Bisnis & Finansial

10 Resolusi Finansial untuk Raih Financial Freedom di Awal Tahun

Bermimpi untuk bisa menikmati financial freedom? Mendekati penghujung tahun, Anda sebaiknya membuat resolusi finansial agar impian tersebut bisa tercapai di tahun 2024. Apabila masih banyak tujuan keuangan pribadi yang belum tercapai di tahun 2023 ini maka perencanaan yang matang harus dimulai dari sekarang.

Belum lagi dengan ketidakpastian pertumbuhan ekonomi global diprediksi masih terus berlanjut membuat Anda harus memasang strategi yang lebih tepat. Salah strategi justru membuat impian Anda semakin sulit dicapai. Lalu apa saja resolusi yang bisa dibuat?

10 Resolusi Finansial agar Financial Freedom Cepat Tercapai

Demi meraih kebebasan finansial, perlu adanya rencana untuk bisa mencapai tujuan keuangan jangka pendek hingga panjang. Rencana ini akan membantu Anda untuk memperbaiki keuangan pribadi dari tahun ke tahun. 

Jika biasanya Anda masih belum bisa mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan besar bahkan utang belum terlunasi, maka resolusi finansial harus sesegera mungkin dibuat. Apabila selama ini Anda masih kesulitan membuatnya, beberapa resolusi berikut bisa jadi acuan. 

Membedakan Daftar Kebutuhan dan Keinginan

Sudahkah Anda benar-benar memahami mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan? Jangan sampai keinginan lebih diutamakan daripada kebutuhan sehingga mengganggu keuangan pada akhirnya. 

Kebutuhan adalah hal wajib yang dipenuhi demi berlangsungnya hidup seperti makanan, transportasi, pakaian yang mana jika tidak dipenuhi dapat mengganggu kehidupan. Berbeda dengan keinginan yang belum tentu berhubungan dengan kebutuhan. 

Anda bisa meluangkan waktu membuat daftar kebutuhan dan keinginan kemudian teliti kembali apakah daftar tersebut sudah benar. Saat Anda sudah bisa membedakannya maka akan lebih mudah untuk merencanakan pengeluaran.

Menyusun Anggaran Keuangan

Resolusi finansial yang paling penting berawal dari penyusunan anggaran keuangan. Saat tujuan Anda adalah kebebasan finansial maka rencana anggaran ini haruslah efektif. Ada cara efektif untuk membuat anggaran ini jika Anda belum pernah melakukan sebelumnya. 

Pertama, hitung total pendapatan yang Anda miliki dari gaji pokok sampai sumber lainnya. Berdasarkan total penghasilan Anda bisa menentukan batas anggaran dengan daftar kebutuhan yang tadi telah dibuat. Batasan anggaran harus selalu dibuat karena akan membuat keuangan menjadi teratur. 

Memantapkan Diri untuk Berhemat

Yakinlah untuk tidak kalah dengan daftar keinginan yang Anda miliki agar bisa lebih berhemat. Hemat bukanlah sesuatu yang harus Anda takuti atau bahkan membuat malu karena demi kebaikan keuangan di masa depan. 

Ada banyak cara untuk bisa berhemat seperti mengurangi aktivitas nongkrong sehingga mengeluarkan banyak uang setiap bulannya. Anda juga bisa berhemat dengan membawa bekal ke tempat kerja. Bisa juga dengan selektif saat belanja kebutuhan dengan mencari produk promo. 

Menyisihkan Dana untuk Menabung

Anggaran kebutuhan sudah Anda miliki, namun dalam resolusi finansial Anda tidak boleh melupakan soal tabungan. Anda harus bisa menabung dengan lebih konsisten. Apalagi mengingat resolusi sebelumnya yaitu berhemat maka akan lebih mudah untuk menabung bukan? 

Jika pada tahun 2023 ini Anda belum membuat rekening terpisah untuk menabung maka di tahun 2024 buat rekening baru. Anggarkan uang tabungan bulanan beberapa persen dari gaji dan harus disiplin menerapkannya. 

Prioritaskan Melunasi Utang

Bagi Anda yang masih memiliki utang baik itu cicilan motor, mobil, atau pinjaman lainnya maka buat prioritas pada pengeluaran ini. Anggarkan utang dalam daftar kebutuhan pokok yang harus diutamakan pada tahun depan. 

Jika Anda sudah memiliki tabungan yang bisa menutup utang maka tidak perlu menunda lagi. Segera tutup utang Anda sehingga tidak memiliki tanggungan lagi dan bisa menabung secara leluasa. Bebas utang adalah langkah penting dari kebebasan finansial. 

Mempersiapkan Dana Darurat

Masih belum memiliki dana darurat? Memiliki dana darurat menjadi resolusi finansial yang harus segera dipenuhi. Pasalnya dengan dana ini Anda tidak perlu khawatir lagi soal pengeluaran besar yang harus dilakukan tiba-tiba.

Anda perlu menghitung berapa nominal dana darurat yang diperlukan, misalnya jika masih single maka dana yang tepat adalah 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan. Apabila Anda sudah berkeluarga maka dana darurat haruslah 9 kali lipat dari pengeluaran per bulan.

Mulailah Berinvestasi

Anda belum pernah berinvestasi? Jangan ragu untuk memulainya di tahun 2024. Investasi sebagai bentuk penting untuk menghasilkan keuntungan dari uang yang telah Anda kumpulkan selama ini. 

Pastikan saja produk investasi yang dipilih aman, terpercaya dan menguntungkan. Anda bisa menyesuaikan produk investasi ini dengan risiko yang siap untuk ditanggung. Baik itu emas, reksadana, deposito dan masih banyak lagi. 

Merencanakan Usaha Sampingan

Tidak ada yang memungkiri bahwa usaha sampingan bisa menambah pemasukan secara signifikan. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang memiliki penghasilan dari usaha sampingan lebih besar dari gaji pokok. 

Anda bisa mulai memikirkan usaha apa yang menarik dilakukan dari segi hobi, lingkungan dan sejenisnya. Memulai usaha sampingan kini juga lebih mudah karena segalanya lebih terjangkau melalui internet. 

Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Berkaitan dengan hidup hemat, Anda bisa mulai menerapkan gaya hidup minimalis sebagai resolusi finansial. Manfaat gaya hidup minimalis sangat luas, mulai dari lebih fokus pada kebutuhan, tidak terobsesi dengan keinginan, dan mengutamakan kualitas hidup. 

Anda bisa memulai hidup minimalis seperti belanja sesuai kebutuhan, kurasi barang yang sudah tidak digunakan, sampai dengan rutin menabung.  Anda juga bisa memakai kembali barang lama daripada harus membuang atau membeli yang baru. 

Memiliki Asuransi

Asuransi juga menjadi resolusi penting Anda pada tahun ini. Jika sebelumnya Anda tidak memiliki asuransi satu pun maka saatnya untuk mempertimbangkan untuk membelinya. Peran asuransi dalam resolusi finansial sangat besar karena Anda akan mendapat proteksi dari risiko yang bisa terjadi dalam kehidupan. 

Jenis asuransi yang paling harus Anda pertimbangkan adalah asuransi kesehatan. Risiko sakit atau tertimpa musibah yang berhubungan dengan kesehatan tidak bisa diduga kedatangannya. Risiko ini jugalah yang paling banyak menguras biaya. 

Demi mencapai kebebasan finansial, memiliki asuransi kesehatan menjadi manajemen risiko yang paling baik. Demi mempersiapkan asuransi kesehatan di masa depan, Anda bisa mencari produk-produk terbaiknya melalui Cekpremi

Cekpremi akan memudahkan Anda untuk mencari informasi sekaligus membandingkan mana asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Jangan tunggu risiko datang, Anda bisa cek asuransinya di Cekpremi. 

Referensi: 

Sikapi Uangmu

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024

10 Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa…

June 28, 2024

Mobil Listrik Ramah Lingkungan tapi Menguras Kantong, Benarkah?

Anda ingin beralih ke mobil listrik ramah lingkungan? Merasa khawatir kalau biaya maintenance-nya menguras kantong?…

June 26, 2024