Suhu AC Mobil yang Ideal Membuat Hemat BBM, Begini Caranya

suhu ac mobil

Pengaturan suhu AC mobil yang tepat dan ideal dapat membuat Anda bisa menghemat penggunaan BBM. Hal ini terjadi karena suhu di dalam mobil akan mempengaruhi berbagai aspek dan komponen dari mobil itu sendiri.

Penghematan BBM karena suhu AC mobil yang ideal terjadi karena kerja kompresor AC yang lebih ringan. Oleh karena itu, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran yang digunakan yang dikhususkan untuk membeli BBM.

Fakta dimana banyak mobil yang sudah menggunakan panel AC digital membuat pemilik kendaraan lebih mudah mengatur suhu kabin. Hal ini sama dengan sistem kerja AC lainnya seperti AC rumah. Anda sebagai pemilik mobil bisa mengatur berapa derajat suhu AC di mobilnya.

Rate suhu yang bisa Anda pilih saat akan mengatur suhu di dalam mobil biasanya mulai dari 16 derajat sampai 25 atau 26 derajat. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan Anda.

Ciri Suhu AC Mobil yang Ideal

Suhu AC mobil yang ideal memiliki beberapa kriteria dan ciri yang perlu Anda pahami dengan baik. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja ciri dari suhu AC dalam mobil yang tepat dan ideal.

1. Kesejukan yang Nyaman

Ciri pertama yang menandakan suhu AC dari mobil Anda ideal yaitu menghasilkan kesejukan yang nyaman untuk tubuh. Pada umumnya, pengertian dari suhu yang ideal adalah suhu yaitu suhu yang bisa memberikan kesejukan yang nyaman bagi pengemudi dan juga penumpang, besar suhu ideal bisa berkisar antara 22°C hingga 24°C.

2. Konsistensi Suhu

Selanjutnya ciri yang ideal yaitu memiliki konsistensi suhu yang tetap. Hal ini menandakan jika sebaiknya dapat menjaga suhu yang dipilih dengan konsisten tanpa fluktuasi yang signifikan dalam jangka waktu yang pendek.

3. Distribusi Udara yang Merata

Ciri lainnya yang ideal yaitu memberikan distribusi udara yang merata. Udara dingin yang dihasilkan oleh AC mobil sebaiknya didistribusikan secara merata ke seluruh bagian mobil, termasuk ke kursi belakang jika memungkinkan sehingga semua bagian mobil memiliki suhu yang hampir sama.

4. Tidak Terlalu Dingin

Kemudian, suhu yang ideal memiliki ciri-ciri Suhu yang tidak terlalu dingin. Suhu yang terlalu dingin dapat membuat pengemudi dan penumpang tidak nyaman, jadi hindari suhu yang terlalu rendah.

Walaupun terdapat 4 ciri seperti ulasan di atas sebagai preferensi, Anda juga bisa menggunakan preferensi yang berbeda-beda antara individu. Namun hal yang paling penting dari mengatur suhu mobil menggunakan AC yaitu dengan memastikan dan menjaga kenyamanan semua penumpang dalam perjalanan.

Setelah mengetahui ciri-ciri di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips mengenai cara menghemat BBM. Salah satu cara menghemat bahan bakar minyak yaitu dengan menggunakan AC mobil yang ideal.

Cara Tepat Menghemat BBM dengan Suhu AC Mobil yang Ideal

Ada beberapa cara agar bisa menghemat BBM dengan mengatur suhu AC. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui cara mudah menghemat BBM.

1. Mengatur Suhu Ac Mobil

Cara pertama menghemat BBM yaitu dengan mengatur suhu AC pada tingkat yang wajar. Tingkatan wajar untuk suhu mobil yang dapat menghemat BBM yaitu berkisar antara suhu 22°C hingga suhu 24°C.

2. Gunakan Mode Ekonomi

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan mode ekonomi. Pada umumnya, banyak mobil modern yang sudah dilengkapi dengan mode ekonomi atau Eco Mode. Mode ini bisa mengoptimalkan penggunaan AC untuk efisiensi bahan bakar minyak yang Anda gunakan.

3. Atur Kipas ke Kecepatan Rendah

Selanjutnya, Anda juga bisa mengatur kipas ke kecepatan rendah untuk menghemat BBM. Hal ini terjadi karena pengaturan kipas ke kecepatan rendah dapat mengurangi konsumsi energi.

3. Matikan AC saat Tidak Diperlukan

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara mematikan AC saat tidak perlukan. Pada saat suhu dalam mobil berada di posisi nyaman, Anda bisa mematikan AC untuk sementara maupun mengatur suhu sedikit lebih tinggi.

4. Gunakan Ventilasi Alamiah

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan ventilasi alami untuk mengurangi penggunaan BBM. Saat cuaca di dalam mobil tidak terlalu panas, hal yang bisa Anda lakukan yaitu memanfaatkan ventilasi alamiah dengan membuka jendela agar udara segar bisa masuk ke dalam mobil.

5. Rutin Perawatan AC

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan rutin melakukan perawatan AC. Kondisi AC yang melalui perawatan rutin seperti halnya perawatan untuk membersihkan filter udara dan menjaga refrigeran di level yang tepat.

6. Parkir di Tempat yang Tidak Terlalu Panas

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghemat BBM yaitu dengan parkir di tempat yang teduh atau tidak terlalu panas. Hal ini bisa mengurangi adanya suhu panas di dalam mobil.

6 cara di atas bisa disimpulkan dengan pengaturan suhu mobil dengan benar agar kenyamanan dan juga kinerja kendaraan menjadi lebih baik. Temperatur suhu ideal di dalam mobil yaitu berada di kisaran 25° C. Bahkan, keawetan dan kinerja akan berkerja lebih maksimal dalam temperatur suhu ideal tersebut.

Pengaturan suhu mobil yang tepat akan membuat Anda menjadi nyaman saat berkendara. Namun hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan yaitu dengan memiliki asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Cara tepat dalam memilih asuransi mobil salah satunya dengan mengakses portal online cekpremi. Pasa portal online cekpremi Anda akan menemukan berbagai informasi dan juga perbandingan terkait berbagai pilihan produk asuransi mobil maupun asuransi lainnya.

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi terkait pengaturan suhu mobil menggunakan AC? Demikian ulasan singkat mengenai beberapa cara untuk mengatur suhu AC mobil menjadi lebih ideal, semoga bermanfaat.

Referensi:

Liputan 6

Dokter Mobil

Hyundai