Ini Dia! Cara Pakai Fitur Google Temukan Perangkat Saya

Temukan Perangkat Saya

Tahukah Anda mengenai fitur google temukan perangkat saya? Fitur ini ternyata sudah ada di semua merek ponsel. Kegunaan dari fitur ini yaitu untuk membantu Anda jika ponsel, tablet, atau alat elektronik lainnya hilang.

Dengan fitur google ini, Anda dapat menemukan perangkat dengan mudah. Oleh kar itu, Anda perlu mengetahui dan mempelajari cara menggunakan fitur google yang satu ini. Cara menggunakan fitur google ini pun berbeda antara pengguna android dan juga iPhone.

Anda juga dapat memastikan bahwa fitur google Temukan Perangkat Saya ini dapat membantu Anda dalam menemukan perangkat yang hilang. Selain itu, dengan fitur google ini Anda bisa amankan perangkat saya dengan baik.

Cara Menggunakan Fitur Google Temukan Perangkat Saya pada Android

Sebelum menggunakan fitur google Temukan Perangkat Saya, Anda harus tahu cara penggunaannya. Cara penggunaan bagi android dan iPhone jelas berbeda. Berikut cara menggunakan fitur google temukan perangkat pada android:

  • Download Aplikasi Temukan Perangkat Saya

Sebelum menggunakan fitur google yang satu ini, unduh terlebih dahulu aplikasi Temukan Perangkat Saya pada Google Play Store. Biasanya pada Play Store pengguna android aplikasi ini bernama Find My Device. Pilih aplikasi tersebut dan mulai mengunduh untuk langkah awal.

  • Masuk dengan Email dan Password

Jika sudah selesai mengunduh aplikasi Find My Device, masuk atau login temukan perangkat saya dengan email dan password. Anda bisa menggunakan akun google yang telah terdaftar sebelumnya pada ponsel yang hilang.

  • Buka Aplikasi Google Maps

Tunggu beberapa detik dan bukalah aplikasi google maps. Nantinya lokasi ponsel yang hilang akan muncul. Selanjutnya klik logo ponsel dengan warna hijau yang ada pada aplikasi google maps.

  • Cari Ponsel dengan Mengikuti Rute

Setelah itu, google maps akan menampilkan rute lokasi tempat ponsel Anda yang hilang. Anda bisa mengikuti rute tersebut untuk bisa menuju ke lokasi. Jika ponsel hilang dalam jarak yang cukup dekat, tekan fitur putar suara untuk menderingkan ponsel meski dalam mode senyap.

  • Amankan Perangkat

Agar ponsel yang hilang bisa dikembalikan, pilih fitur amankan perangkat untuk mengunci ponsel yang hilang. Kunci ponsel dengan menggunakan pola, PIN, atau kata sandi. Pastikan Anda mengatur aplikasi agar bisa menampilkan pesan atau nomor telepon ke layar ponsel yang hilang.

  • Hapus Perangkat

Apabila ponsel tidak kunjung ditemukan, pilih fitur hapus perangkat untuk mengamankan data pada ponsel. Fitur ini akan menghapus seluruh data pada ponsel yang hilang secara permanen dan aplikasi sudah tidak bisa digunakan kembali.

Pastikan ketika Anda mengikuti cara yang ada dengan benar. Hal ini agar fitur google Temukan Perangkat Saya bisa bekerja dengan baik untuk menemukan apa yang dicari. Selain itu, lakukan cara yang ada sesuai dengan jenis ponsel yang digunakan.

Cara Menggunakan Fitur Google Temukan Perangkat Saya pada iPhone

Selain cara menggunakan pada perangkat android, Anda juga perlu tahu cara menggunakan Temukan Perangkat Saya pada iPhone. Bagi Anda yang menggunakan perangkat iPhone bisa sekali menggunakan cara-cara ini. Berikut cara menggunakan fitur google temukan perangkat pada iPhone:

  • Download Aplikasi Find My Iphone

Cara pertama untuk menemukan ponsel yang hilang yaitu dengan mengunduh aplikasi find my Iphone di App Store. Selain melalui aplikasi, pengguna iPhone juga bisa membukanya melalui situs icloud.com/find.

  • Masuk ke Apple ID

Jika sudah terunduh atau masuk pada situs, masukkan apple ID yang telah terdaftar pada iPhone yang hilang. Pastikan apple ID yang dimasukkan sudah tepat agar Anda bisa masuk ke dalam aplikasi.

  • Buka Aplikasi Google Maps

Selanjutnya buka aplikasi google maps untuk nantinya menampilkan rute atau lokasi iPhone yang hilang. Jika sudah, Anda bisa memilih fitur logo ponsel warna hijau. Lalu pilih rute untuk menampilkan lokasi hilangnya ponsel. Jika ponsel dalam jarak yang cukup dekat, aktifkan dering iPhone meski ponsel dalam mode senyap.

  • Kunci Iphone

Jika ingin mengunci iPhone yang hilang, Anda dapat memunculkan nomor telepon atau pesan yang bisa dihubungi ke layar iPhone. Hal ini bertujuan agar seseorang yang menemukan ponsel Anda dapat mengembalikannya secara cepat dan tepat.

  • Hapus Perangkat

Anda juga bisa menghapus seluruh data pada iPhone yang menghilang secara permanen. Fitur ini bisa Anda gunakan jika iPhone yang hilang tidak kunjung ditemukan atau tidak terlacak pada aplikasi google maps.

Sama halnya dengan perangkat android, pastikan Anda melakukan cara untuk menggunakan Temukan Perangkat Saya dengan benar. Jika Anda sudah menemukan ponsel yang hilang, untuk menggunakannya perlu memasukkan password akun google kembali.

3 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Fitur Temukan Perangkat Saya

Fitur google Temukan Perangkat Saya ini memiliki 3 fungsi utama yang perlu diketahui. Fungsi temukan perangkat saya ini bisa membantu Anda dalam mengunci, memberi sinyal, menghapus, atau mencari ponsel yang hilang. Berikut 3 fungsi dari fitur google ini:

  • Mengunci Telepon

Anda bisa mengunci ponsel dari jarak yang cukup jauh dan menampilkan pemberitahuan pada perangkat yang hilang. Cara ini bisa dilakukan melalui perangkat android atau iCloud bagi pengguna iPhone.

  • Memberi Sinyal

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat memainkan nada sinyal yang sedikit menonjol pada ponsel yang hilang. Hal ini bertujuan agar seseorang yang berada di dekat ponsel bisa mendengarnya dengan jelas.

  • Hapus Ponsel

Jika ponsel tidak kunjung ditemukan, jalan terakhir yang bisa dilakukan yaitu menghapus perangkat ponsel. Setelah melakukan cara terakhir ini, Anda tidak mungkin lagi menemukan ponsel yang telah hilang.

3 fungsi yang ada pada fitur Temukan Perangkat Saya berlaku pada pengguna android dan iPhone. Sehingga pengguna kedua perangkat tersebut bisa memastikan jika ponsel aman dan terlindungi ketika digunakan atau ketika hilang.

Selain menggunakan fitur google, Anda juga bisa melindungi ponsel dengan menggunakan sebuah asuransi. Anda bisa memilih asuransi properti untuk melindungi dan memberikan keamanan pada ponsel atau barang berharga lainnya.

Buka website cekpremi.com untuk melihat segala informasi dan perbandingan dari asuransi termurah dan terbaik di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan fitur Temukan Perangkat Saya, untuk menemukan perangkat yang hilang. Jangan ragu untuk membuka website cekpremi jika ingin melindungi berbagai properti berharga Anda. Semoga bermanfaat.

Referensi

Telkomsel

Kabar Kota