7 Tempat Wisata di Solo yang Lagi Hits untuk Liburan Anda

Tempat Wisata di Solo yang Lagi Hits

Bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara, mengunjungi tempat wisata di Solo yang lagi hits merupakan kepuasan tersendiri. Solo atau dikenal juga dengan Surakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat bersejarah yang menggambarkan kekayaan budaya Jawa.

Selain dikenal sebagai tempat bersejarah dengan kekayaan budaya Jawa, Solo juga dikenal sebagai tempat kita seni yang terasa hidup. Hal tersebut dapat Anda lihat dari banyaknya komunitas seni di Solo seperti halnya seni wayang, seni musik, seni batik dan lain sebagainya.

Tempat Wisata di Solo yang Lagi Hits dan Perlu Dikunjungi

Ada beberapa tempat wisata di Solo yang Instagramable dan pastinya perlu dikunjungi. Destinasi wisata di Solo berikut meliputi wisata alam dan wisata buatan yang banyak direkomendasikan. Berikut ini 7 tempat wisata di Solo yang lagi hits dan perlu dikunjungi!

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Solo disebut sebagai tempat bersejarah ditandai dengan adanya Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan istana kerajaan yang masih beroperasi aktif hingga saat ini dan berperan penting dalam sejarah dan juga budaya Jawa.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Solo tentu kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat ikonik yang satu ini. Namun saat mengunjungi tempat wisata yang satu ini, Anda perlu mengikuti beberapa aturan yang telah ditetapkan. Bahkan, keraton Surakarta Hadiningrat memiliki penjagaan yang cukup ketat.

Keraton Surakarta Hadiningrat dapat Anda kunjungi di hari Senin sampai Kamis mulai jam 09.00 hingga 14.00. Sedangkan di hari Jumat, keraton Surakarta Hadiningrat tidak menerima adanya kunjungan. Harga tiket yang perlu Anda bayarkan yaitu sebesar Rp15.000 per orang. Selain itu Anda juga bisa menikmati jasa tour guide dengan biaya tambahan tertentu.

See also 15 Makanan Khas Bandung yang Enak dan Kekinian

2. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata alam Solo yang bisa Anda kunjungi salah satunya adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Di tempat wisata yang satu ini, Anda bisa menikmati kesejukan Solo dengan view tebing dan air terjun yang indah. Keindahan di tempat ini yang dominan berwarna hijau juga bisa menyegarkan penglihatan Anda.

Harga tiket yang perlu Anda bayarkan untuk menikmati tempat wisata di Solo yang lagi hits satu ini hanya dengan Rp18.000 perorangan. Jarak tempuh untuk sampai di Grojogan Sewu Tawangmangu yaitu sekitar 37 km dari kota dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

3. Telaga Sarangan

Informasi terkait tempat wisata di Solo dan harga tiket masuk yang selanjutnya yaitu Telaga Sarangan. Telaga Sarangan memiliki luas tempat mencapai 30 hektar dengan kedalaman telaga mencapai 28 meter. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sebesar Rp15.000 dengan biaya tambahan berupa parkir mobil sebesar Rp7.000 dan parkir motor Rp5.000.

Pemandangan yang bisa Anda nikmati di Telaga Sarangan berupa telaga sarangan itu sendiri dan juga pemandangan alam di sekitar Gunung Lawu. Bahkan, Anda juga bisa menikmati fasilitas lainnya yang berupa penginapan, spot berkuda dan juga kios cinderamata untuk oleh-oleh.

4. Kampung Wisata Batik Kauman

Tempat wisata di Solo yang lagi hits selanjutnya yaitu Kampung Wisata Batik Kauman. Letak wisata Solo 2023 yang satu ini berada di pusat kota Solo sehingga memudahkan Anda untuk mengunjunginya. Kampung ini juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi bagi para wisatawan untuk belajar banyak hal tentang batik.

Hal unik yang bisa Anda nikmati di tempat wisata yang satu ini yaitu melihat dan mengenal semua batik yang dibuat dengan tangan sendiri atau handmade. Oleh karena itu, harga yang dibanderol untuk satu baju batik bisa sangat fantastis karena proses pembuatan yang memakan waktu cukup lama dengan kualitas batik yang terbaik.

See also 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jepang Terpopuler yang Wajib Dijelajahi

5. Air Terjun Jumog

Rekomendasi tempat wisata di Solo yang lagi hits kelima yaitu air terjun Jumog. Wisata yang satu ini seringkali dikategorikan sebagai surga yang tersembunyi karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Bahkan, Anda juga bisa menyegarkan penglihatan dengan pemandangan hijau di air sekeliling air terjun Jumog.

Letak air terjun Jumog berada di kaki Gunung Lawu. Udara di sekitar air terjun masih sangat dingin, sejuk dan segar dari percikan air terjun yang deras. Fasilitas yang juga bisa Anda nikmati berupa ayunan, gazebo, jungkat-jungkit, kolam buatan, warung untuk jajan dan lain sebagainya.

Harga tiket masuk ke wisata air terjun Jumog juga sangat terjangkau. Cukup dengan membayar uang Rp5.000, Anda sudah bisa healing sepuasnya tanpa ada batas waktu dan menikmati keindahan alam yang tersedia.

6. De’ Tjolomadoe

Tempat wisata di Solo yang lagi hits lainnya yaitu De’ Tjolomadoe atau The Tjolomadoe Solo. Wisata yang satu ini merupakan tempat napak tilas dari bekas pabrik gula. Namun tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata karena masih terawat sampai detik ini.

Pabrik gula yang dijadikan sebagai De’ Tjolomadoe didirikan pada tahun 1861 di Karanganyar dengan pendiri Mangkunegaran IV. Anda bisa mengambil banyak foto yang unik dan menarik dari tempat wisata yang satu ini. Harga tiket masuk yang perlu Anda bayarkan sebesar Rp25.000 per orang.

7. Pura Mangkunegaran

Selanjutnya, Anda juga perlu mengunjungi pura Mangkunegaran saat berlibur ke Solo. Tempat wisata di Solo yang lagi hits ini terletak tidak jauh dari keraton Surakarta Hadiningrat. Wisata ini juga dapat dikategorikan sebagai tempat bersejarah yang didirikan pada tahun 1757.

See also 10 Destinasi Wisata Luar Negeri yang Hits di Tahun 2021

Dulunya, pura Mangkunegaran merupakan tempat tinggal dari para Adipati Mangkunegara. Pemandangan yang ditawarkan berupa desain arsitektur yang indah dan juga sejumlah koleksi bersejarah dari zaman kerajaan Majapahit di Mataram.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati pertunjukan gamelan yang seringkali digelar setiap hari Rabu di pura Mangkunegaran. Alamat lengkap dari pura Mangkunegaran merupakan terletak di jalan Ronggowarsito No. 83.

Itulah 7 rekomendasi tempat wisata di atas bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Solo. Namun alangkah baiknya jika Anda memiliki asuransi perjalanan untuk bisa berlibur dengan lebih aman dan nyaman.

Selain itu, Anda juga bisa memilih asuransi lain sesuai kebutuhan seperti yang tertera pada alamat website cekpremi.com. Demikian informasi mengenai tempat wisata di Solo yang lagi hits, semoga bermanfaat.

Referensi:

Merdeka

Salsa Wisata