Properti

Simak! Plus Minus Smart Door Lock untuk Rumah Anda

Smart door lock semakin terkenal semenjak banyak digunakan dan ditampilkan pada drama-drama Korea Selatan. Rumah hingga apartemen dengan pintu yang bisa dibuka dengan sensor sidik jari, password, sensor wajah hingga otomatis dari ponsel pun semakin banyak. 

Kunci pintu pintar digadang-gadang bisa membantu dan memudahkan pemilik hunian untuk keluar masuk. Selain itu juga terkenal aman, apakah benar? Anda yang tertarik untuk menggunakan kunci pintu pintar ini bisa mencari tahu seluk beluk kelebihan dan kekurangannya. 

5 Kelebihan Rumah dengan Smart Door Lock

Bukan hanya pintu dorong saja, kunci pintu pintar ini juga bisa digunakan pada pintu geser dan jenis pintu lainnya. Bagi Anda yang tertarik menggunakannya, pastikan bahwa jenis produk yang dipilih bisa digunakan dengan berbagai cara. Tujuannya agar jika salah satu cara gagal Anda bisa menggunakan cara lainnya. 

Selama menggunakan smart door lock Anda akan merasakan beberapa keuntungan yang menjadi kelebihannya sebagai berikut:

Akses Buka Pintu Semakin Praktis

Kini Anda bisa membuka pintu kapan saja dengan mudah karena sudah disediakan berbagai cara untuk membukanya. Anda bisa memilih sesuai dengan yang dibutuhkan berdasarkan fitur yang tersedia, baik itu membuka menggunakan kata sandi, sensor wajah sampai sidik jari. 

Kepraktisannya membuat Anda tidak perlu pergi membawa kunci rumah. Anda juga tidak perlu takut kunci rumah hilang sewaktu-waktu di jalan. Begitu juga tidak perlu takut kunci pintu patah di lubang kunci yang membuat Anda harus memanggil tukang kunci. 

Kapan saja Anda pergi dan pulang pintu rumah akan terbuka dengan sangat mudah. Tinggal manfaatkan fitur kunci pintu pintar sesuai dengan yang sudah Anda pilih. 

Bisa Digunakan untuk Berbagai Material Pintu

Baik itu smart door lock 2 pintu atau 1 daun pintu semua tersedia, begitu juga untuk pintu bermaterial kaca, kayu bahkan besi. Hal ini memudahkan Anda untuk memasangnya pada pintu yang tersedia di rumah atau hendak Anda buat. 

Anda bisa lebih bebas memilih pintu tanpa harus khawatir apakah bisa materialnya akan cocok dengan kunci pintu pintar. Tinggal sesuaikan saja desain handle pintu dengan material dan desain daun pintu yang akan Anda buat. 

Pemantauan Keamanan Bisa Jarak Jauh

Bisa diakses melalui smartphone membuat Anda bisa memantau pintu rumah dari jarak jauh. Anda akan tahu apakah pintu sudah terkunci, siapa saja yang sudah mengaksesnya dan berbagai informasi soal keamanan lainnya. 

Kunci pintu juga menyediakan alarm yang akan tersambung pada notifikasi pada ponsel. Jadi Anda bisa tahu apakah tadi sudah menutup pintu dengan benar atau belum. Bahkan ada juga informasi status baterai kunci pintu sehingga memudahkan Anda untuk mengganti baterainya. 

Pengaturan Pengguna Pintu

 Satu hal yang paling menarik adalah adanya pengaturan pengguna pintu. Anda sebagai pemilik hunian dapat membatasi siapa saja yang boleh dan tidak mengakses pintu. Misalnya saja Anda hanya mengaktifkan sistem buka pintu dengan sensor wajah

Maka hanya wajah yang sudah didaftarkan saja dapat membuka pintu. Hal ini sangat membantu menjaga keamanan rumah hingga apartemen Anda. Tidak heran dengan adanya kelebihan pintu, kunci pintu pintar juga kerap digunakan pada perkantoran. 

Desainnya yang Indah

Smart door lock merupakan produk berteknologi modern, oleh karena itu desain dari handle pintu juga telah disesuaikan. Semua produsen telah menciptakan produk dengan desain yang indah sehingga Anda tidak perlu bingung untuk menyesuaikannya dengan desain hunian. 

Warna pun sangat beragam mulai dari hitam, putih sampai abu-abu dan perpaduan warna lainnya. Daun pintu juga akan tampak indah dengan tambahan kunci pintu pintar ini. 

3 Kekurangan Smart Door Lock

Bukan hanya mengenali kelebihan, supaya objektif Anda juga perlu memahami apa saja kekurangan yang bisa menjadi risiko. Meskipun daftar kelebihannya cukup panjang namun ada beberapa kekurangan dari kunci pintu pintar yaitu:

Harga yang Relatif Mahal

Berbeda dengan handle pintu konvensional yang harganya ratusan ribu rupiah, kunci pintu pintar bisa Anda dapatkan dengan harga jutaan rupiah. Beberapa produsen bahkan mematok harga sampai Rp2.500.000 yang relatif sangat tinggi. 

Tidak heran dengan harga seperti ini, kunci pintu pintar biasanya digunakan untuk rumah-rumah mewah. Desain dan juga kelengkapan fitur biasanya yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga. 

Perlu Teknisi Ahli untuk Memasang dan Memperbaiki

Anda tidak dapat memasang kunci pintu pintar ini sendiri seperti halnya kunci konvensional. Ada sistem elektronik di dalamnya sehingga hanya teknisi ahli yang bisa memasang begitu juga dengan perbaikannya. Biasanya produsen akan menjual produk lengkap dengan proses pemasangan sehingga Anda tidak perlu khawatir. 

Apabila terjadi kerusakan Anda juga hanya bisa bergantung dengan teknisi. Produsen smart door lock terbaik biasanya akan memberikan waktu garansi setelah pembelian. Jadi jika Anda mengalami kerusakan bisa mengandalkan garansi yang telah disediakan. 

Bergantung dengan Listrik dan Internet

Hal ini tentu jadi kekurangan yang perlu Anda perhatikan, kunci pintu pintar hanya bisa beroperasi dengan listrik. Artinya ada daya yang dibutuhkan, sejauh ini biasanya baterai akan digunakan agar kunci pintu pintar dapat beroperasi bukan listrik rumah. 

Jika Anda memilih kunci pintu pintar dengan fitur tersambung pada ponsel maka perlu juga adanya internet di rumah. Saat jaringan internet tidak stabil maka akan sulit untuk mengecek keamanan pintu melalui ponsel. Ketergantungan ini bisa membuat fungsi kunci tidak optimal. 

Jadi apakah Anda siap untuk menggunakan smart door lock di rumah atau apartemen? Demi menghindari risiko, pastikan saja bahwa daya selalu terisi penuh dan dapatkan kontak teknisi yang bisa sewaktu-waktu mudah dihubungi. 

Sama halnya dengan manajemen risiko dari penggunaan kunci pintu pintar, Anda juga harus memiliki manajemen risiko dari pemeliharaan rumah secara keseluruhan. Anda perlu memiliki asuransi properti untuk melindungi hunian sekaligus menjaga keuangan dari risiko yang kapan saja bisa terjadi. 

Pemilihan asuransi properti kini semakin mudah dengan hadirnya Cekpremi. Anda tinggal pilih saja mana asuransi properti sesuai dengan kebutuhan dari informasi yang didapatkan di Cekpremi. Tidak perlu menunggu rumah mengalami risiko, dapatkan perlindungan dengan memilih asuransi melalui Cekpremi sekarang juga. 

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024

10 Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa…

June 28, 2024

Mobil Listrik Ramah Lingkungan tapi Menguras Kantong, Benarkah?

Anda ingin beralih ke mobil listrik ramah lingkungan? Merasa khawatir kalau biaya maintenance-nya menguras kantong?…

June 26, 2024