Sakit Kepala Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

sakit kepala saat hamil

Selama masa kehamilan berlangsung, ibu hamil memang sering mengalami sejumlah gejala seperti badan pegal, mual, hingga sakit kepala. Jangan khawatir karena keluhan-keluhan tersebut wajar terjadi khususnya sakit kepala saat hamil. Namun pastinya hal tersebut membuat Anda tidak nyaman ‘kan?

Faktanya, menurut data Wolters Kluwer, 60% ibu hamil yang berusia kurang dari 40 tahun sering mengalami sakit kepala, apalagi pada usia kehamilan 20 minggu. Lalu apa saja penyebab dan cara mengatasinya?

8 Penyebab Sakit Kepala Saat Hamil

Meski wajar terjadi, tetapi keluhan sakit kepala kerap muncul bersama gejala dari masalah kesehatan lain yang dialami oleh bumil. Inilah kenapa Anda perlu mengetahui penyebab sakit kepala saat hamil 4 bulan sebelum berkonsultasi ke dokter kandungan. Dan berikut ini adalah informasinya.

  • Kadar Gula Rendah

Penyebab paling umum munculnya sakit kepala selama hamil adalah karena kadar gula rendah. Kondisi ini terjadi karena bumil tidak mencukupi asupan makanan dan gizi dengan baik. Sehingga pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dengan gizi yang sesuai kebutuhan ibu hamil.

  • Dehidrasi

Selain kadar gula rendah, dehidrasi juga bisa memicu sakit kepala saat hamil. Dehidrasi muncul ketika tubuh kekurangan cairan yang mungkin terjadi jika Anda kurang minum air. Salah satu gejalanya berupa sakit kepala parah. Sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 2 liter air putih setiap harinya.

  • Preeklampsia

Sakit kepala yang Anda alami mungkin saja merupakan gejala penyakit preeklampsia. Penyakit tersebut tentu akan mengganggu perkembangan janin. Adapun gejala yang muncul seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, penglihatan kabur, serta nyeri di sekitar perut.

  • Perubahan Hormon

Tahukah Anda, perubahan hormon juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala hamil 6 bulan yang umum dialami. Perubahan hormon ini biasanya muncul pada bumil dengan usia kandungan trimester awal kehamilan yaitu saat kadar hormon estrogen masih belum stabil.

  • Kurang Istirahat

Apakah selama mengandung Anda masih sering beraktivitas seharian? Pasalnya kurang istirahat akan membuat Anda sakit kepala. Meski kegiatan Anda padat, tapi jangan sampai melupakan istirahat dan tidur setidaknya 8 jam sehari demi menghindari sakit kepala saat hamil.

  • Kurang Bergerak

Jangan jadikan kehamilan sebagai alasan untuk malas-malasan. Pasalnya terlalu banyak tidur, duduk, atau berbaring justru menyebabkan penumpukan cairan di bagian-bagian tubuh tertentu. Anda tetap harus membiasakan diri melakukan olahraga karena dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah sakit kepala.

  • Konsumsi Makanan Tertentu

Tanpa Anda sadari, ternyata konsumsi makanan atau minuman seperti keju, MSG, cokelat, makanan manis, bahkan minuman berkafein akan meningkatkan risiko sakit kepala saat hamil. Bumil disarankan hanya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi saja agar menjaga kesehatan tubuh serta janin dalam kandungan.

  • Stress Emosional

Stress emosional selama hamil juga menyebabkan migrain bahkan bisa berdampak buruk bagi perkembangan janin. Sebisa mungkin Anda perlu menjaga kestabilan emosi setidaknya sampai si kecil lahir ke dunia dengan sehat.

9 Cara Ampuh Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

Sakit kepala saat hamil membuat kepala Anda terasa seperti ditusuk-tusuk yang sangat menyakitkan. Nah untuk mengatasi keluhan tersebut, Anda wajib melakukan sejumlah cara mengatasi sakit kepala berikut ini.

  • Minum Obat Sakit Kepala

Pastinya Anda tahu kalau ada banyak obat sakit kepala beredar di pasaran. Hanya saja, tidak semua obat aman untuk bumil. Biasanya paracetamol direkomendasikan oleh dokter sebagai obat sakit kepala untuk ibu hamil yang aman. Tapi sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu untuk mendapatkan resep dari dokter.

  • Kompres Bagian Belakang Leher

Ada obat sakit kepala ibu hamil yang lebih alami dan terjamin aman tanpa efek samping, yaitu dengan mengompres bagian belakang leher. Kompres hangat ini membantu melancarkan aliran darah di sekitar kepala sehingga efektif meredakan rasa sakitnya.

  • Rutin Olahraga

Seperti yang sudah dijelaskan, penyebab sakit kepala saat hamil adalah karena kurang gerak. Cobalah tetap aktif bergerak dengan melakukan olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, berenang, dan juga senam. Kabar baiknya, kebiasaan tersebut juga akan membantu melancarkan persalinan.

  • Latihan Relaksasi

Latihan relaksasi bisa dimulai dengan mengatur napas atau berbaring dengan kaki ditinggikan. Namun sebaiknya melakukan latihan relaksasi bersama instruktur olahraga atau yoga agar bisa sekaligus menemukan latihan relaksasi yang tepat.

  • Perbanyak Minum Air

Memperbanyak asupan cairan sangat efektif untuk meringankan sakit kepala dan migrain. Tidak hanya sampai di sana saja, minum air putih juga mampu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga Anda akan terhindar dari dehidrasi yang berbahaya bagi janin.

  • Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi sakit kepala saat hamil selanjutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Pasalnya sakit kepala bisa muncul akibat kurang tidur. Jika Anda mengalami insomnia, cobalah buat suasana kamar yang nyaman dengan mematikan lampu saat hendak tidur.

  • Kelola Stres dengan Baik

Stress berkepanjangan juga merupakan salah satu penyebab sakit kepala dan migrain. Mulailah mengatasinya dengan mengelola stress yaitu fokus pada hal-hal positif, ngobrol bareng pasangan, dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Dengan begitu, nantinya pikiran Anda akan menjadi lebih tenang dan menurunkan risiko sakit kepala.

  • Lakukan Terapi Pijat

Terapi pijat memang terkenal sebagai cara mengatasi sakit kepala yang aman dan manjur. Pijatlah bagian wajah, pundak, leher, kepala, hingga sekitar mata menggunakan teknik pijat efektif. Manfaatnya bisa mengurangi ketegangan otot di sekitar kepala.

  • Kurangi Konsumsi Garam

Konsumsi garam berlebih dalam makanan justru meningkatkan risiko hipertensi yang dimana gejalanya adalah sakit kepala. Makanan dengan kadar garam tinggi adalah fast food hingga daging olahan yang wajib Anda hindari selama kehamilan berlangsung.

Itulah sembilan cara mengatasi sakit kepala saat hamil. Selain itu, Anda juga perlu memiliki asuransi kesehatan demi menjamin setiap proses pengobatan yang Anda lakukan selama mengandung sang buah hati. Dan kini Cekpremi siap membantu Anda menemukan pilihan produk asuransi berkualitas.

Cekpremi adalah portal online yang bisa digunakan untuk membandingkan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi kesehatan bagi bumil. Cekpremi menyediakan pelayanan yang mudah, praktis serta tanpa ada biaya tambahan sepeserpun.

Pastinya rekomendasi yang diberikan merupakan produk asuransi pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan asuransi Anda. Oleh karena itu, ayo segera kunjungi website Cekpremi untuk menemukan produk asuransi kesehatan yang Anda butuhkan agar bisa mengatasi sakit kepala saat hamil.

Referensi:

Halodoc

Hello Sehat

Alodokter

Alodokter

Klik Dokter