Maka dari itu, kamu harus mengetahui penyebab remote tidak berfungsi. Dan penjelasannya ada di bawah ini:

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Terdapat beberapa penyebab remote mobil tidak berfungsi. Terkadang karena kesalahan ketika digunakan. Bisa juga karena alat aus dan hampir mengalami kerusakan. Nah, untuk mengetahui alasan yang lebih banyak, silakan baca list ini:

asuransi mobil

1. Remote Kehabisan Baterai

Perlu diketahui, remote mobile menggunakan daya baterai. Maka dari itu, potensi kehabisan daya masih tetap ada. Kamu harus sigap ketika ada kasus semacam ini. Yang mana sekiranya baterai remote mobil tetap terisi. Sehingga remote bisa digunakan kembali.

Cara mengecek daya baterai remote mobil tidak sulit. Kamu tinggal melihat lampu indikatornya saja. Kalau warna indikator merah, berarti waktunya untuk diganti. Tetapi kalau lampu indikator hijau namun masih tidak berfungsi berarti ada yang bermasalah di dalamnya. Serahkan saja ke bengkel agar segera diperbaiki.

2. Ada Kerusakan Pada Receiver Remote

Di dalam remote mobil ada satu komponen yang tergolong “otaknya” yaitu receiver. Komponen ini juga menjadi penentu hidup mati dari sebuah remote. Dan kalau sudah rusak maka remote tidak bisa lagi diperbaiki. Kecuali harus membeli receiver yang baru atau membeli perangkat yang baru.

Bisa dikatakan kalau receiver merupakan sensor remote mobil. Kalau sensornya rusak maka otomatis remote tidak akan berfungsi dengan baik. Sedangkan posisi komponen berada di dalam remote. Sehingga kalau ingin mengecek maka perangkat harus dibongkar terlebih dahulu. Ini membutuhkan ahli yang mampu mengerjakannya.

3. Ada Gangguan Pada Frekwensi

Penyebab remote mobil tidak berfungsi berikutnya ialah adanya gangguan frekwensi. Kasus yang paling sering terjadi ketika mobil diparkir di tempat yang kandungan elektromagnetik-nya cukup tinggi. Kalau di lokasi ini jangan berharap remote bisa berfungsi maksimal. Sedangkan penandanya ialah, remote mengalami hidup mati secara otomatis.

Untungnya gangguan frekwensi tidak terjadi terus menerus. Tergantung ada di mana kendaraan tersebut di saat itu. Kalau mobil ada di lokasi yang medan magnet-nya rendah, maka remote bisa berfungsi kembali. Oleh sebab itu, jauhkan kendaraan dari lokasi yang berdekatan dengan menara pemancar frekwensi.

4. Ada Komponen Lain yang Rusak

Komponen remote mobil bukan hanya receiver. Tetapi juga ada perangkat lain di dalamnya. Kalau ini mengalami kerusakan otomatis remote tidak bisa digunakan. Maka dari itu, kalau dibawa ke bengkel harus diperiksa secara menyeluruh. Kalau memang ada komponen rusak, maka harus segera diganti.

Kamu harusnya bisa merawat remote dengan baik. Termasuk jangan sampai jatuh apalagi masuk ke genangan air. Bisa dipastikan komponen akan mengalami korsleting. Jadi rawat remote kendaraan dengan baik. Daripada membeli perangkat baru yang harganya cukup mahal.

Solusi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Kalau remote mobil tidak berfungsi, jangan langsung dibuang dan membeli yang baru. Melainkan lakukan beberapa hal yang bisa mengatasi untuk penyebab-penyebab tertentu. Kalau ingin mengetahui bagaimana caranya, silakan baca ulasan di bawah ini. Ini penjelasannya:

1. Baca Buku Panduan Pemakaian Remote

Terkadang remote mobil tidak berfungsi bukan karena rusak. Melainkan kamu tidak bisa menggunakan dengan benar. Makanya, kalau kasus semacam ini muncul, coba baca terlebih dahulu buku panduannya. Mungkin ada yang salah ketika menghidupkannya.

Luar biasanya lagi di buku panduan terdapat tutorial untuk memperbaiki remote. Cuma khusus untuk memperbaiki kerusakan yang ringan saja. Jadi kalau remote mobil kurang berfungsi jangan langsung dibuang. Siapa tahu kerusakannya hanya sepele dan kamu bisa memperbaikinya.

2. Ganti Baterai Remote

Kalau remote masih belum berfungsi dengan baik, bisa saja baterainya yang habis. Solusinya adalah membeli baterai yang baru. Namun tidak usah khawatir karena masa baterai cukup lama. Untuk pemakaian normal biasanya selama 3-4 tahun. Kecuali perangkat dibuat mainan.

3. Periksa Jalur Kabel ke Tombol

Cara mengatasi remote mobil tidak berfungsi berikutnya ialah, memeriksa jalur kabel yang ke tombol. Bisa saja komponen tersebut ada yang putus. Salah satu penanda ialah seluruh tombol remote sama sekali tidak berfungsi. Padahal baterai sudah diganti dan lampu indikator hijau. Kalau kamu tidak bisa memeriksa silakan minta bantuan mekanik bengkel.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi remote mobil tidak berfungsi. Kalau tidak ingin memakan banyak biaya, kamu harus ikut asuransi mobil. Memilih di Cek Premi yang pengalamannya cukup lama. Sampai menjadi rujukan di Indonesia. Maka dari itu, mari bergabung sekarang juga.

Pertanyaan Seputar Remote Mobil Tidak Berfungsi

Ada pertanyaan terkait remote mobil tidak berfungsi. Soal-soal ini yang paling sering ditanyakan oleh pengguna mobil. Ini pertanyaannya:

Apa Efek Remote Mobil Tidak Berfungsi?

Kalau remote mobil tidak berfungsi, tentu kamu tidak bisa mengunci pintu secara otomatis. Tak hanya itu, kamu juga tidak bisa mengaktifkan alarm kendaraan dari jarak jauh.

Bagaimana Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi?

Untuk mengatasi remote mobil tidak berfungsi, kamu harus tahu penyebabnya dulu. Kalau penyebabnya baterai yang rusak, maka tentu harus menggantinya. Akan tetapi kalau receiver yang rusak, maka pilihannya hanya membeli remote baru.

Remote mobil yang tidak berfungsi bisa mengurangi kenyamanan dan keamanan kendaraan Anda. Untuk menghadapi masalah seperti ini, penting untuk segera mencari solusi agar kendaraan tetap berfungsi optimal. Jangan lupa, kerusakan kecil seperti remote yang tidak berfungsi bisa berdampak besar jika tidak ditangani dengan benar. Pastikan kendaraan Anda terlindungi dengan asuransi mobil yang tepat.

asuransi mobil

Bergabunglah dengan Cek Premi sekarang! Sebagai penyedia asuransi mobil yang terpercaya di Indonesia, Cek Premi siap memberikan perlindungan maksimal untuk kendaraan Anda. Jangan tunggu sampai masalah besar muncul—amankan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terbaik hari ini. Klik di sini untuk mendapatkan penawaran khusus dan pastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima dengan asuransi mobil dari Cek Premi!