Cara Daftar Tiktok Seller dan Tips Agar Cepat Cuan

tiktok seller

Di era modern memang semakin banyak kemudahan bagi para pebisnis untuk menjual produk yang dimiliki. Salah satu media yang bisa Anda gunakan adalah tiktok seller. Tiktok seller center adalah fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menjual produk dengan mudah.

Tiktok bukan hanya menjadi media dengan konten menghibur namun juga bisa membantu menghasilkan banyak uang. Jika Anda ingin menjalankan bisnis atau menjual produk di Tiktok, memang sebaiknya mempelajari tentang Apa itu Tiktok seller dan tiktok shop.

Anda tentu sudah pernah mendengar tentang Tiktok seller center. Tiktok seller center ini menjadi portal one stop box station dan Anda bisa memanfaatkan Tiktok shop. Fitur ini sangat bermanfaat untuk para pengguna Tiktok yang memiliki akun bisnis.

Perlu kamu ketahui bahwa Tiktok seller center memiliki perbedaan dengan tiktok shop. Tiktok shop adalah platform e-commerce yang di dalamnya terdapat banyak produk dari banyak penjual. Sedangkan Tiktok untuk seller adalah akun toko Anda yang berisi operasional serta pengelolaan manajemen toko.

Terdapat banyak fitur menarik yang bisa Anda gunakan diantaranya: manajemen operasi toko, analisis kerja, pertumbuhan penjualan, pembaharuan kebijakan layanan, dan keterlibatan pelanggan.

Cara mendaftar TikTok Seller Center

Apabila Anda ingin menggunakan fitur-fitur yang ada pada Tiktok untuk seller ini, tentu harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Membuat Toko Tiktok Seller Center

Langkah pertama yaitu Anda perlu masuk ke halaman https://seller-id.tiktok.com/. Selanjutnya lakukan pendaftaran sebagai penjual dengan mendaftarkan akun Tiktok Anda atau juga bisa juga menggunakan nomor telepon dan email.

Masukkan alamat toko, alamat lengkap, kode pos, kontak, dan buat pengaturan pengembalian barang, setujui syarat dan ketentuan, lalu klik “Start Your Business”.

  1. Verifikasi Dokumen

Langkah selanjutnya tinggal melakukan verifikasi dokumen melalui beranda Tiktok. Anda perlu memasukkan informasi jenis bisnis yang didaftarkan di kolom informasi penjual. Selanjutnya masukkan nama toko, masukkan dan unggah KTP, paspor, atau SIM jika menjalankan bisnis perorangan.

Sedangkan jika menjalankan bisnis perusahaan maka bisa mengunggah surat izin bisnis dan juga dokumentasi identifikasi dari pemerintah. Selanjutnya tinggal mengirim dokumen tersebut dengan klik ‘send’.

Selanjutnya pihak Tiktok akan meninjau akun Anda dan jika ternyata mengalami kegagalan, Anda akan diminta untuk mengirim ulang dokumen.

  1. Memasukkan Nomor Rekening

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan memasukkan nomor rekening. Anda bisa menemukan opsi untuk memasukkan rekening bank di beranda kemudian jangan lupa untuk menautkan akun dengan klik “Tautkan Akun”.

Dalam tahapan ini perlu Anda masukkan informasi nama rekening, bank, nomor rekening, nomor telepon, alamat, email dan yang lainnya. Apabila bisnis merupakan milik perorangan, akun Anda sebaiknya sama dengan nama rekening. Sela itu, jika ternyata toko Anda adalah perusahaan, buatkan rekening dengan nama yang sama juga. Ikuti semua tahap dan kirim informasi tersebut dengan klik “send”.

Setelah berhasil mengonfirmasi akun Anda, selanjutnya Anda dapat menggunakan TikTok ini untuk memasarkan produk Anda secara online. Ada banyak fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan audiens yang luas.

Tips Menggunakan Tiktok Seller

Setelah mengetahui tentang bagaimana cara mendaftarkan Tiktok, selanjutnya perlu Anda ketahui juga tentang tips agar cepat mendapatkan uang dari Tiktok. Ada beberapa tips menarik yang bisa dilakukan agar nantinya akun Tiktok Anda semakin mudah menjangkau audience serta segera menghasilkan pemasukan. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

  1. Buat Akun TikTok dengan Nama Menarik

Setelah selesai melakukan proses pendaftaran, pastikan nama akun Anda memiliki keunikan agar mudah diingat orang lain. Selain itu, nama yang unik juga memudahkan orang untuk menemukan akun Anda.

  1. Pahami Fitur

Setelah Anda membuat akun TikTok, pastikan Anda meluangkan waktu agar bisa memahami fitur-fitur yang tersedia. Bagi Anda yang baru saja membuka akun, tentu akan merasa bingung ketika menggunakan fitur tersebut. Namun jika sudah memahami tentu tidak akan kesulitan dalam membuat konten dan mengatur strategi pemasaran.

  1. Identifikasi Niche atau Topik

Bagi seorang Tiktoker, menentukan Niche dan topik menjadi kunci yang sangat penting. Anda harus membuat topik yang sesuai dengan target audiens. Misalnya saja Anda memiliki keahlian memasak, maka buatlah konten memasak yang lezat dan inspiratif.

  1. Kembangkan Branding

Selanjutnya adalah mengembangkan branding dan tanda pengenal yang membedakan Anda dengan pesaing. Buat logo sederhana pada setiap video dan sertakan deskripsi singkat tentang diri Anda pada akun Tiktok. Selain itu, sebutkan juga apa yang ditawarkan sebagai seller.

  1. Buat Konten Menarik

Perlu Anda sadari bahwa kunci sukses para tiktok seller adalah membuat konten menarik. Anda perlu memberikan informasi yang bermanfaat dan menghibur bagi audiens. Penting untuk memiliki kreativitas agar bisa menghasilkan konten menarik dan unik serta berbeda dengan pesaing.

  1. Promosikan Produk

Penting berikutnya adalah berusaha mempromosikan produk. Pastikan produk yang dipilih sesuai dengan topik dan Niche. Anda bisa menggunakan video untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Gunakan Fitur Live dan Kolaborasi

TikTok juga memiliki fitur live dan kolaborasi yang memungkinkan Anda untuk bisa berinteraksi dengan pengikut Anda secara langsung. Anda bisa membuka sesi tanya jawab atau bahkan kuis. Agar semakin luas jangkauan audiens Anda, cobalah untuk melakukan kolaborasi dengan penggunaan Tiktok lain.

Selain tips di atas, ada beberapa hal yang juga perlu dilakukan agar Tiktok bisa segera menghasilkan uang. Anda harus konsisten dalam membuat konten, memanfaatkan hashtag yang relevan, berinteraksi dengan pengikut dan membalas komentar, melakukan analisis kinerja konten, jalin kemitraan dengan influencer dan merk tertentu agar semakin besar keuntungan yang didapatkan.

Bagi seorang Tiktoker, apalagi seller tentu ada banyak properti yang Anda gunakan. Penting sekali untuk merawat dan menjaga setiap properti Anda agar tidak mudah rusak atau hilang. Solusi terbaik yang bisa membantu Anda mengamankan properti adalah dengan memiliki asuransi properti.

Apabila ingin menemukan asuransi properti terbaik Anda bisa melakukan perbandingan dengan mengunjungi website cekpremi.com. Website ini membantu Anda untuk membandingkan berbagai macam layanan asuransi sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan mana yang terbaik. Jadi jangan ragu untuk memulai mendaftar diri Anda di Tiktok seller dan manfaatkan website cekpremi untuk menemukan asuransi yang paling cocok.

REFERENSI:

Narasi TV

Skill Academy

Telkomsel