Pentingnya Rencana Keuangan sebelum Terjun ke Investasi

rencana keuangan

Anda mulai melek investasi? Sebelum memulai pastikan Anda telah menyusun rencana keuangan dengan matang. Banyak investor pemula yang gagal melanjutkan investasinya karena kekurangan modal atau salah ambil strategi. Kegagalan ini bisa terjadi tanpa adanya perencanaan keuangan pribadi yang tepat.

Jangan sampai angan-angan Anda untuk mencapai financial freedom atau tujuan hidup dari investasi terganggu karena kesalahan perencanaan. Kenali lebih lanjut apa saja pentingnya rancangan keuangan sebelum Anda terjun ke dunia investasi.

Pentingnya Menyusun Rencana Keuangan sebelum Investasi

Melansir dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, perencanaan keuangan menjadi alat yang bisa memenuhi kebutuhan keuangan baik di masa sekarang dan masa depan. Penyusunannya sendiri dipengaruhi dari segi kondisi yang sedang dialami saat ini dan sifatnya lebih spesifik.

Meskipun memperhatikan kondisi sekarang namun dalam penggunaannya rencana bisa disesuaikan kembali. Misalnya dengan rencana keuangan Anda bisa dengan mudah memilih investasi jangka panjang atau pendek. Begitu juga dengan profil risiko yang dimiliki sehingga Anda tidak salah pilih produk investasi.

Bukan hanya itu saja pentingnya perencanaan dalam keuangan sebelum investasi, beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan.

Kemudahan Alokasi Keuangan

Investasi tidak hanya dilakukan secara pribadi tetapi juga dalam bisnis. Supaya bisnis cepat berkembang, banyak yang memanfaatkan investasi. Sebelum itu Anda harus memiliki rencana dalam keuangan yang matang untuk memudahkan alokasi keuangan.

Adanya daftar perencanaan membuat Anda lebih mudah untuk alokasi kebutuhan-kebutuhan. Anda perlu membagi keuangan dalam daftar prioritas dan tidak, mengingat investasi sangat penting maka bisa masuk menjadi kebutuhan pokok. Dalam praktiknya Anda tinggal mengikuti anggaran yang telah ditentukan pada setiap posnya.

Fungsi dari alokasi keuangan ini adalah untuk menjaga kestabilan keuangan Anda. Jangan sampai investasi tertunda bahkan berhenti karena Anda tidak memasukkannya ke dalam daftar prioritas.

Meningkatkan Kemampuan Investasi

Sebagai pemula dalam dunia investasi Anda tentunya tidak akan memasang modal yang terlalu tinggi. Namun tidak dapat dipungkiri saat aktivitas investasi Anda meningkat maka perlu modal tambahan sehingga investasi bisa berjalan lebih baik.

Memiliki buku perencanaan keuangan yang jelas akan memudahkan Anda untuk meningkatkan modal tersebut. Tanpa harus mengganggu alokasi kebutuhan pokok lainnya, Anda dapat menjadi investor yang lebih handal. Tujuan investasi bahkan bisa meluas dan segera Anda capai.

Bahkan Anda bisa membeli lebih banyak produk investasi tanpa khawatir kehabisan modal. Inilah yang bisa membantu Anda cepat mendapatkan financial freedom. Jadi sebaiknya segera rencanakan keuangan Anda sekarang.

Mampu Investasi Jangka Panjang

Sulit untuk memproyeksikan keuangan jangka panjang tanpa memiliki rencana yang tertulis dan jelas. Apalagi jika Anda ingin memiliki tujuan investasi demi pensiun atau menyekolahkan anak sampai kuliah.

Investasi jangka panjang hanya mungkin dilakukan jika Anda sudah membuat rencana keuangan sebelumnya. Anda akan memiliki rencana yang akurat dan mengetahui seberapa besar risiko yang bisa muncul dan dihadapi. Pasalnya investasi jangka panjang bahkan sampai belasan tahun membutuhkan perencanaan yang detil.

Memudahkan Membuat Strategi Investasi

Pembuatan rencana dalam keuangan sebelum investasi nantinya akan memudahkan Anda tahu kemampuan ekonomi diri sendiri. Hal ini sangat penting untuk menentukan strategi investasi apa yang bisa Anda pilih serta profil risiko. Anda akan mengetahui apakah diri sendiri mampu melakukan investasi jangka panjang atau pendek.

Anda juga akan mengenali apakah termasuk dalam profil risiko konservatif, moderat hingga agresif. Mengingat strategi investasi ini harus terus menerusk dievaluasi maka Anda bisa melihat kembali rencana keuangan yang telah dibuat sebelumnya. Sesuaikan kembali rencana dengan strategi investasi yang akan diambil.

Meminimalisir Kerugian dalam Investasi

Rugi dalam investasi karena tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas? Atau Anda asal memilih produk investasi yang tampak menguntungkan? Semua itu disebabkan tidak adanya rencana dalam keuangan. Modal yang sudah Anda persiapkan sejak lama bisa saja hilang dan membuat keuangan menjadi kacau.

Jika tidak ingin mengalami kerugian investasi sebaiknya mulailah membuat rencana dalam keuangan. Anda bisa dengan tenang menentukan dan meraih tujuan yang sudah ditentukan dan lebih teliti memilih produk investasi.

Cara Membuat Perencanaan Keuangan yang Tepat

Ada banyak cara untuk membuat rencana keuangan dengan mudah. Selama Anda tidak menundanya yang mengakibatkan kerugian, maka ikuti beberapa cara berikut:

Mencatat Pendapatan Bersih

Supaya Anda tahu kondisi keuangan baik bisnis dan pribadi maka catatlah pendapatan bersih setiap bulannya. Baik itu dari segi gaji atau pendapatan lain dari bisnis yang telah Anda jalani.

Pendapatan bersih adalah penghasilan yang masuk setelah dipotong dengan biaya pajak hingga asuransi. Anda akan tahu berapa nominal penghasilan bersih Anda selama ini.

Mengalokasikan Dana Sesuai Prioritas

Selanjutnya Anda bisa memangkas penghasilan bersih tersebut atau membagikan menjadi kebutuhan bulanan sesuai prioritas. Dimulai dari kebutuhan pokok seperti makan, transportasi, investasi dan terakhir adalah gaya hidup.

Lebih mudahnya Anda bisa menerapkan metode 50% kebutuhan pokok, 20% kebutuhan tabungan termasuk investasi dan 30% untuk gaya hidup. Ada banyak metode alokasi yang bisa Anda terapkan dan di sini Anda akan tahu berapa budget investasi yang dimiliki.

Evaluasi Perencanaan Keuangan

Terakhir, rutinlah untuk melakukan evaluasi terhadap rencana yang sudah dibuat. Khususnya ketika Anda mengalami perubahan dalam hidup seperti menikah, memiliki anak, sudah mendapatkan pekerjaan tetap atau belum, perubahan ekonomi nasional dan masih banyak lagi.

Adanya evaluasi ini akan memudahkan Anda untuk merubah rencana keuangan bisnis atau pribadi. Termasuk juga perubahan terhadap alokasi investasi, kebutuhan pokok dan gaya hidup.

Rencanakan keuangan Anda mulai dari sekarang jika memiliki keinginan untuk berinvestasi. Investasi bukan hanya dalam bentuk deposito, emas, reksadana lho tetapi juga asuransi seperti asuransi mobil. Mengasuransikan mobil Anda akan memberikan perlindungan pada diri sendiri termasuk aset berharga yaitu mobil.

Kini untuk mencari perlindungan tersebut Anda bisa lebih mudah melakukannya melalui Cekpremi. Situs Cekpremi akan membantu Anda mendapatkan informasi seputar asuransi yang ada di Indonesia secara lengkap. Anda pun jadi lebih mudah membandingkan produk asuransi untuk mendapatkan yang paling tepat.

Segera rencanakan keuangan Anda dan tentukan produk asuransi mobil hanya dengan mengeceknya melalui Cekpremi.

Sumber:

Sikapi Uangmu