Tipe Mobil yang Cocok untuk Pengemudi Usia Lanjut, Apa Saja?

pengemudi usia lanjut

Mobil untuk wanita, anak muda bahkan keluarga banyak pilihannya namun mobil yang cocok untuk pengemudi usia lanjut justru jarang diketahui. Padahal jumlah pengemudi lansia di Indonesia tidaklah sedikit hal ini juga dipengaruhi oleh tidak ada batasan usia dalam pembuatan SIM.

Itu artinya lansia yang notabene di atas usia 60 tahun diperbolehkan untuk mengendarai mobil. Hanya saja ada beberapa karakteristik mobil yang sebaiknya dipilih untuk tetap menjaga keselamatan berkendara. Apa saja tipe mobil untuk lansia yang cocok? Simak tipe-tipenya ini.

Tipe Mobil yang Cocok untuk Pengemudi Usia Lanjut

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan pada mobil yang cocok untuk orang tua. Baik itu dari segi keamanan, fitur yang mudah diakses dan tentunya kenyamanan kursi pengemudi.

Untungnya jika diteliti kembali cukup banyak mobil yang masuk ke pasar Indonesia memenuhi beberapa faktor tersebut. Berikut ini tipe mobil yang patut dipertimbangkan oleh pengemudi lanjut usia.

  1. Toyota Yaris Cross Hybrid

Mobil yang terkenal dengan irit bbm ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang cukup banyak. Contohnya Parking Sensor Front dengan Rear Clearance Sonar yang memudahkan lansia untuk parkir.

Toyota Yaris Cross Hybrid juga memiliki Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking. Kedua fitur ini berupa sistem kamera dan radar yang bekerja mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan parah ketika terjadi tabrakan frontal.

Begitu juga dengan fitur Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention. Fitur tersebut akan memberi peringatan visual dan suara kepada pengemudi ketika melewati jalur yang tidak semestinya.

  1. Suzuki Karimun Wagon R Stingray

Salah satu mobil kecil untuk perjalanan jauh yang juga cocok untuk pengendara di usia lanjut. Karimun Wagon R tidak hanya memiliki desain eksterior yang sporty dan dinamis namun juga desain kabin yang sangat nyaman.

See also Kenali Penyebabnya, Begini Cara Mengatasi Air Radiator Cepat Panas

Salah satunya yang menjadikan Karimun Wagon R adalah mobil yang cocok untuk pengemudi usia lanjut adalah panel instrumen digital yang jelas. Informasi pada setiap fitur panelnya sangat mudah dibaca oleh pengemudi.

Lansia yang ingin memastikan kontrol AC nyaman atau menu lain saat mengemudi bisa diketahui dengan cepat. Hal ini memudahkan pengemudi lansia yang sudah memiliki penurunan sensor motorik untuk tetap nyaman berkendara.

  1. Mitsubishi Xpander

Lampu depan mobil berfungsi untuk meningkatkan visibilitas dan hal ini sangat diperlukan pengemudi usia lanjut. Mitsubishi Xpander dilengkapi dengan jenis lampu LED sebagai lampu utama yang mampu memancarkan sinar lebih terang.

Usia pakai mobil juga jauh lebih lama dibandingkan lampu halogen sehingga perawatannya tidak terlalu sulit. Selain itu bentuk dimensinya lebih kompak yaitu berukuran kecil namun tetap bisa memancarkan sinar terang.

Mitsubishi Xpander sebagai mobil yang cocok untuk pengemudi usia lanjut juga memiliki kelebihan di sisi suspensi. Penggunaan shock absorber dengan tuning terbaru membuat mobil stabil saat dikendalikan di jalanan selain aspal.

  1. Daihatsu Terios

Mobil yang cocok untuk pengemudi usia lanjut keluaran Daihatsu ini memiliki kelebihan di bagian setir yang mudah diatur naik turun sesuai kebutuhan. Posisi ketinggian jok bisa diatur lebih leluasa untuk menyesuaikan kenyamanan.

Selama area pengemudi nyaman lansia akan memiliki visibilitas yang sangat baik. Belum lagi sistem keamanannya di mana mobil akan berhenti di tanjakan sesaat dan tidak mundur ketika berakselerasi. Lampu hazard pun akan langsung menyala ketika mobil mengerem mendadak.

Perawatan mobil tergolong mudah dengan bahan bakar yang irit. Meskipun terkesan sporty dan cocok untuk berpetualang namun Daihatsu Terios adalah jenis mobil yang cocok untuk pengemudi usia lanjut.

  1. Honda CR-V
See also Velg Mobil Dapat di Cover Asuransi dengan Syarat Berikut Ini

Mobil yang paling banyak dipilih untuk lansia dan mobil yang cocok untuk perjalanan jauh. Dimensi mobil ini cukup besar dan mampu menampung banyak penumpang. Fitur-fiturnya membantu pengemudi lansia untuk lebih mudah berkendara.

Contohnya fitur New Walk Away Auto Lock yang mana pintu mobil akan terkunci otomatis ketika pengemudi berjalan menjauhi kendaraan minimal 1,5 meter. Ada juga fitur keamanan Honda SENSING yang berfungsi memberi peringatan dan mengambil tindakan otomatis untuk meminimalisir kecelakaan.

Mobil juga dapat dinyalakan dari kejauhan dan AC pun akan menyala untuk memastikan kondisi kabin tetap sejuk ketika masuk. Mobil yang hemat bahan bakar ini juga memiliki fitur membuka tutup pintu garasi hanya dengan ayunan kaki.

  1. KIA Sorento Hybrid

Termasuk mobil terbaru dari KIA yang hadir menggabungkan mesin listrik dan bbm. Mobil ini cocok bagi pengemudi usia lanjut karena tempat duduk yang cukup tinggi di bagian kemudi dengan pandangan cukup luas.

Di bagian kemudi terdapat layar berukuran besar 12,3 inci yang dilengkapi dengan layar sentuh. Layar ini memudahkan pengemudi mengetahui kondisi mobil dengan baik saat berkendara.

Terdapat juga smart cruise control dan manual speed limit assist sehingga pengemudi bisa mengetahui kecepatan aman. Ditambah lagi terdapat blind spot view monitor yang memudahkan parkir dan meminimalisir tabrakan dengan objek tidak terlihat dari pandangan.

  1. Nissan Rogue

Rilis di Indonesia untuk varian terbaru adalah di tahun 2023 dan sampai saat ini penggemar Nissan Rogue cukup tinggi. Pasalnya mobil ini tidak hanya cocok untuk pengemudi di usia muda namun juga usia lanjut.

Nissan Rogue hadir dengan fokus pada keamanan yang terbaik seperti fitur All Wheel Drive (AWD) yang membuatnya aman dan nyaman dikendarai di segala medan. Terdapat pula Rear View Camera, Uphill & Downhill Assist Control, dan Vehicle Stability Control System.

Di bagian lingkar kemudi juga terdapat tombol multifungsi yang memudahkan pengemudi. Bagian setir juga bisa diatur ketinggiannya dengan kenyamanan pengemudi.

See also Simak Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Gampang-gampang susah untuk memilih mobil yang cocok untuk pengemudi usia lanjut. Masalah keamanan, visibilitas dan fleksibilitas bangku kemudi harus diperhatikan. Jika memperhatikan banyak faktor tersebut maka tipe mobil akan lebih mudah untuk dipilih.

Selain memperhatikan faktor-faktor tersebut, pastikan juga bahwa mobil untuk pengemudi lanjut usia memiliki asuransi mobil. Asuransi inilah yang akan menambah perlindungan saat berkendara.

Pemilihan asuransinya bisa Anda dapatkan langsung melalui Cekpremi Asuransi Mobil. Cekpremi akan menghadirkan banyak pilihan asuransi berdasarkan preferensi mobil yang Anda masukkan. Lebih mudah untuk cek asuransi mobil di Cekpremi, langsung akses sekarang juga.