Travel

Mau Mulai Roadtrip Tahun Ini? Intip Dulu Persiapannya

Bermimpi untuk bisa roadtrip keliling Indonesia? Wujudkan mimpi Anda di tahun ini dengan persiapan yang matang. Tidak harus langsung keliling Indonesia, Anda bisa memulainya dengan menetapkan beberapa destinasi yang tepat sebagai awalan. 

Pastikan juga bahwa kendaraan yang akan Anda gunakan dalam kondisi yang prima. Jangan sampai pengalaman travelling pertama Anda gagal karena kendaraan yang macet di tengah jalan. Sukses dalam liburan, Anda bisa simak apa saja persiapan selengkapnya. 

8 Persiapan Roadtrip yang Tidak Boleh Dilewatkan

Perencanaan yang matang dibutuhkan agar Anda tidak kekurangan saat sedang dalam perjalanan. Sebenarnya liburan dengan kendaraan pribadi ini tidak jauh berbeda seperti Anda yang bepergian menggunakan kereta, pesawat atau jalur laut. 

Ada perencanaan dari segi destinasi, itinerary sampai budget yang perlu diperhatikan. Tanpa persiapan yang matang liburan Anda bisa menjadi kacau. Beberapa persiapan berikut ini wajib Anda lakukan sebelum berangkat. 

  • Menemukan Partner Liburan yang Asyik

Lebih seru jika Anda melakukan roadtrip bersama dengan kerabat. Bagi Anda yang masih single bisa mencari tahu mana kerabat yang bisa menjadi partner terbaik dalam liburan kali ini. Biasanya mencari teman yang memiliki visi dan misi liburan sama sehingga perjalanan bisa lebih menyenangkan. 

Jika Anda sudah berkeluarga, tentu saja ajak keluarga Anda untuk berlibur. Namun pastikan kembali waktu dan persiapannya lebih matang. Apalagi jika Anda mengajak anak yang masih berusia di bawah lima tahun. 

Cukup banyak siapan roadtrip dengan balita yang harus diperhatikan, sehingga Anda tetap bisa menikmati liburan dengan nyaman. Tujuan dari liburan ini adalah agar keluarga atau kerabat semakin dekat jadi pilih partner secara bijak. 

  • Mempersiapkan Kesehatan

Liburan dengan kendaraan pribadi kali ini akan menguras cukup banyak tenaga, apalagi jika Anda akan menyetir sendiri. Kesehatan fisik dan mental harus dijaga terlebih dahulu, jangan sampai di tengah perjalanan Anda atau salah satu anggota keluarga mengalami drop. 

Jika memang tidak ada keluarga atau teman yang bisa menggantikan menyetir, selama perjalanan jangan ragu untuk istirahat jika Anda merasa lelah. Apalagi jika tempat wisata yang dipilih jaraknya cukup jauh atau antar pulau.

Demi menjaga kesehatan oleh karena itu persiapan kotak p3k harus siap sedia. Terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan khusus yang kerap menyerang seperti asam lambung atau alergi tertentu. 

  • Mempersiapkan Perbekalan

Anda mungkin menggunakan kendaraan pribadi biasa, bukan campervan yang relatif besar dan dilengkapi dapur hingga tempat tidur. Oleh karena itu perlu persiapan perbekalan yang lebih matang lagi. Anda perlu menyediakan air, makanan, kit darurat, alat untuk memelihara kendaraan, hingga pakaian dan perlengkapan tidur. 

Sediakan juga tas darurat yang berisi selimut hingga obat-obatan untuk menghadapi situasi darurat. Satu lagi yang paling penting adalah dokumen kendaraan seperti STNK dan juga SIM harus aktif. 

  • Kemas Perbekalan Seringkas Mungkin

Anda mungkin memiliki sederet perbekalan yang hendak dibawa, namun pastikan untuk mengemasnya seringkas mungkin. Buat daftar yang lebih singkat sehingga semua perlengkapan ini tidak memberatkan Anda dalam perjalanan. 

Pastikan perbekalan dikemas dengan baik dan mudah untuk diakses. Semua perbekalan juga harus bisa masuk ke dalam kendaraan Anda. Jangan sampai perbekalan ini justru membuat kendaraan Anda penuh dan tidak nyaman ditumpangi. 

  • Merancang Itinerary

Selain memperhatikan apa yang harus dibawa saat travelling, Anda juga perlu merencanakan itinerary. Semua hal yang berhubungan dengan kegiatan apa saja selama perjalanan hingga sampai di tempat wisata hingga perkiraan biaya yang dikeluarkan harus dicatat dan dirancang terlebih dahulu. 

Itinerary ini bisa disesuaikan dengan budget yang sudah Anda sediakan sehingga bisa lebih mudah memilih destinasi hingga wahana wisata apa saja yang ingin didatangi. Mulailah dengan menentukan destinasi kemudian waktu liburan, akomodasi hingga jadwal aktivitas. Jangan lupa buat juga rencana cadangan agar liburan tetap seru. 

  • Memesan Akomodasi Lebih Dini

Saat menyusun itinerary, Anda sebaiknya memesan akomodasi lebih yaitu sebelum mulai roadtrip. Apalagi jika destinasi wisata Anda terkenal sebagai tempat tujuan liburan wisatawan seperti Bali, Yogyakarta, Malang dan lainnya. Akomodasi biasanya cepat penuh di hari-hari libur, supaya tidak kehabisan Anda bisa memesannya dulu. 

Biasanya memesan lebih awal juga memudahkan Anda menemukan mana akomodasi yang sesuai dengan biaya liburan. Ditambah lagi memesan akomodasi saat ini mudah dengan melalui online, Anda tidak perlu repot menelepon penginapan satu per satu. 

  • Servis Kendaraan sebelum Berangkat

Persiapan roadtrip mobil yang paling penting adalah servis terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Selama servis kondisi mobil akan dicek terlebih dahulu sehingga Anda tahu betul apakah kendaraan siap untuk digunakan menempuh perjalanan jarak jauh. 

Beberapa pengecekan kondisi mobil yang patut Anda perhatikan antara lain ban harus dalam kondisi baik, oli, cairan wiper, air radiator, sistem pengereman hingga sistem keamanan. Jika kendaraan dalam masalah yang serius sebaiknya tunda untuk melakukan perjalanan. 

  • Mempersiapkan Dana Tidak Terduga

Budget liburan bukan hanya yang termasuk dalam itinerary saja. Anda juga perlu mempersiapkan dana tidak terduga di dalam budget liburan. Dana tidak terduga ini bisa digunakan apabila saat dalam perjalanan kendaraan mengalami masalah. Bisa juga digunakan ketika akomodasi yang dipilih kurang berkualitas sehingga harus pindah. 

Dana ini juga bisa digunakan seandainya Anda ingin memperpanjang waktu liburan sehari hingga dua hari. Maka Anda masih memiliki dana untuk digunakan selama roadtrip. Pastikan Anda mempersiapkan dana dalam bentuk tunai juga karena belum tentu tempat tujuan liburan selalu menyediakan sistem pembayaran secara digital. 

Satu lagi persiapan roadtrip yang tidak boleh Anda lupakan adalah soal asuransi perjalanan. Meskipun Anda tidak melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi namun asuransi ini sangat diperlukan untuk memberikan keamanan dan perlindungan. 

Apalagi jika Anda berangkat liburan dengan keluarga, memiliki asuransi perjalanan setidaknya memberikan jaminan terbaik. Anda bisa menemukan dan memilih sendiri asuransi perjalanan yang tepat melalui Cekpremi. Ada cukup banyak informasi produk asuransi perjalanan yang bisa Anda temukan sendiri dan sesuaikan dengan budget. 

Tidak perlu menunda lagi, Anda bisa mengunjungi Cekpremi sekarang sebagai salah satu persiapan roadtrip

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Begini Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung Supaya Sesuai Kebutuhan

Semakin hari kita dihadapkan dengan perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan suhu udara semakin tinggi dan…

July 5, 2024

8 Manfaat Peach Gum, Makanan Enak dan Baik Bagi Tubuh!

Peach gum belakangan ini memang sedang populer dikarenakan rasanya yang enak dan berbagai manfaat yang…

July 5, 2024

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024