Lifestyle

Panduan Memilih dan Menggunakan Smart Speakers di Rumah

Smart speakers bukan hanya menjadi produk pengeras suara biasa melainkan sebuah alat elektronik yang bisa dioperasikan lewat perintah suara dari jarak jauh. Produk speaker pintar ini dioperasikan dengan AI assistant dan juga voice command serta tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan mendengar atau memutar musik saja. Karena produk speaker pintar ini menggunakan AI, jadi sudah pasti membutuhkan koneksi internet dalam penggunaannya dan hanya akan bekerja maksimal pada lingkungan dengan koneksi WiFi. 

Produk elektronik yang tergolong ke perangkat pintar ini bahkan bisa dijadikan sebagai kepala bagi perangkat pintar lainnya di rumah. Karena Anda hanya tinggal memasukkan perintah lewat speaker, lalu bisa mengolah berbagai perangkat pintar yang terpasang di rumah. Untuk menemukan produk smart speakers yang kualitasnya bagus di pasaran, pastinya Anda memerlukan beberapa cara bijak dalam memilihnya. 

Memilih Smart Speakers

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menemukan pilihan speaker pintar yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitasnya bagus. 

  • Tentukan AI Assistant

Smart speakers adalah produk elektronik pintar yang  menggunakan AI assistant, maka penting bagi Anda untuk memilih berdasarkan AI paling praktis untuk Anda gunakan. Umumnya ada tiga pilihan AI assistant yang bisa dipilih yaitu Google Assistant, Amazon Alexa dan Siri. Untuk Google Assistant dan Amazon Alexa merupakan produk yang bersifat open, jadi banyak digunakan bahkan oleh user yang bukan produsen dari Google dan Amazon. 

Sementara untuk Siri adalah produk eksklusif Apple, jadi bisa dipastikan bahwa Apple Homepad merupakan satu-satunya speaker pintar yang menggunakan AI assistant dari Siri. Anda juga wajib memilih AI assistant berdasarkan aplikasi yang digunakan. Tentu saja Google assistant akan mendukung semua aplikasi Google dan sebaliknya Alexa akan mendukung semua aplikasi Amazon namun ada pula pilihan speaker yang mendukung kedua AI tersebut. Mungkin AI assistant dari Google akan jadi pilihan lebih banyak user Indonesia, karena unggul dalam hal update kabar terkini dan juga sudah mendukung penggunaan bahasa Indonesia. 

  • Memiliki Koneksi Beragam

Berikutnya cara memilih smart speakers yang tepat adalah dengan memperhatikan koneksi dari produk tersebut apakah bervariasi atau tidak. Apalagi bagi Anda yang memang ingin menghubungkan speaker dengan berbagai perangkat. Umumnya speaker pintar menggunakan koneksi Wi-Fi, namun pastikan memilih yang mempunyai ragam koneksi seperti misalnya bluetooth hingga koneksi kabel.

Koneksi dengan bluetooth cocok sekali untuk Anda yang memang menggunakan banyak perangkat dan juga lebih simple karena bisa dihubungkan ke tablet atau smartphone dan perangkat lainnya tanpa jaringan internet. Namun kekurangannya adalah bluetooth memiliki jarak koneksi lebih pendek dari wi-fi dan rentan intervensi. 

Chromecast dan Airplay kemungkinan cocok untuk Anda yang suka streaming musik lewat aplikasi karena koneksinya wireless dan tidak membutuhkan aplikasi khusus. Koneksi satu ini memiliki cara kerja mirip casting dari HP ke TV. Sementara itu ada juga koneksi dengan wired atau kabel, yang cocok sekali jika Anda ingin menghubungkan speaker ke TV. Karena sudah pasti koneksi dengan kabel jauh lebih lancar tanpa gangguan untuk best home smart speaker .

  • Cek Spesifikasi Smart Speakers

Smart speakers yang Anda miliki juga wajib dicek spesifikasinya apakah sudah sesuai kebutuhan atau tidak. Produk speaker pintar ini dapat menerima perintah suara. Namun pastikan produk yang Anda pilih memiliki microphone yang berkualitas sehingga tidak susah untuk menangkap suara. Pastikan speaker yang Anda pilih memiliki banyak mikrofon, agar dapat menangkap suara lebih banyak pula dari berbagai arah. 

Selain itu pilih juga microphone dengan fitur yang mudah dinonaktifkan untuk menjaga privasi. Selain fitur microphone, perhatikan juga dari sisi ukuran driver dan bass respon apalagi jika memilih produk pengeras suara yang ingin digunakan untuk hiburan. Semakin besar ukuran driver frekuensi speaker akan semakin kuat dan suaranya juga semakin realistis. 

Jika Anda mengutamakan suara bass, maka cek spesifikasi speaker yang berhubungan dengan bass. Karena jika semakin rendah potongan frekuensi speaker maka frekuensi akan lebih rendah dan produksi suara bass akan semakin akurat. 

Cara Penggunaan Smart Speakers

Setelah mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih smart speakers, pastikan pula untuk tahu cara penggunaan produk satu ini. Berikut akan dijelaskan cara kerja speaker pintar secara sederhana.

  1. Untuk memulai, maka Anda sebagai pengguna harus memanggil produk ini dengan wake world. Karena teknologi ini merupakan kata kunci untuk mengaktifkan sistem dengan komando suara. Misalnya jika memilih menggunakan Google Assistant maka wake word yang dibutuhkan adalah “Hi, Google.”
  2. Cara kerja smart speakers, jika sudah aktif maka Anda sudah bisa langsung memberikan perintah suara. Perintah suara dari Anda akan langsung direkam kemudian dikirim ke server. Pada tahap ini pengaplikasian teknologi cloud computing sangat diperlukan sebagai tempat pemrosesan data.
  3. Kemudian rekaman suara yang dikirim ke server akan diterjemahkan ke teknologi Speech to Text, di mana merupakan bahasa pemrograman untuk mengumpulkan teks lalu diolah agar memberikan jawaban yang tepat.
  4. Untuk menghasilkan output yang sesuai maka diaplikasikan teknologi NLP atau Natural Language Processing pada produk smart speakers. NLP merupakan cabang ilmu AI yang bisa mengolah dan menganalisis bahasa manusia agar dipahami oleh bahasa komputer.
  5. Jika sudah diolah dan sistem sudah menemukan jawaban yang sesuai, maka teks hasil pengolahan akan dikonversi menjadi suara dengan teknologi Text to Speech kemudian dikirim dari server ke speaker untuk menghasilkan suara yang Anda dengar sebagai jawaban dari perintah yang dikeluarkan.
  6. Adapun produk speaker pintar ini mengAndalkan sistem machine learning. Di mana semakin sering Anda berinteraksi dengan speaker pintar maka speaker akan semakin pintar.

Tentu sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara memilih dan menggunakan smart speakers. Produk speaker pintar ini merupakan salah satu aset yang penting di rumah karena harganya sudah pasti tidak murah, maka harus dijaga dan dirawat agar tidak mudah rusak. Sama halnya dengan memiliki aset properti, mana Anda tidak hanya harus merawat barang tersebut namun juga memberikan perlindungan dengan punya asuransi properti.

Anda bisa memilih asuransi properti terbaik dengan membandingkan lewat portal online Cekpremi. Di Cekpremi sudah pasti Anda akan menemukan pilihan asuransi dari perusahaan terbaik yang sudah terjamin dan terdaftar di OJK. Ada banyak pilihan perusahaan asuransi yang cukup populer di kalangan masyarakat dan menjadi pilihan terbaik. 

Meitha Kurniawati

Recent Posts

10 Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak

Masih ingat kisah tentang Si Kancil, atau cerita tentang bawa merah bawang putih? Atau apa…

June 28, 2024

Mobil Listrik Ramah Lingkungan tapi Menguras Kantong, Benarkah?

Anda ingin beralih ke mobil listrik ramah lingkungan? Merasa khawatir kalau biaya maintenance-nya menguras kantong?…

June 26, 2024

Apa Saja Syarat Sah Perjanjian? Ini Jawabannya!

Syarat sah perjanjian merupakan suatu hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kita ingin…

June 25, 2024

Mendaftar Asuransi Kesehatan pada Waktu yang Tepat

“Sehat itu mahal”, begitulah kata banyak orang sering menyebutnya. Kesehatan merupakan investasi yang sangat penting…

June 25, 2024

Istimewa, Inilah Mobil Paling Dicari dan Langka Tahun Ini

Setiap orang memang memiliki selera yang berbeda-beda tentang mobil. Namun ternyata masyarakat banyak yang memiliki…

June 24, 2024

10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Banyaknya perusahaan asuransi mobil yang menyediakan asuransi kendaraan bermotor mungkin membuat Anda bingung dalam memilih…

June 20, 2024