Pentingnya Memiliki Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja

surat izin orang tua untuk bekerja

Selama proses rekrutmen pekerjaan, Anda perlu menyiapkan sejumlah berkas administrasi. Diantara banyaknya berkas tersebut, salah satu yang harus disiapkan adalah surat izin orang tua untuk bekerja yang menunjukan bahwa Anda bekerja atas sepengetahuan serta izin dari orang tua dan wali.

Ternyata ada beberapa jenis surat izin kerja dari orang tua tersebut. Pastinya setiap instansi atau perusahaan membutuhkan format yang berbeda satu sama lain. Untuk itu, silakan simak informasi berikut agar mengetahui informasi lengkap tentang surat izin orang tua.

Apa itu Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja?

Sesuai dengan namanya, surat izin orang tua adalah sebuah dokumen persetujuan dari orang tua atau wali sebagai wujud legalitas. Dengan kata lain, orang tua atau wali sudah mengetahui serta memberikan izin kepada Anda untuk bekerja di suatu perusahaan. Inilah kenapa surat tersebut harus ditandatangani ayah dan ibu atau wali.

Bahkan pada beberapa kantor dengan legalitas perusahaan tinggi, biasanya mereka akan mewajibkan penggunaan materai sebagai bentuk fisik legalitas lainnya. Hal ini berguna agar keyakinan persetujuan terbukti secara nyata. Selain itu, contoh surat izin bermaterai tersebut akan membuatnya tidak bisa digunakan secara berulang demi menjaga keaslian berkas yang dilampirkan.

Fungsi Surat Izin Orang Tua yang Jarang Diketahui

Jika dilihat dari bagaimana pengertian surat izin orang tua untuk bekerja di atas, dapat disimpulkan bahwa berkas yang satu ini memiliki peran cukup penting bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan. Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa fungsi surat izin orang tua lainnya, yaitu:

  • Sebagai Syarat Dalam Proses Perekrutan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, surat izin orang tua sering digunakan sebagai syarat dalam proses perekrutan karyawan baru. Khususnya bagi fresh graduate, izin orang tua adalah pelengkap syarat dokumen yang wajib dilampirkan agar menjamin kelancaran keamanan bekerja pada perusahaan terkait.

Pasalnya didalam surat izin orang tua tersebut tercantum pernyataan bahwa orangbtua atau wali memberi persetujuan,

mengenai kegiatan kerja anak mereka. Jangan disepelekan, ternyata hampir semua perusahaan baik itu dalam ataupun luar negeri memberlakukan perizinan ini untuk kegiatan magang serta training karyawan.

  • Sebagai Legalitas Karyawan

Selain berguna sebagai bukti perizinan, surat izin orang tua untuk bekerja ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai legalitas karyawan. Dalam sebuah perusahaan atau instansi, legalitas dari para staf sangat penting untuk diketahui.

Legalitas tersebut dibutuhkan juga karena merupakan unsur bagi kebebasan karyawan dengan memberi batas aktivitas Anda sebagai pekerja. Sehingga nantinya bisa menjamin keamanan Anda dengan syarat yang boleh dan dilarang untuk dilakukan.

  • Sebagai Pembuktian

Bisa digunakan sebagai pembuktian resmi bahwa Anda sudah diberi izin untuk melamar ke suatu perusahaan secara menyeluruh dari orang tua atau wali.

Surat tersebut juga akan menghindari munculnya masalah saat Anda sudah bekerja selama setengah periode terkait pegangan izin yang keliru dan agar mengetahui secara pasti apa saja peraturan yang diberlakukan perusahaan.

  • Mencegah Permasalahan

Tidak bisa dipungkiri kalau bekerja di sebuah kantor pasti akan menimbulkan permasalahan baik itu internal maupun eksternal. Meski memang tidak banyak instansi perusahaan yang mengharuskan adanya dokumen resmi ini, tapi dokumen tersebut bisa dijadikan sebagai landasan hukum untuk melindungi karyawan.

Dokumen pernyataan persetujuan ini akan melindungi kedua belah pihak secara hukum jika memang terjadi permasalahan dari salah satu sisi. Terutama bagi perusahaan mengenai keaslian berkas yang diajukan, apakah memenuhi syarat atau tidak.

Format Pembuatan Surat Izin Orang Tua

Pembuatan surat izin orang tua untuk bekerja ini bisa menggunakan dua format yaitu modern dan tradisional. Format modern adalah yang dibuat dengan diketik sebelum ditandatangani, sedangkan format tradisional ditulis tangan. Namun keduanya memiliki bentuk kepenulisan dan data yang sama. Berikut contoh struktur surat izin orang tua.

  • Tanggal saat surat tersebut dibuat.
  • Alamat perusahaan yang dituju atau alamat orang tua sesuai dengan KTP atau tempat tinggal yang sekarang.
  • Pembukaan yang berisi salam pembuka surat.
  • Isi yang mencantumkan nama dan alamat orang tua, pernyataan persetujuan untuk melamar kerja dan nama anak yang bersangkutan.
  • Penutup dengan ucapan terimakasih serta salam.
  • Tanda tangan sebagai bukti pernyataan persetujuan dengan menggunakan materai.

Jenis-Jenis Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja

Karena memiliki peran dan fungsi krusial, maka Anda pun harus membuat surat izin orang tua tersebut dengan kerangka yang tepat demi menjamin keasliannya. Oleh karena itu, silakan ketahui apa saja contoh surat izin orang tua untuk bekerja berikut ini yang bisa Anda tiru.

  • Surat Izin untuk Bekerja di Pabrik

Kerja di pabrik membutuhkan surat izin orang tua sebagai bentuk kelengkapan persyaratan saat melamar pekerjaan. Buatlah surat sesuai kerangka di atas dan berikan pernyataan yang memberitahukan bahwa orang tua mengizinkan Anda untuk bekerja di pabrik yang hendak dilamar.

  • Surat Izin untuk Kerja di PEMDA

Siapa yang tidak ingin bekerja di PEMDA atau Pemerintah Daerah? Tentunya profesi ini merupakan salah satu impian banyak orang. Faktanya, mendaftar di PEMDA membutuhkan sejumlah persyaratan dan tes seperti surat izin orang tua untuk bekerja. Jangan lupa cantumkan tujuan pembuatan surat tersebut yaitu persetujuan untuk melanjutkan sekolah ke Kedinasan yang kemudian akan bekerja sebagai PNS.

  • Surat Izin untuk Bekerja di Luar Negeri (TKI)

Karena disini Anda akan bekerja di luar negeri sebagai TKI, maka pastinya Anda membutuhkan surat izin dari orang tua. Kerja di luar negeri memang dinilai memiliki gaji yang lebih tinggi sehingga tidak heran pemerintah membuka program ini sekaligus menaikan devisa Indonesia. Namun pastikan surat ini menjelaskan negara tujuan dengan jelas.

Nah itulah sejumlah informasi penting mengenai surat izin orang tua untuk bekerja yang wajib Anda ketahui. Namun selain melampirkan surat izin, Anda pun sebaiknya memiliki jaminan lain seperti asuransi jiwa. Pasalnya dengan asuransi jiwa, Anda sebagai karyawan tidak perlu lagi memikirkan risiko finansial jika ingin melakukan pengobatan.

Dan kini Cekpremi akan membantu Anda menemukan rekomendasi produk asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan. Sebagai portal pembanding asuransi online, Anda bisa merasakan kemudahan menemukan pilihan produk asuransi terbaik dengan proses yang praktis serta tanpa dipungut biaya tambahan sepeserpun.

Karena memberikan informasi dan perbandingan berbagai produk asuransi jiwa berkualitas, sekarang adalah waktunya Anda menggunakan fitur pembanding yang ada di website Cekpremi sebelum melamar pekerjaan. Jadi tunggu apalagi? Ayo segera temukan asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan bersama Cekpremi dan penuhi persyaratan surat izin orang tua untuk bekerja!

Referensi:

Pinhome

Pintarnya

Lezgetreal

Ekrut