Simak Kelebihan & Kekurangan Ceperin Mobil, Wajib Tahu!

Ceperin mobil

Melakukan modifikasi mobil, tentu saja hal yang wajar bagi siapapun yang ingin membuat mobilnya lebih keren dan tidak biasa-biasa saja. Salah satu pilihan modifikasi mobil yang banyak dilakukan oleh orang-orang adalah ceperin mobil. Mobil dengan ground clearance rendah, memang penampilannya terlihat lebih menarik namun sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan jika membuat mobil ceper seperti ini.

Modifikasi dengan membuat mobil ceper banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin membuat mobilnya terlihat lebih sporty. Bahkan sengaja membuat desain mobil ceper dari mobil yang biasanya dipakai sehari-hari. Meskipun terlihat lebih keren, apa saja kelebihan dan kekurangan membuat mobil diceperin?

Kelebihan Ceperin Mobil

Sebelum Anda melakukan modifikasi dengan ceperin mobil, ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dari melakukan hal ini.

1. Mobil Jauh Lebih Stabil

Kelebihan yang pertama yaitu mobil dibuat ceper memiliki kestabilan yang lebih baik, dibanding mobil dengan pusat gravitasi tinggi terutama ketika melewati jalan berkelok di tikungan. Ketika mobil Anda posisinya lebih rapat dengan tanah, maka efek pusat gravitasinya juga ikut rendah.

Karena efek pusat gravitasi yang rendah ini, membuat perjalanan jauh lebih nyaman bagi pengendara terutama saat di sirkuit.

2. Mobil Lebih Aerodinamis

Ceperin mobil juga bisa membuat aerodinamika mobil menjadi lebih baik apalagi untuk mobil yang masuk kategori mobil sporty. Alasannya karena mobil ceper bisa membuat aliran angin di bagian kolong mobil, lebih rendah saat berkendara.

Terutama jika Anda melewati jalan aspal maka mobil bisa mencengkram aspal jauh lebih baik. Tidak heran bila produsen mobil ceper, membuat desain mobil yang bisa mengurai aliran udara di bagian bawah mobil.

3. Menghindari Mobil Terguling

Mendesain mobil menjadi ceper ternyata juga punya manfaat yaitu menghindari mobil tidak mudah terguling, ketika terjadi tabrakan. Potensi mobil terguling jauh lebih kecil, bahkan saat berkendara dengan kecepatan tinggi atau berbelok pada tikungan.

See also Kekinian dan Ekonomis! 7 Mobil Anak Muda yang Hits dan Terbaru

4. Tampilan Mobil Lebih Modern

Anak muda terutama milenial, biasanya menyukai mobil dengan tampilan lebih menawan secara visual. Hal ini juga yang bisa didapat dari ceperin mobil karena penampilan mobil jadi lebih mengagumkan, akibat jarak fender dan dinding roda permukaan aspal tidak terpaut jauh.

Selain tampilan mobil ceper keren, mode ini juga punya sistem mesin yang jauh lebih bertenaga, mobil jauh lebih cepat dan dilengkapi aksesoris untuk meningkatkan daya tarik penampilan mobil ceper itu sendiri.

5. Kurangi Hambatan Udara

Sebagian orang memang menyukai mobil ceper bukan hanya soal penampilan, tapi posturnya yang lebih rendah akan membuat hambatan udara jauh lebih baik dibanding mobil yang punya postur tinggi.

Ceperin mobil memiliki angka Cd lebih kecil yang mempengaruhi gerak mobil. Jadi semakin kecil angka Cd mobil akan semakin maksimal bergerak dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Atau istilah mudahnya adalah mobil ceper juga punya pengaruh untuk menghemat bahan bakar kendaraan.

Kekurangan Ceperin Mobil

Sumber : https://elements.envato.com/cheerful-business-woman-washing-and-wiping-modern–AVBD79G

Meskipun punya banyak kelebihan, tentu saja melakukan ceperin mobil ada kekurangannya. Apa saja kekurangan modifikasi mobil ceper?

1. Tidak Praktis

Ketika mobil Anda sudah dimodifikasi dengan mode ceper, ternyata kurang praktis untuk mobil harian terutama yang dipakai bekerja setiap hari. Alasannya karena jalanan Indonesia kurang mendukung untuk mobil ceper yang dipakai harian sebab jalan tidak semuanya mulus.

Anda harus memikirkan apakah jalan yang dilewati setiap hari permukaannya baik atau tidak. Pikirkan juga apakah sering melewati hambatan jalan seperti polisi tidur atau tidak. Jika iya, maka sebaiknya urungkan niat untuk memodifikasi mobil ceper karena akan merepotkan hidup Anda.

2. Mobil Sulit Didongkrak

Ban mobil tiba-tiba pecah di jalan raya tentu saja tidak terelakan. Ternyata untuk ganti ban pecah dengan ban serep pada mobil ceper harian, punya tantangan tersendiri.

See also Pentingnya Merawat Timing Belt dan Kapan Waktu Menggantinya

Alasannya karena Anda nantinya cukup sulit menemukan posisi tumpu saat akan memasang dongkrak. Bahkan bukan tidak mungkin Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mendongkrak mobil saat ganti ban serep.

3. Kurang Nyaman

Sebelumnya disebutkan bahwa mobil ceper nyaman dipakai terutama untuk mobil sporty di arena sirkuit, namun berbeda jika untuk dipakai harian. Kembali lagi karena kondisi jalanan biasa dan lintasan sirkuit pasti berbeda.

Jalanan biasa yang dilewati dengan mobil ceper lebih sensitif. Terutama jika jalanan yang Anda lewati kurang mulus, akan memberikan efek guncangan yang lebih terasa. Untuk antisipasi bisa juga dengan mengetahui jarak aman mobil ceper dengan aspal jalanan untuk meminimalisir guncangan.

4. Suspensi Kurang Awet

Ceperin mobil ternyata kurang baik untuk usia komponen suspensi. Ini karena mobil modifikasi dengan ceper akan membuat penggunaan komponen kaki-kaki menjadi lebih besar. Otomatis bagian kaki-kaki mobil harus bekerja lebih ekstra dengan modifikasi ceper.

Beban ekstra yang meningkat tadi bisa mengurangi umur pemakaian komponen bagian kaki tersebut. Alhasil untuk mobil harian, maka Anda harus ganti suspensi lebih cepat dari waktu biasanya.

5. Bodi Mobil Mudah Rusak

Modifikasi dengan ceperin mobil ternyata juga bisa berdampak pada bagian body mobil. Kekurangan mobil ceper karena bagian kolong lebih rendah, otomatis bagian bawah rentan bergesekan dengan aspal. Apalagi saat Anda melewati jalan berlubang atau hambatan jalan seperti polisi tidur.

Bodi mobil yang rentan bergesekan dengan aspal itu bisa merusak bagian bemper baik depan maupun belakang, knalpot mudah penyok sampai kerusakan pada side skirt.

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan modifikasi ceperin mobil, bisa ditarik sebuah kesimpulan. Kesimpulannya adalah mobil yang dimodifikasi dengan mode ceper sebaiknya mobil sport yang digunakan untuk di arena balapan.

See also Cek Ukuran Panjang Mobil Avanza sebelum Membuat Garasi

Sementara untuk mobil harian yang dipakai setiap hari, kurang disarankan untuk diceperin karena bisa mengurangi usia spare part mobil dan juga kurang nyaman dipakai berkendara apalagi untuk mobil keluarga.

Memberikan perlindungan lebih untuk kendaraan tentu saja sangat penting apalagi ketika Anda sering berkendara baik harian maupun melakukan perjalanan jauh. Untuk Anda yang ingin berikan perlindungan pada mobil pastikan pilih asuransi mobil terbaik lewat Cekpremi.

Cekpremi membantu Anda untuk menemukan banyak pilihan asuransi mobil dari perusahaan terbaik dengan premi terjangkau. Bahkan Anda bisa mendapatkan diskon premi untuk membuat pengeluaran biaya asuransi jauh lebih hemat dengan Cekpremi.



Sumber :

IDN Times

Cinta Mobil