Cara Mengisi BBM di SPBU Self Service yang Mudah Bagi Pemula

spbu self service

Hadirnya layanan SPBU self service di beberapa daerah berhasil mendapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia. Setiap orang bisa melakukan pengisian bahan bakar hingga transaksi pembayaran sendiri tanpa perlu bantuan operator SPBU.

Akan tetapi, masih banyak pemilik kendaraan yang belum terbiasa melakukan pengisian bahan bakar sendiri atau masih kaku. Berikut penjelasan tentang cara mengisi BBM sendiri yang cocok bagi pemula sehingga bisa menggunakan layanan self service di SPBU.

10 Cara Mengisi BBM di SPBU Self Service

Cara mengisi BBM di SPBU biasanya dengan memberitahukan jenis bahan bakar dan nominal pembelian sehingga operator akan langsung melayani. Namun, sekarang sudah hadir layanan pengisian bahan bakar sendiri tanpa perlu bantuan operator.

Sebagian besar masyarakat menyambut baik adanya layanan pengisian bahan bakar sendiri di SPBU yang sama seperti di luar negeri. Cara mengisi BBM sendiri di SPBU juga tidak kalah mudah dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

Pilih Jenis Bahan Bakar

Perlu Anda ketahui, SPBU self service baru tersedia di beberapa daerah saja sehingga belum menyeluruh. Jika di daerah Anda sudah tersedia layanan tersebut, maka Anda bisa langsung mengisi bahan bakar sendiri dengan mengunjungi SPBU terdekat.

Sebenarnya SPBU tipe self service tidak jauh berbeda dengan SPBU biasa, baik jenis dan bahan bakar yang tersedia. Anda bisa memiliki salah satu jenis bahan bakar yang akan digunakan pada kendaraan

Siapkan Uang atau Alat Pembayaran

Meskipun mengisi bahan bakar sendiri, Anda tidak perku khawatir salah memasukkan jenis bahan bakar karena ada keterangan di setiap dispenser. Setelah memilih jenis bahan bakar tang akan Anda gunakan pada kendaraan, siapkan yang tunai atau kartu debit alat pembayaran lainnya.

Tidak hanya bisa mengisi BBM sendiri, Ansa juga bisa langsung melakukan berbagai transaksi sendiri sebelum mengisi bahan bakar. Menyiapkan uang tunai atau alat pembayaran terlebih dahulu dapat meminilisir terjadinya antrean panjang karena terlalu lama menunggu.

Beritahu Operator SPBU

Pastikan memilih jenis bahan bakar yang tepat atau sesuai jenis kendaraan agar kendaraan bisa beroperasi dengan baik. Kemudian beritahu operator SPBU self service yang berada dekat dispenser bahan bakar jika Anda ingin mengisi BBM jenis tersebut.

Dengan memberitahu operator, maka operator akan memberikan pengarahan terkait cara mengisi BBM sendiri dan menginput nominal pembelian. Penginputan nominal pembelian bahan bertujuan untuk memastikan jumlah bahan bakar yang masuk ke kendaraan sesuai nominal tersebut.

Lakukan Pembayaran sesuai Nominal

Meskipun SPBU sudah menggunakan self service bukan berarti tidak ada operator yang akan mengawasi dan membantu. Tetap ada operator SPBU yang berjaga untuk memastikan kondisi tetap aman serta bisa langsung memberikan bantuan ketika terdapat konsumen yang bermasalah.

Setelah memilih jenis bahan bakar, Anda bisa langsung mengikuti antrean hingga tiba giliran untuk memberitahu operator. Operator akan memasukkan nominal sesuai keinginan, lalu Anda bisa melakukan pembayaran terlebih dahulu secara tunai atau non tunai.

Arahkan Kendaraan Dekat Dispenser BBM

Prosedur pengisian BBM di SPBU self service sebenarnya sama seperti SPBU biasa hanya saja Anda bisa mengisi sendiri tanpa bantuan operator. Meskipun demikian, tetap ada operator yang akan membantu ketika Anda kesulitan melakukan pengisian.

Metode pembayaran di SPBU juga sudah beragam sehingga Anda bisa melakukan pembelian bahan bakar dengan mudah dan cepat. Setelah berhasil melakukan pembayaran, Anda bisa langsung mendekatkan kendaraan dengan dispenser agar terjangkau selang.

Arahkan Selang ke Tangki Kendaraan

Bahkan saat ini ada cara isi bensin pakai aplikasi guna memberi kemudahan pada masyarakat yang memiliki kendaraan. Jika baru pertama kali menggunakan layanan self service di SPBU, Anda tidak perlu takut atau grogi karena berisiko bahan bakar tercecer.

Anda bisa mengisi bahan bakar sendiri setelah melakukan pembayaran dengan mendekatkan kendaraan. Buka terlebih dahulu tutup tangki kendaraan, kemudian arahkan selang pada tangki tepat masuk lubang.

Mulai Mengisi Bahan Bakar

Meskipun sudah membayar, namun bahan bakar tidak akan keluar melalui selang tanpa melakukan scanning barcode terlebih dahulu. Biasanya operator SPBU self service akan memberikan struk berisi barcode untuk menjalankan mesin pengisian bahan bakar.

Sebaiknya jangan langsung membuang struk yang Ansa dapat sebelum mengisi bahan bakar, scan barcode setelah memasukkan selang ke tangki. Maka, mesin akan mengeluarkan bahan bakar melalui selang ketika Anda tarik tuasnya.

Jaga Jarak dengan Kendaraan

Anda bisa memegang selang dan menarik tuas secara tenang agar bahan bakar bisa masuk ke tangki kendaraan dengan lancar. Jika Anda ragu-ragu atau merasa grogi ketika mengisi bahan bakar, maka proses pengisian akan memakan waktu lama sehingga menyebabkan antrean panjang.

Tidak hanya itu saja, ketika mengisi bahan bakar Anda juga harus menjaga jarak dari kendaraan namun masih terjangkau. Hal tersebut berguna untuk menjaga diri agar tidak terkena bensin ketika ada cipratan keluar.

Berhenti Mengisi Ketika Sudah Penuh

Kehadiran SPBU self service tentu memiliki kelebihan tersendiri, seperti membuat lebih hemat biaya dan waktu. Bahkan Anda bisa melakukan transaksi pembelian hingga pengisian bahan bakar sendiri tanpa perlu bantuan operator SPBU.

Cara mengisi bahan bakar sendiri juga tergolong mudah, Anda hanya perlu mengarahkan selang pada tangki kendaraan yang sudah terbuka tutupnya. Kemudian scan barcode dan tarik tuas pada selang, lalu lepaskan tuas selang ketika sudah penuh atau aliran sudah berhenti.

Keluarkan dan Tiriskan Pompa Bahan Bakar

Saat ini sudah ada SPBU self service terdekat yang bisa Anda kunjungi meskipun belum tersedia di berbagai daerah secara menyeluruh. Cara mengisi bahan bakar juga mudah, setelah selesai mengisi sebaiknya keluarkan dan tiriskan selang lalu kembali ke posisi semula.

Selain menggunakan jenis bahan bakar terbaik untuk merawat performa mobil, Anda juga perlu mendaftarkan pada asuransi mobil terbaik. Dengan asuransi, perawatan dan perbaikan mobil lebih terjamin dengan proses yang cepat dan mudah.

Bingung mau cari perusahaan asuransi? Anda bisa mengunjungi web cekpremi.com untuk mendapatkan informasi lengkap tentang perusahaan asuransi terpercaya. Demikian sekilas ulasan tentang cara mengisi BBM di SPBU self service yang cocok bagi pemula.