Simulasi Perhitungan Premi Asuransi Mobil – All Risk dan TLO

simulasi asuransi mobil

Hal utama yang paling dikhawatirkan sebelum mengambil polis asuransi mobil adalah harga premi. Kita takut jika ternyata preminya begitu tinggi. Maka dari itu, penting untuk melakukan simulasi asuransi mobil.

Hal ini dikarenakan setiap mobil dikenakan biaya premi asuransi yang berbeda-beda. Simulasi asuransi mobil adalah prosedur untuk menghitungkan berapa besar jumlah premi asuransi mobil yang harus dibayar untuk polis. Nah, ada banyak faktor yang menentukan premi asuransi tersebut seperti jenis asuransi mobil (all risk atau TLO), harga mobil, tahun mobil, atau nomor pelat kendaraan Anda.

Lalu, bagaimana cara melakukan simulasi asuransi kendaraan? Melakukan perhitungan atau simulasi asuransi mobil caranya mudah. Anda tak perlu ribet datang ke kantor perusahaan asuransi mobil atau bertemu petugas perusahaan asuransi, karena dengan menggunakan website CekPremi.com, Anda sudah bisa mengetahui harga premi asuransi mobil Anda.

Cukup dengan menggunakan smartphone atau laptop, Anda sudah bisa mengetahui besaran biaya premi asuransi mobil Anda. Untuk penjelasan lengkapnya, simak artikel ini, yuk.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil

Sebagai informasi perhitungan premi telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan surat edaran Nomor 6 /SEOJK.05/2017. Di bawah ini adalah hasil rangkuman dari besaran tarif premi asuransi mobil berdasarkan wilayah.

Adapun tarif premi atau kontribusi didasarkan pada lokasi Anda dengan pembagian sebagai berikut:

  • WILAYAH 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya;
  • WILAYAH 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten; dan
  • WILAYAH 3: Selain WILAYAH 1 dan WILAYAH 2.

Sementara itu terkait keterangan kategori harga mobil:

    • Kategori 1, yaitu Rp0 – Rp125 juta
    • Kategori 2, yaitu lebih dari Rp125 juta – Rp200 juta
    • Kategori 3, yaitu lebih dari Rp200 juta – Rp400 juta
    • Kategori 4, yaitu lebih dari Rp400 juta – Rp800 juta
    • Kategori 5, yaitu lebih dari Rp800 juta

Sebagai informasi, Batas Bawah dan Batas Atas disebut sebagai rate. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabelnya.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil All Risk (Comprehensive)

Tabel di bawah ini resmi dikutip dari situs resmi OJK.

Asuransi mobil all risk menawarkan perlindungan secara keseluruhan. Dengan kata lain, jenis kerusakan yang di-cover mulai dari kerusakan kecil, seperti goresan halus, penyok, hingga kerusakan besar seperti tabrakan, yang mengakibatkan bodi mobil berubah bentuk.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Tabel di bawah ini resmi dikutip dari situs resmi OJK.

perhitungan premi asuransi mobil tlo

Asuransi mobil TLO memberikan perlindungan pada mobil akibat pencurian dan kerusakan apabila biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Faktor yang Memengaruhi Premi Asuransi Mobil

Sebelum Anda melakukan simulasi asuransi mobil, alangkah lebih baiknya jika Anda ketahui dulu apa saja faktor yang mempengaruhi angka premi asuransi mobil. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan sangat bisa memahami mengapa mobil satu premi asuransinya lebih murah daripada mobil lainnya.
Sebenarnya, banyak sekali faktor yang digunakan oleh perusahaan asuransi mobil untuk menentukan premi asuransi mobil Anda. Akan tetapi, secara umum, berikut ini faktor yang paling menentukan.

Tipe Mobil

Apakah mobil Anda termasuk mobil kelas premium? Jika ya, ada kemungkinan premi asuransi mobil Anda mahal. Dengan asumsi, ketika terjadi kerusakan, biaya perbaikan dan juga pembelian sparepart mahal. Itulah alasan mengapa premi asuransi mobil premium atau mewah itu mahal.

Namun, ada kalanya mobil kelas premium justru preminya murah. Ada pertimbangan lain yang digunakan oleh perusahaan asuransi ketika melakukan simulasi asuransi mobil. Biasanya, mobil mewah memiliki fitur keamanan yang super canggih. Hal ini membuat risiko kecelakaan dan juga risiko pencurian mobil bisa ditekan. Karena inilah perusahaan berani memberikan premi yang murah.

Nah, ada angka tengah antara harga sparepart atau biaya perbaikan yang tinggi dengan fitur keamanan yang super lengkap. Di sinilah perusahaan angka menentukan angka premi yang tepat. Yang pasti, semakin mewah sebuah mobil, premi asuransinya semakin tinggi. Tidak selalu demikian. Karena perusahaan tidak hanya mempertimbangkan satu hal tapi banyak hal lainnya.

Tahun Pembuatan

Coba Anda tebak mana yang lebih mahal antara mobil yang masih baru dengan mobil yang sudah tua? Jika jawaban Anda adalah mobil yang baru, jawaban Anda salah. Justru mobil yang semakin tua dikenakan premi asuransi lebih tinggi.

Kok bisa? Karena risiko rusak lebih tinggi pada mobil tua. Kalau mobil baru, mesin masih bagus. Risiko rusak rendah. Maka dari itu, saat melakukan simulasi asuransi kendaraan, perusahaan akan menanyakan tahun pembutan mobil Anda.

Tipe Asuransi

Tahukah Anda bahwa ada 2 tipe asuransi yang ditawarkan? Yang pertama adalah tipe asuransi All Risk. Artinya, semua kerusakan, entah itu kecil maupun besar ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Begitu juga dengan risiko kehilangan.

Sementara itu, tipe yang kedua, yaitu tipe TLO atau Total Loss Only hanya menanggung kerusakan besar dan juga kehilangan. Mana kira-kira yang paling mahal? Jelas yang tipe pertama, yaitu tipe asuransi All Risk.

Akan tetapi, tidak mesti tipe All Risk ini yang terbaik. Sesuaikan dulu dengan kebutuhan Anda. Caranya dengan simulasikan harga premi asuransi mobil dan pilih mana yang paling sesuai dengan anggaran keuangan Anda.

Umur

Banyak yang tidak menyangka jika perusahaan asuransi mempertimbangkan faktor usia ketika menentukan premi asuransi. Ini yang harus Anda perhatikan. Alasannya karena perbedaan risiko kecelakaan antara pengemudi yang masih muda dengan yang sudah tua. Untuk pengemudi muda yang masih muda, biasanya risiko kecelakaan saat berkendara tinggi. Oleh sebab itu, saat melakukan simulasi asuransi kendaraan, preminya tinggi.

Lain hal jika pengemudi sudah berusia matang. Emosi sudah stabil serta pengalaman berkendara sudah bagus membuat perusahaan tidak perlu terlalu khawatir.

Penggunaan Mobil

Premi asuransi mobil pribadi dengan mobil kantor atau dinas beda. Biasanya, lebih mahal premi asuransi mobil pribadi. Namun, ini bukan satu-satunya yang diperitimbangkan. Perusahaan asuransi juga melihat penggunaan mobil. Walaupun mobil kantor, jika frekuensi penggunaannya sering, maka bisa saja permi asuransinya tinggi.

Setidaknya 5 faktor tersebut yang mempengaruhi premi asuransi mobil. Lalu, kira-kira berapa premi asuransi mobil Anda?

Simulasi Perhitungan Premi Asuransi Mobil

Sebagaimana telah disebutkan, setiap mobil memiliki harga premi asuransi yang bervariatif. Secara garis besar, premi asuransi mobil TLO dan All Risk dihitung dengan cara:

Premi asuransi mobil = Rate Asuransi Mobil x Harga Mobil

Simulasi Perhitungan Asuransi Mobil All Risk (Comprehensive)

Apabila Anda ingin mendaftar asuransi mobil All Risk, berikut adalah contoh simulasi asuransinya. Di sini CekPremi mengambil contoh jenis mobil Suzuki All New Ertiga dan mobil berdomisili atau dibeli di DKI Jakarta.

  • Harga mobil Suzuki All New Ertiga tipe GX – AT = Rp243.850.000
  • Pelat nomor mobil DKI Jakarta: Wilayah 2
  • Rate asuransi berdasarkan tabel di atas: 2,08 persen

Maka, biaya preminya adalah 2,08 persen x Rp243.850.000 = Rp5.072.080.

Simulasi Perhitungan Asuransi Mobil TLO

Sementara itu, apabila Anda ingin mendaftar asuransi mobil TLO, berikut adalah contoh simulasi asuransinya.Berikut adalah contoh simulasi asuransi mobil. Di sini CekPremi mengambil contoh jenis mobil Suzuki All New Ertiga dan mobil berdomisili atau dibeli di DKI Jakarta.

  • Harga mobil Suzuki All New Ertiga tipe GX – AT = Rp243.850.000
  • Pelat nomor mobil DKI Jakarta: Wilayah 2
  • Rate asuransi berdasarkan tabel di atas: 0,44 persen

Maka, biaya preminya adalah 0,44 persen x Rp243.850.000 = Rp1.072.940

Harga premi asuransi mobil All Risk dan TLO tersebut masih berupa perkiraan karena nantinya ada biaya tambahan seperti biaya administrasi, biaya polis, materai, dan biaya lainnya. Bahkan, ada pula layanan asuransi yang mempertimbangkan lokasi, usia pengemudi, jenis jaminan, rekam jejak kredit, dan usia pengemudi sebagai faktor penentu besaran premi.

Untuk mempermudah perhitungan, manfaatkan simulasi perhitungan premi asuransi mobil dari CekPremi.

Langkah 1: Kunjungi halaman produk Asuransi Mobil CekPremi

simulasi asuransi mobil cekpremi

Anda bisa menggunakan smartphone, tablet, atau laptop untuk mengakses situs tersebut. Kemudian, Setelah masuk ke halaman Asuransi Mobil CekPremi seperti di atas isi data-data mobil yang Anda miliki. Jangan sampai salah memasukkan data, ya.

Isi tahun kendaraan, merek mobil,, tipe, seri, kode plat, dan penggunaan mobil. Kemudian, pilih asuransi mobil jenis apa yang Anda inginkan bisa Total Loss Only atau All Risk (Comprehensive). Klik Cek Premi Sekarang.

Langkah 2: Buat Akun atau Login

Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman daftar. Apabila Anda belum memiliki akun silakan masukkan nama, e-mail, dan nomor handphone yang aktif seperti gambar di atas . Sementara bagi Anda yang sudah memiliki akun klik Masuk dan masukkan nomor handphone dan password Anda.

Langkah 3: Pilih Asuransi Mobil yang Anda Inginkan

asuransi mobil all risk cekpremi

Apabila Anda sudah sukses mendaftar atau login, Anda akan ditampilkan berbagai produk asuransi mobil yang sesuai dengan tipe mobil dan domisili Anda. Contohnya seperti pada gambar di atas. Jika Anda sudah menentukan produk mana yang akan Anda beli, klik Beli seperti contoh di atas.

Langkah 4: Proses Asuransi Mobil Anda

kalkulator premi asuransi mobil

Setelah klik Beli, Anda akan melihat detil asuransi mobil Anda. Kalau ada perluasan, akan dicantumkan, sementara jika tidak statusnya tidak ada perluasan. Jangan lupa cek nama, alamat email, dan nomor hp Anda. Masukkan juga alamat Anda.

Kemudian, pilih metode pembayaran. Cek Premi menyediakan metode pembayaran:

  • Virtual Account BCA, BNI, BII MayBank, BRI, CIMB Niaga, Hana Bank, Mandiri, dan Permata
  • Kartu kredit dengan pembayaran penuh
  • Kartu kredit dengan pembayaran cicilan

Mudah, kan? Yang terpenting, pilih jenis dan produk asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuaikan juga dengan kemampuan finansial Anda. Pada dasarnya mengasuransikan mobil bertujuan untuk terhindar dari kerugian finansial akibat kerusakan atau kehilangan mobil. Segera lakukan simulasi asuransi mobil dan pilih tipe asuransi yang tepat!

Perlindungan dan Perluasan Asuransi Mobil

Memiliki asuransi mobil berarti Abda sudah memiliki perlindungan atas risiko yang mungkin akan terjadi di masa depan seperti kecelakaan atau kehilangan mobil. Pada umumnya, asuransi mobil akan memberikan ganti rugi terhadap kecelakaan kendaraan baik itu yang mengakibatkan mobil lecet atau kecelakaan yang membuat mobil rusak berat.

Jadi, dengan premi yang Anda bayarkan (periode pembayarannya bulanan atau tahunan tergantung perusahaan asuransi yang Anda pilih), Anda tidak perlu khawatir lagi dengan risiko yang tidak terduga.

Selain kecelakaan atau kehilangan, asuransi mobil juga memberikan perluasan manfaat. Perluasan manfaat di sini maksudnya risiko-risiko di luar dari risiko utama. Untuk lebih detil mengenai risiko utama, Anda bisa melihat perbedaan asuransi mobil all risk (comprehensive) dan total loss only (TLO).

Sementara itu, terkait perluasan risikonya meliputi:

  • Kerusuhan dan huru hara
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga
  • Kecelakaan diri/penumpang
  • Bencana alam
  • Terorisme dan sabotase
  • Layanan darurat, seperti mobil derek, biaya medis dan ambulans

Istilah dalam asuransi mobil

Ketika membeli asuransi mobil untuk pertama kali, mungkin Anda bingung dengan istilah dalam asuransi yang Anda baca di polis atau halaman produk kami. Untuk itu, ada baiknya mengetahui beberapa istilah dalam asuransi mobil. Istilah ini dapat berguna ketika Anda tengah bernegosiasi atau akan membaca polis yang diberikan pihak asuransi.

  • All risk/komprehensif, asuransi mobil untuk mengganti seluruh kerusakan, baik kerusakan ringan maupun rusak berat, hingga kehilangan. Semuanya ditanggung oleh pihak asuransi.
  • Layanan darurat/ERA (emergency road assistance), layanan dari asuransi untuk mendatangkan bantuan apabila montir pergi ke tempat di mana pengemudi terjebak saat kendaraan mengalami kerusakan.
  • Harga pasaran, harga kendaraan hasil penjualan apabila dijual di pasar berdasarkan merek, tipe, lokasi, dan tahun pembelian yang sama sebelum terjadi risiko kehilangan, atau kerusakan.
  • Personal accident/kecelakaan diri, perlindungan terhadap kerugian yang disebabkan kecelakaan kendaraan bermotor yang menyebabkan kematian atau keadaan cacat tetap kepada pengemudi atau penumpangnya.
  • Simulasi asuransi mobil, prosedur untuk menghitungkan berapa besar jumlah premi asuransi mobil yang harus dibayar untuk polis.
  • Polis, perjanjian yang mengikat dan disetujui pihak perusahaan asuransi dan pemegang polis secara tertulis.
  • Premi, sejumlah uang yang harus dibayarakan sebagai kewajiban dari pemegang polis asuransi kepada perusahaan asuransi.
  • Risiko sendiri/own risk (deductible), biaya atau nilai beban kerugian dari pihak tertanggung yang harus ditanggung sendiri.
  • Tertanggung, pihak yang secara sah tercantum dalam polis asuransi yang mengalihkan risiko ke pihak lain dan menerima manfaat dari polis dengan membayar premi.
  • Total Loss Only (TLO), jenis asuransi mobil yang memberi jaminan atas kehilangan mobil atau kerusakan dengan nilai kerugian mencapai lebih dari 75 persen dari harga mobil