Pengertian Simbol Flowchart, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

simbol flowchart

Flowchart atau diagram yang akan menampilkan tahapan dalam suatu proses kerap digunakan sebagai panduan. Di dalamnya terdapat berbagai simbol flowchart yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Simbolnya memiliki standar tersendiri agar mudah dipahami oleh semua orang baik itu yang membuat dan membacanya. Sampai saat ini flowchart paling sering digunakan dalam dunia pemrograman karena efektif dan efisien untuk mengembangkan software. Apa saja jenis simbol dan fungsinya?

Apa Itu Simbol Flowchart

Secara umum flowchart adalah metode yang digunakan untuk menampilkan sebuah proses secara intuitif. Setiap flowchart memiliki simbol-simbol dengan fungsi masing-masing yang akan menjelaskan aktivitas tertentu.

Cara membaca dan pembuatan flowchart sendiri adalah mengalir yaitu dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan. Standar khusus yang digunakan untuk menetapkan diagram sekaligus simbolnya dibuat oleh American National Standards Institute (ANSI) pada tahun 1960-an.

Seiring berjalannya waktu, International Organization for Standardization (ISO)kemudian merujuk pada standar atau simbol yang ditetapkan oleh ANSI. Standar inilah yang digunakan sampai saat ini dalam pembuatan flowchart.

Mengenal Fungsi Flowchart

Mengacu pada pengertiannya, fungsi utama dari flowchart adalah untuk memberikan gambaran sebuah alur atau proses. Alurnya akan ditampilkan dalam bentuk simbol yang merupakan gambar supaya informasi yang disampaikan lebih mudah untuk dipahami.

Apabila ditelaah lebih lanjut maka ada beberapa fungsi secara spesifik dari flowchart dalam pemrograman yaitu:

  • Menampilkan Proses Pengembangan Perangkat Lunak dengan Terperinci

Flowchart berfungsi untuk menampilkan alur dari pengembangan perangkat lunak. Baik itu analisis kebutuhan, coding, pengujian sampai dengan implementasi akan ditampilkan.

Flowchart juga menjadi presentasi awal suatu algoritma sampai dengan proses tertentu yang terperinci. Simbol flowchart yang sesuai standar akan membantu mempermudah pemahamannya.

  • Menyederhanakan Pemrograman

Pemrograman memiliki banyak tahapan yang cukup kompleks. Oleh karena itu diperlukan rancangan terlebih dahulu yang ditampilkan dalam bentuk flowchart. Diagram ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai logika program yang akan dibuat.

Baik itu ketika ingin merancang program yang baru atau memberikan fitur tambahan, flowchart sangat dibutuhkan oleh programer agar tidak salah langkah. Nantinya flowchart akan digunakan untuk memudahkan komunikasi antar tim untuk meminimalisir kesalahan.

  • Mendokumentasikan Perangkat Lunak

Adanya flowchart akan membantu pendokumentasian perangkat lunak yang akan dibuat. Dokumentasi ini akan menjadi acuan utama dalam pengembangan perangkat lunak agar pengembangan jadi lebih produktif.

Apabila terjadi kesalahan maka bisa melihat kembali pada diagram yang sudah dibuat untuk mengecek simbol flowchart yang sudah dibuat dan bisa mulai memperbaiki.

Ragam Jenis Flowchart

Sebelum masuk ke simbol flowchart, perlu dipahami dulu bahwa saat ini ada beberapa jenis flowchart yang sering digunakan dalam pemrograman.

  • Flowchart Program

Jenis yang pertama ini sudah pasti akan digunakan dalam pembuatan perangkat lunak atau pemrograman. Ada dua macam yang bisa dibuat yaitu flowchart logika program dan flowchart program komputer terinci.

Flowchart program akan digunakan dalam visualisasi alur kerja sebuah program dengan detail. Oleh karena itu tahapan pengkodean di pengembangan perangkat lunak bisa dilakukan dengan mudah.

  • Flowchart Sistem

Merupakan flowchart yang akan menampilkan alur kerja sistem keseluruhan. Programer yang akan melakukan analisis pengembangan perangkat lunak biasanya akan mengacu pada flowchart ini. Seluruh urutan dari prosedur dalam sistem akan tampil dalam diagram.

  • Flowchart Proses

Disebut dengan proses karena diagram akan dibuat untuk menampilkan alur kerja sebuah prosedur pemrograman. Ketika ingin membuat pengkodean maka flowchart ini akan sangat dibutuhkan. Rincian dari analisis langkah selanjutkan dalam sistem atau prosedur akan tampil dalam diagram ini.

  • Flowchart Dokumen

Disebut juga dengan paperwork flowchart yang isinya adalah alur kerja dokumen di suatu sistem. Lebih sering digunakan untuk tahapan dokumentasi pengembangan perangkat lunak.

Programer akan menggunakan flowchart dokumen ini untuk mengecek alur form di semua bagian sistem. Termasuk pencatatan laporan hingga penyimpanannya.

  • Flowchart Skematik

Mirip dengan flowchart sistem, hanya saja simbol yang digunakan dalam pembuatan diagram sedikit berbeda. Ada tambahan gambar komputer dan peralatan yang digunakan demi memudahkan identifikasi.

Jenis-Jenis Simbol Flowchart

Pada saat ingin membuat flowchart maka memahami makna dari masing-masing simbol sangatlah penting. Hal ini akan mempermudah orang yang membuat dan membacanya.

Berikut ini beberapa jenis simbol yang paling sering digunakan.

  • Flowline

Simbol yang merupakan anak panah ini berfungsi untuk menunjukkan arah proses dan menghubungkan dua blok. Arahnya bisa ke bawah atau ke samping sesuai dengan aliran diagram.

  • Terminal

Simbol ini berfungsi untuk menampilkan awalan dan akhiran dari sebuah diagram. Simbol yang sangat penting karena menunjukkan titik awal dan akhir dari suatu proses.

  • Process

Merupakan simbol yang menampilkan langkah di sebuah tahapan dan jadi yang paling sering untuk digunakan.

  • Decision

Berfungsi untuk menampilkan informasi langkah selanjutnya yaitu pernyataan ya atau tidak.

  • Input atau Output

Simbol input output ini bertujuan untuk menampilkan informasi memasukkan atau mengeluarkan data eksternal.

  • Off-Page References

Berfungsi untuk menghubungkan dua lembar flowchart berbeda. Biasanya digunakan untuk flowchart yang kompleks seperti flowchart skematik dan proses.

  • Database

Sesuai dengan namanya, simbol ini berfungsi untuk menunjukkan tempat penyimpanan data di suatu sistem.

  • Document

Simbol yang jadi presentasi dokumen, catatan atau data yang memiliki keterkaitan dalam sebuah proses atau sistem yang hendak dibuat.

  • Annotation

Simbol yang digunakan untuk menunjukkan informasi tambahan dalam langkah di proses tersebut.

  • Predefined Process

Bertujuan untuk menampilkan proses yang sudah ditentukan sebelumnya dan sering digunakan. Simbol ini memudahkan pemahaman akan konteks yang lebih luas karena adanya pengulangan.

  • Delay

Simbol yang digunakan untuk menunjukkan waktu penundaan atau tunggu dalam sistem yang sedang berjalan.

  • Alternate Process

Simbol yang menampilkan proses atau tahapan alternatif ketika terjadi kegagalan sistem apabila muncul masalah tertentu.

Tertarik untuk menjadi programer? Anda harus mengetahui semua jenis simbol flowchart dan fungsinya sebagai dasar keterampilan yang utama. Programer adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati saat ini karena penghasilan yang diperoleh tergolong tinggi.

Bahkan impian membeli mobil dalam waktu singkat pun bisa terwujud. Bagi Anda yang berhasil membeli mobil, jangan lupa untuk memiliki pula asuransi mobil. Pastikan Anda mengecek dan membandingkan asuransi terlebih dahulu di Cekpremi.

Cekpremi akan memudahkan Anda dalam memilih mana asuransi mobil yang tepat sesuai kebutuhan. Pastikan mobil Anda mendapat perlindungan terbaik melalui asuransi.

Sumber:

Dicoding

Zen Flow Chart

Sekawan Media

Mamikos

Tekno Kompas