Serba-serbi Tabungan Anak yang Harus Dipersiapkan Sejak Dini

tabungan anak

Sebagai orang tua, pastinya Anda menginginkan si kecil tumbuh dengan kondisi finansial yang stabil, ‘kan? Inilah kenapa Anda perlu menyiapkan tabungan anak sedini mungkin demi menjamin kehidupan sang buah hati di masa depan. Bahkan hal tersebut bisa menjadi kebiasaan baik bagi mereka, loh.

Menyiapkan tabungan sama dengan mengajari mereka menabung sejak dini. Anda pun bisa mulai dari menabung di celengan atau bahkan membuka rekening tabungan di bank khusus. Sebelum itu, ayo cari tahu informasi lengkap lain yang bisa membantu Anda berikut ini!

Apa itu Tabungan Anak?

Sesuai namanya, tabungan anak adalah simpanan uang atau harta benda lain yang disimpan di bank dalam bentuk rekening. Pada dasarnya, tujuan dari membuat tabungan ini adalah untuk mengajarkan anak tentang keuangan sejak belia sekaligus menyiapkan masa depan yang baik bagi mereka tanpa perlu khawatir masalah keuangan lagi.

Biasanya fitur rekening yang diberikan oleh setiap bank yang menyediakan produk tabungan siswa cukup sederhana sehingga mudah diakses anak-anak. Dengan begitu, si kecil pun menjadi lebih aware dan sadar bahwa mereka harus gemar menabung sedari kecil. Nantinya mereka akan menjadi lebih mudah merencanakan keuangannya di masa depan.

Lalu, kapan waktu terbaik orang tua harus membuka rekening untuk anak? Ternyata waktu idealnya adalah saat si kecil berusia 9 tahun. Namun, hal tersebut tentunya tergantung kesiapan Anda sebagai orang tua dan anak. Apakah si kecil sudah siap membiasakan diri untuk menabung atau tidak?

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa anak sudah mantap memiliki rekening tabungan sendiri, diantaranya adalah:

  • Celengan anak sudah mulai penuh.
  • Muncul ketertarikan untuk menggunakan kartu bank.
  • Anak sudah bisa menghitung uang dengan benar.
  • Mereka cenderung lebih sering menyimpan uang jajan dibandingkan menghabiskannya.
  • Anak mulai penasaran tentang sistem perbankan.

5 Pentingnya Tabungan Anak untuk Si Buah Hati

Sesuai dengan pengertiannya, tabungan anak bisa menjadi perlindungan finansial agar anak tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang justru menguras tabungan orang tua. Tidak hanya itu saja, masih ada sejumlah fungsi tabungan yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

1. Mengajari Anak untuk Menghargai Uang

Salah satu alasan kenapa sangat penting adalah karena mampu mengajari si kecil untuk menghargai uang. Dengan adanya tabungan tersebut, anak jadi lebih tahu bagaimana jerih payah saat mengumpulkan uang sehingga mereka tidak akan menghamburkannya.

2. Melatih Kedisiplinan Anak

Tidak hanya membantu sang buah hati agar lebih menghargai uang, kegiatan menabung di bank juga bisa melatih kedisiplinan anak. Ingat, Anda tidak perlu menuntut jumlah tabungan tertentu pada anak saat mereka mulai konsisten menabung. Tapi Anda cukup mengajarinya bagaimana cara supaya rajin menabung sampai mereka terbiasa.

3. Melatih Kemandirian Anak

Usia anak-anak memang merupakan saat dimana Anda harus mengurus segala kebutuhan mereka. Hanya saja, Anda bisa mulai mengenalkan anak dengan kegiatan menabung supaya si kecil lebih mandiri. Dengan begitu, anak-anak akan jauh lebih mandiri serta tidak bergantung pada orang tua khususnya terkait pengaturan keuangan.

4. Melatih Anak Agar Bijak Menggunakan Uang

Karena anak terbiasa menyimpan uang, maka lama kelamaan mereka pun menjadi lebih bijak dalam menggunakannya. Mereka tidak akan seenaknya mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak mendesak. Sehingga nantinya arus kas keuangan menjadi lebih stabil dan hemat.

5. Melatih Kesabaran Anak

Tidak hanya sampai disini saja, kebiasaan menabung sejak dini akan melatih kesabaran si kecil. Pasalnya saat anak berusaha mengumpulkan uang untuk membeli sesuatu, tentunya mereka harus menunggu sampai uang tersebut cukup. Efeknya mereka terbiasa bersabar untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Bank yang Menyediakan Produk Tabungan Anak

Perlu Anda ketahui juga bahwa tabungan anak di bank diperuntukkan bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun dengan nama orang tua. Hal tersebut karena anak di bawah usia 17 tahun belum memiliki identitas diri. Namun jangan khawatir karena kartu ATM dan buku tabungannya tetap atas nama anak.

Nah adapun berikut ini ada beberapa bank yang menyediakan tabungan bagi si kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Let’s check this out!

1. BNI Taplus Anak

Bank BNI memiliki tabungan yang cocok untuk anak-anak berusia 0 sampai 17 tahun yaitu BNI Taplus Anak. Setoran awalnya pun cenderung rendah yaitu Rp100.000 saja. Uniknya, produk tabungan ini membebaskan nasabah untuk menggunakan foto anak pada desain kartu debit atau ATM.

Orang tua pun tetap bisa memantau transaksi anak karena adanya pemberitahuan notifikasi SMS ke ponsel. Dan lagi, saat anak sudah menginjak 17 tahun, rekening otomatis berubah menjadi BNI Taplus Muda dengan nomor rekening yang sama.

5. Tabungan Anak BCA Simpanan Pelajar

Terdapat beberapa jenis tabungan mulai dari anak PAUD sampai SMA. BCA mengedepankan tujuan untuk membentuk budaya gemar menabung dengan produk unggulannya yaitu BCA Simpanan Pelajar.

Keuntungan yang akan Anda rasakan dari tabungan BCA Simpanan Pelajar ini adalah setoran awal yang hanya Rp5.000, bebas biaya administrasi, bahkan buku tabungan dan kartu ATM yang didapatkan pun atas nama anak.

6. BRI Junio

Jika Anda adalah nasabah bank BRI, maka Anda bisa membuka tabungan khusus untuk si kecil dengan produk BRI Junio. Bank yang memiliki kantor cabang terluas ini recommended untuk melatih si kecil agar terbiasa menabung karena user friendly.

Nantinya Anda akan mendapatkan e-banking BRI yang terhubung dengan ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, dan fitur lainnya. Adanya bunga tabungan yang kompetitif dijamin akan menguntungkan anak di masa depan.

7. Tabungan BTN Junior

Tabungan BTN Junior memang khusus untuk anak berusia 0 – 17 tahun supaya mereka gemar menabung sejak kecil. Setoran awal yang harus dibayarkan juga kecil yaitu minimal Rp20.000 dengan setoran selanjutnya sebesar Rp10.000. Anda hanya akan diberi buku tabungan, tapi tanpa kartu ATM.

Adapun untuk biaya layanan tabungan BTN Junior ini yaitu sekitar Rp10.000. Dan jika buku tabungan hilang akan dikenai denda sebesar Rp10.000 juga. Untuk membuka tabungan ini cukup dengan mendatangi kantor Bank BTN terdekat lalu isi formulir yang dibutuhkan.

Jangan lupa utamakan asuransi kesehatan demi memudahkan sang buah hati di masa depan. Nah untuk mendapatkan pilihan produk asuransi kesehatan terbaik, Anda bisa memanfaatkan fitur pembanding asuransi di Cekpremi. Kenapa harus di Cekpremi?

Sebagai portal pembanding asuransi online, Cekpremi tidak pernah gagal merekomendasikan asuransi kesehatan yang dibutuhkan pengguna dengan praktis dan tanpa biaya tambahan. Inilah saatnya Anda membuka asuransi kesehatan di website Cekpremi dan jangan lupa buka tabungan anak setelahnya, ya!

Referensi:

The Asia Parent

Merdeka

Kumparan