Pemasangan Roof Box Mobil dan Cara Merawatnya

roof box mobil

Artikel ini membahas tentang roof box mobil. Pemasangan roof boxmobil sudah termasuk dalam kategori modifikasi dan membuat bobot kendaraan menjadi lebih berat dari aslinya. Pemasangan roof box dapat berpotensi melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ) pasal 50 Ayat 1, sebab sudah merubah tipe kendaraan bermotor. Sebenarnya kamu tetap bisa memasang roof box dan terhindar dari tilang. Pastikan kamu memasangnya sesuai aturan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

asuransi mobil

Kegunaan Roof Box

Roof box biasa digunakan oleh para pemudik berkendaraan pribadi yang ingin menambah kapasitas muatan barang. Padahal, sebenarnya penggunaan roofbox pada kendaraan memiliki peran yang cukup penting untuk menambah ruang penumpang. Penggunaan roof box tidak hanya terbatas saat mudik, tetapi juga sehari-hari. Roof box dapat digunakan untuk meletakkan barang belanjaan atau barang-barang ketika kamu bepergian.

Cara Pasang Roof Box yang Benar

  • Ketahui Beban Maksimal Atap Mobil

Sebelum memasang roof box, kamu perlu mengetahui beban maksimal atap mobil. Kemampuan menahan bobot atap mobil tentu berbeda-beda. Untuk itu kamu sebagai pemilik mobil harus memastikan bobot roof box beserta kapasitasnya. Pastikan tidak melebihi batas maksimal yang sudah ditentukan oleh pabrikan mobil tersebut. Rata-rata kapasitas atau kemampuan atap mobil dalam menyangga beban 70-90 kg.

  • Pilih Desain dan Ukuran yang Sesuai

Cara pasang roof box selanjutnya adalah dengan memilih ukuran dan desain yang sesuai dengan dimensi atap mobil. Dimensi yang tidak sesuai dapat mengganggu aerodinamika saat berkendara.

  • Pasang Roof Box dengan Benar

Posisikan cross bar secara seimbang kanan-kiri depan-belakang. Selain itu perhatikan juga baut-bautnya, pastikan sudah dalam keadaan kencang alias tidak kendor dan terpasang sesuai dengan posisinya agar roof bar tidak bergeser. Kemudian, pastikan posisi roof box sudah sesuai dengan dudukan pada roof bar. Lalu, pasang baut-bautnya dan kencangkan dengan sempurna.

  • Penuhi Barang di Roof Box

Pastikan barang yang ada di dalam roof box disusun dengan rapi dan sesuai kapasitas. Apabila barang yang ada di dalamnya hanya setengah dari kapasitas roof box, maka bisa berpindah atau terlempar-lempar di dalamnya. Tentunya akan berdampak pada kenyamanan berkendara karena akan menimbulkan bunyi.

Cara Merawat Roof Box

Pastikan setelah hujan atau perjalanan, bersihkan dan keringkan dengan baik roof box kamu. Selain itu, kamu jangan sampai lupa untuk membersihkan roof rack, roof rail, dan cross bar yang menjadi dudukan buat roof box. Sebaiknya setelah menggunakan roof box mobil, bagian-bagian tersebut dilepas dan langsung dibersihkan. Untuk membersihkan roof box dan komponen tambahannya, kamu bisa mencucinya dengan sabun kemudian dilap. Untuk cara lain, kamu juga bisa menyemprotkan cairan khusus yang banyak dijual di gerai otomotif.

Itulah penjelasan tentang roof box mobil yang perlu kamu ketahui. Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp 35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

asuransi mobil

Pertanyaan Seputar Roof Box Mobil

Apa fungsi roof box?

Fungsi roof box sebenarnya adalah untuk menyimpan barang agar kabin pada mobil tidak terlihat penuh, bukannya sebagai kompartemen tambahan untuk menyimpan sebuah barang.

Kenapa roof box dilarang?

Sebab secara otomatis pemakaian roofbox dapat menyebabkan rusaknya aerodinamika pada mobil terutama pada kecepatan tinggi.

Referensi:

Mobil123