Mengenal Rumus Right Issue dalam Dunia Saham

rumus right issue

Right issue adalah istilah yang digunakan dalam dunia saham untuk menggambarkan suatu penawaran saham yang diberikan kepada pemegang saham yang sudah ada dalam sebuah perusahaan. Dalam melakukannya, perusahaan menawarkan saham tambahan kepada investor yang telah ada berdasarkan rumus right issue.

Penawaran diberikan dengan harga diskon dibandingkan harga pasar saham saat itu. Tujuan dari right issue adalah untuk mengumpulkan modal tambahan bagi perusahaan. Dengan cara ini, perusahaan dapat mengeluarkan saham tambahan kepada pemegang saham yang sudah ada. Sehingga pemegang saham tersebut memiliki hak untuk membeli saham baru sesuai dengan proporsi kepemilikan mereka dalam perusahaan.

Right issue memberikan kesempatan kepada pemegang saham untuk memperkuat posisi mereka dalam perusahaan. Bisa juga untuk meningkatkan kepemilikan mereka tanpa harus membeli saham di pasar terbuka. Berikut penjelasan mengenai cara kerja, alasan melakukan, rumus right issue, serta keuntungan dan kerugiannya.

Begini Cara Kerja Right Issue

Perusahaan yang melakukan IPO akan memiliki banyak kalangan investor, baik itu individu maupun korporasi. Perusahaan dapat menerbitkan saham baru sekiranya dibutuhkan. Investor lama yang telah dan masih memegang saham perusahaan akan diprioritaskan untuk membeli saham baru tersebut. Meski begitu, investor yang lebih lama masih bisa memilih untuk membeli atau tidak pada saham ini.

Perusahaan biasanya menerbitkan saham right kepada investor yang ada secara proporsional. Misalnya saja ketika rasio perusahaan A yang menerbitkan saham baru dan membagikan saham kepada investor lama adalah 1 : 2. Itu artinya, Anda memiliki dua hak untuk membeli setiap saham baru yang diterbitkan tersebut.

Harga saham baru yang akan diterbitkan inilah yang disebut dengan harga right. Harga right seringkali ditawarkan lebih murah dari harga bursa, tapi terkadang bisa juga lebih mahal. Meski begitu, biasanya untuk memberikan keuntungan lebih kepada investor lama, perusahaan akan menawarkan harga yang lebih di bawah harga saham.

Mengapa Melakukan Penawaran Right Issue Saham?

Salah satu alasan utama perusahaan melakukan right issue adalah untuk mengumpulkan dana tambahan. Dengan menerbitkan saham baru kepada pemegang saham yang ada, perusahaan dapat mengumpulkan dana secara langsung tanpa harus mencari pihak eksternal seperti lembaga keuangan.

Bisa juga karena terkadang perusahaan tidak memiliki hak kembali untuk mengajukan hutang. Perlu diketahui, bahwa pada dasarnya tidak semua perusahaan yang melakukan right issue ini karena sedang mengalami kesulitan finansial. Melainkan, perusahaan dengan kondisi finansial yang baik juga bisa melakukan right issue.

Masalah-masalah right issue ini mungkin menjadi salah satu cara untuk meningkatkan modal tambahan perusahaan. Seperti halnya sebagai modal pendanaan untuk mendukung ekspansi, pembayaran utang, pengembangan produk, hingga investasi baru. Right issue juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan modal kerja.

Modal kerja ini merupakan dana yang digunakan perusahaan untuk memenuhi berbagai kebutuhan operasional sehari-hari. Seperti pembayaran gaji, persediaan, dan biaya operasional lainnya. Dengan mengumpulkan dana tambahan melalui right issue, perusahaan dapat memperkuat posisi keuangannya dan memastikan kelancaran operasionalnya.

Bagaimana Cara Menghitung Right Issue

Dalam menghitung rumus right issue, langkah pertama bisa dilakukan dengan permisalan. Misalkan saja right issue perusahaan A memiliki rasio 1 : 2. Untuk harga saham di tanggal terakhir cum right adalah sebesar Rp1.200,- dengan penentuan harga right dari perusahaan sebesar Rp1.000,-. Cara menghitungnya sendiri, Anda bisa menggunakan rumus di bawah ini.

Harga teoritis = {(1 x harga pasar reguler) + (2 x harga right)} : (1+2)

Jika demikian, perhitungannya berarti {(1×1.200) + (2×1.000)} : (3) = 1.066,67

Berdasarkan rumus right issue ini, bisa disimpulkan bahwa pada tanggal ex right, terjadinya peningkatan harga saham akan mengacu pada harga teoritis tersebut. Harga tersebut berarti Rp1.066,67 per lembarnya.

Keuntungan dan Kerugian

Right issue saham pastilah memberikan keuntungan maupun kerugian, baik itu bagi investor maupun perusahaan. Terdapat beberapa keuntungan yang akan para investor dapatkan, jika mengambil peluang atas penawaran right issue saham. Dalam right issue, harga saham yang ditawarkan kepada investor atau pemegang saham yang ada biasanya lebih rendah dari harga pasar saat ini.

Tentu saja, pengurangan harga tersebut memberikan kesempatan kepada investor untuk membeli lebih banyak saham. Penawarannya juga diberikan dengan harga yang lebih murah daripada harga pasar. Dengan memanfaatkan harga saham yang lebih rendah ini, investor dapat meningkatkan posisi investasi mereka dengan biaya yang lebih rendah.

Investor juga bisa mempertahankan proporsi kepemilikan sahamnya dalam perusahaan dan mengurangi efek dilusi dari right issue. Keuntungan lain bagi para investor ini adalah terkait jumlah saham yang dibelinya melalui right issue saham. Jumlahnya sebanding dengan jumlah saham yang investor miliki saat ini.

Selain itu, apabila investor atau pemegang saham ini tidak ingin menebus right issue, maka ia tetap bisa mendapatkan keuntungan dengan menjualnya kepada standby buyer. Namun perlu diingat, bahwa penjualan right issue hanya dapat dilakukan pada sesi 1 perdagangan saham di bursa dan investor juga harus melakukan perhitungan rumus right issue dengan benar.

Juga, selama periode trading yang sudah ditentukan sebelumnya. Namun disamping keuntungannya, ternyata penawaran right issue ini juga memiliki risiko. Mulai dari kemungkinan terjadinya kegagalan perusahaan dalam meraih target, hingga adanya kinerja perusahaan yang kurang baik.

Dimana hal ini bisa menyebabkan risiko kerugian yang investor maupun perusahaan alami. Investor bisa saja mengalami kerugian jika terjadi penurunan harga saham setelah dilakukannya right issue. Selain itu, kepemilikan saham investor (dalam %) juga memiliki potensi dilusi setelah right issue, apabila ia tidak menebusnya (exercise).

Bagaimanapun juga, setiap tindakan bisnis mempunyai risiko dan hasil akhirnya masing-masing. Begitu pula dengan right issue saham. Maka dari itu, baik investor maupun perusahaan, ada baiknya jika melakukan pertimbangan dan menggunakan rumus right issue secara matang.

Sebagai langkah proteksi finansial dari risiko kerugian tersebut, maka penting bagi Anda untuk memiliki jaminan proteksi melalui asuransi properti. Proteksi asuransi ini mampu mengcover risiko kerugian yang mungkin saja Anda alami di masa depan. Berbagai produk asuransi tersedia, dimana Anda harus memilih yang sesuai dan terpercaya.

Cekpremi menghadirkan berbagai jenis dan mitra asuransi terpercaya. Anda bisa mendapatkan informasi beserta rekomendasi produk asuransi terbaik melalui website resmi Cekpremi.com.

REFERENSI:

Stockbit

MNC Sekuritas

Tanam Duit

Fidelitas