Pengertian dan Cara Menghitung Rumus Median Beserta Contoh

rumus median

Bagaimana cara mencari Median atau nilai tengah? Dalam menentukan nilai tengah dari kumpulan data perlu menggunakan rumus Median (Me) atau kuartil. Caranya dengan mengurutkan dari data terkecil hingga terbesar guna menunjukkan pemusatan data.

Sebenarnya terdapat trio statistik yang populer di kehidupan sehari-hari, yaitu Mean, Median, dan Modus. Jika ingin lebih memahami tentang Median, Anda bisa menyimak pembahasan pada artikel di bawah ini.

Apa itu Median?

Apa itu Median? Meskipun pernah mendengar atau mempelajarinya mungkin Anda ingin mengenalnya lebih jelas. Median adalah nilai tengah dari deretan nilai yang tersusun mulai dari urutan data terkecil hingga data terbesar.

Dalam pengertian lain, Median merupakan nilai yang diperoleh dari membagi data menjadi dua bagian yang sama. Akan tetapi, pencarian nilai dari pembagian data ini harus mengurutkan data tersebut terlebih dahulu.

Selain itu, nilai Median tergantung pada data ganjil yang terdapat pada bagian tengah atau genap yang harus membagi data menjadi dua. Anda juga bisa menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data menggunakan rumus Median.

Apa Saja Jenis Median?

Sebenarnya pelajaran tentang Median (Me) atau kuartil tengah bukan hal yang asing lagi karena pernah mempelajarinya saat di bangku sekolah. Bahkan nilai tengah ini terdiri dari dua jenis sebagai berikut:

  • Data Tunggal

Pada trio statistik, mencari nilai tengah pada sekelompok data tergolong mudah terutama pada jenis Median data tunggal. Median data tunggal merupakan barisan data tunggal yang terdapat nilai tengah atau kuartil tengah.

Sebenarnya mencari Median data tunggal bisa menggunakan cara sederhana dengan berpatokan pada jumlah data tunggal tersebut. Berbeda lagi jika jumlah barisan angka tersebut genap, maka Anda perlu membagi dua data kemudian ambil bagian tengah.

Sebagai contoh, terdapat deretan angkat 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, maka Median dari bari angka tersebut adalah 6 karena letaknya di tengah. Rumus Median data tunggal memang tergolong mudah dan sederhana sehingga lebih mudah Anda pahami.

  • Data Kelompok

Jenis Median atau nilai tengah sendiri tinggal hanya terdiri dari satu jenis saja, namun juga ada Median data kelompok. Meskipun sama-sama mencari nilai tengah, Median data kelompok ini tergolong sedikit lebih sulit ketimbang mencari Median pada data tunggal.

Penyajian data pada Median kelompok ini biasanya dalam bentuk tabel frekuensi dan data yang sudah tersusun. Penyusunan dan pengelompokan data biasanya berdasarkan kelas interval sehingga perlu menggunakan rumus berbeda untuk mencari Mediannya.

Selain itu, pada Median data kelompok biasanya terdapat jarak antara data satu dengan data lainnya. Cara mengerjakan Median jenis ini akan lebih mudah dengan Ansa mengetahui frekuensi kumulatif dari data tersebut terlebih dahulu.

Cara Menghitung Rumus Median Data dan Contohnya

Median merupakan nilai tengah dari deretan data tunggal atau hasil bagi dua data genap yang terletak pada bagian tengah. Untuk mencari nilai tengah, Anda perlu menggunakan rumus Median sesuai penyajian jenis data tertentu.

Jenis dari Median sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu Median data tunggal dan Median data kelompok yang memiliki perbedaan pada penyajian data. Tidak hanya itu saja, cara menghitung Median menggunakan rumus berbeda sesuai dengan jenisnya.

  • Median Tunggal Genap

Data tunggal sama dengan data satuan yang terbagi menjadi 2 jenis, data tunggal ganjil dan data tunggal genap. Penyajian data tunggal sendiri masih sederhana beserta belum dikelompokkan pada kelas interval tertentu.

Tidak hanya perihal penyajian data, rumus yang Anda gunakan untuk mencari nilai tengah data tunggal genap tentunya berbeda dengan penentu data ganjil. Hal tersebut lantaran data tunggal genap biasanya menyajikan data yang memiliki 2 angka pada bagian tengahnya.

Sebelum menerapkan rumus Median pada data tunggal genap, sebaiknya Anda mengurutkan data dari kecil ke besar atau bisa sebaliknya. Kemudian bagi menjadi dua data dan pastikan jumlah data sisi kanan serta kiri sama sehingga menyisakan 2 angka pada bagian tengah dengan rumus:

Me= Xn/2+ X(n/2+1)2

Keterangan:

Me= Median.

X= Data urutan ke-.

n= Banyak data.

Contoh Soal: 6, 4, 10, 2, 8, 5

Penyelesaian: 2, 4, 5, 6, 8, 10

Rumus: Me= X 6/2+X(6/2+1)2 = 10

  • Median Tunggal Ganjil

Data tunggal memang tergolong lebih mudah untuk mencari nilai tengah ketimbang jenis Median yang lainnya. Mungkin tidak sedikit orang yang menganggap menentukan Median atau nilai tengah adalah hal sulit.

Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, salah satunya menentukan Median pada data tunggal ganjil yang terkenal mudah. Pasalnya, penyajian data pada jenis ini biasanya ganjil sehingga Anda bisa dengan mudah melihat atau menemukan nilai tengahnya.

Cara menentukan nilai tengah pada Media tinggal ganjil dengan cara mengurutkan data terlebih dahulu dari terkecil ke terbesar. Kemudian bagi dua data serta pastikan bagian sisi kanan maupun kiri terdapat satu angka pada bagian tengah.

Rumus:

Me= X(n+1)2

Me= Median.

X= Urutan data ke-.

n= Banyak data.

Contoh soal: 2, 4, 6, 8, 10

Penyelesaian: Me: X(5+1)2: 3, maka Median dari data tersebut adalah 6.

  • Median Data Berkelompok

Rumus Median kelompok atau data interval tentu saja berbeda dengan jenis Median tunggal ganjil ataupun Median tunggal genap. Salah satu perbedaan dari jenis Median data kelompok ini dapat Anda lihat dari penyajian data untuk mencari nilai tengah.

Biasanya penyajian data pada jenis kelompok ini berbentuk tabel frekuensi yang sudah tersusun sesuai kelas interval. Meskipun sudah tersusun, Ansa tidak bisa langsung menemukan nilai tengah atau Median dari data tersebut.

Anda tidak perlu mengurutkan data terlebih dahulu guna menentukan nilai tengah pada Median data kelompok. Pasalnya, Anda cukup menghitung data sesuai rumus Median sebagai berikut:

Me: Tb (1/2n-fkum)lfm

Keterangan:

Me= Median.

Tb= Tepi bawah kelas Me – 0,5.

Lfm= Frekuensi sebelum kelas Me.

Fkum= Jumlah frekuensi sebelum kelas Me.

Cara menghitung nilai tengah atau Median bisa Anda gunakan untuk menghitung kecepatan rata-rata kendaraan, misal akan membeli mobil. Tidak hanya mempertimbangkan masalah kecepatan mobil, namun Anda juga perlu memberikan proteksi lengkap menggunakan asuransi mobil terbaik.

Banyak informasi mengenai perusahaan asuransi terpercaya sebagai bahan pertimbangan dengan mengunjungi website cekpremi.com. Demikian ulasan tentang pengertian, jenis, hingga contoh soal dari penerapan rumus Median agar lebih mudah memahaminya.

Referensi:

Akseleran

Gramedia

Detik