7 Tokoh Inspiratif Dunia untuk Memotivasi Anak Muda

Tokoh inspiratif

Ada banyak sekali tokoh inspiratif dunia yang bisa dijadikan sebagai motivasi bahkan panutan oleh orang-orang, terutama untuk anak muda. Meski motivasi terbesar adalah diri sendiri, namun bisa juga datang dari orang lain terutama orang-orang yang sukses dengan berbagai latar belakang yang dimiliki.

Para tokoh inspiratif ini tentu saja tidak sekedar memberikan motivasi, tapi juga memberikan pesan moral agar generasi muda tidak pantang menyerah. Sebab saat ini, banyak kawula muda yang mudah menyerah ketika baru mengalami beberapa kali kegagalan. Padahal kegagalan tersebut harusnya jadi pemicu semangat untuk mulai bangkit kembali dan meraih kesuksesan.

Tokoh Inspiratif Favorit Anak Muda

Berikut ini beberapa orang-orang populer yang menjadi inspirasi para anak muda untuk meraih kesuksesan.

  • J.K Rowling

Tokoh inspiratif dunia ini pastinya dikenal oleh orang-orang, terutama Anda yang pada saat masih kecil sangat suka dengan film Harry Potter. J.K Rowling merupakan orang dibalik kesuksesan Harry Potter yang sangat terkenal di dunia. Penulis ini tentu saja bisa jadi sumber inspirasi bagi Anda yang sedang giat menulis novel dan juga siapapun, bahwa kiprahnya di dunia kepenulisan tentu saja tidak selalu mulus.

Wanita ini ditolak puluhan kali oleh editor saat mengajukan tulisannya, hingga suatu saat Bloomsbury memberi kesempatan untuk Rowling bisa menerbitkan novelnya dan kini sukses. Bahkan kesuksesan tersebut menghantarkan penulis satu ini, menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

  • Oprah Winfrey

Berikutnya ada tokoh inspiratif dunia yaitu Oprah Winfrey, di mana wanita inspiratif ini memulai karirnya di televisi dan menjadi penyiar wanita termuda di stasiun televisi lokal. Oprah Winfrey dihormati selama pertunjukannya 25 tahun, bahkan diberi kesempatan untuk membawa acara dengan nama yang sama yaitu Oprah Winfrey Show.

Meski sekarang menjadi sosok inspiratif, wanita berdarah Kosciusko ini punya masa lalu yang cukup kelam. Pasalnya di masa lalu, tokoh cewek inspiratif ini, lahir dalam keluarga yang berantakan di mana sang ibu memilih tinggal bersama ayahnya. Oprah Winfrey sementara diasuh oleh pegawai yang memaksanya untuk membaca dan meringkas setiap akhir pekan. Ternyata kebiasaan tersebut membuat Oprah Winfrey menjadi sosok yang pintar dan cerdas serta percaya diri. Menjadi sosok yang sukses di dunia, wanita ini juga turut membantu sesama.

  • Bill Gates

Tokoh inspiratif lainnya yang bisa jadi motivasi anak muda saat ini adalah Bill Gates. Salah satu orang kaya di dunia ini merupakan pendiri Microsoft, yang memang sejak kecil sudah diajarkan untuk menjadi pribadi yang kompetitif dengan daya juang tinggi. Jadi tidak heran mengapa Bill Gates bisa menjadi sosok yang sukses di dunia.

Sebelum Bill Gates sukses dan sekaya sekarang, tentu saja beliau sudah melewati banyak kegagalan dan tetap pantang menyerah sampai akhirnya bisa menjadikan Microsoft sebagai perusahaan raksasa terbesar. Bill Gates memiliki prinsip, bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya jadi anda harus tetap bangkit dan mencoba sampai bisa mencapai kesuksesan.

  • Stephen Hawking

Stephen Hawking tentu saja harus jadi salah satu contoh tokoh inspiratif dan motivator Anda jika ingin sukses. Belajar dari Stephen Hawking, bahwa keterbatasan bukan akhir dari segalanya. Pecinta matematika ini menjadi pekerja keras sejak bertemu dengan guru matematika yang dikaguminya yaitu Dicklan Tata.

Di mana guru matematika ini mengajarkan metode pengajaran yang sangat luar biasa sehingga membuat Stephan bisa menjadi profesor di Universitas Cambridge. Hawking melahirkan banyak karya ilmiah yang bermanfaat bagi banyak orang meski dalam kondisi neurologista yang dideritanya. Kejeniusan dari Stephen Hawking tidak diragukan lagi dan sudah diakui dunia. Apalagi sosok inspiratif ini selalu haus akan ilmu pengetahuan dan menunjukkan pada dunia hal menakjubkan seputar bidang sains.

  • Albert Einstein

Albert Einstein adalah tokoh inspiratif yang dikagumi karena karakternya. Sosok ilmuwan terbesar di abad ke-20 ini, menginspirasi seluruh orang di dunia tidak hanya anak muda tapi juga anak-anak hingga orang dewasa. Beliau memperkenalkan teori relativitas dan banyak berkontribusi untuk pengembangan ilmu pengetahuan mekanik kuantum, mekanik statistik dan juga kosmologi.

Einstein kecil mengalami keterbelakangan pertumbuhan, karena tidak bisa berbicara sampai usia 4 tahun. Namun kendala ini ternyata tidak terjadi secara permanen karena di satu sisi Einstein memiliki otak intelektual yang membuatnya menjadi fisikawan sukses di dunia. Seperti para jenius lainnya, Einstein juga selalu haus akan ilmu pengetahuan dan terus bereksperimen serta menciptakan berbagai teori yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan.

  • Paulo Freire

Sementara itu untuk tokoh inspiratif di bidang pendidikan ada satu sosok yaitu Paulo Freire. Sosok inspiratif ini mulai berkarir sebagai guru di tahun 1947 dan dikenal dengan pembentukan Teori Pedagogik Kritis. Teori ini adalah model pendidikan dengan mengkritisi pendidikan itu sendiri lewat hal-hal fundamental pada pendidikan baik secara filosofis, teori, sistem dan juga kebijakan serta implementasi.

Meski Pedagogi Kritis dibentuk bersamaan dengan banyak tokoh dunia, namun metode ini awal-awal dilakukan oleh Freire. Di mana beliau melaksanakan proses belajar mengajar di kelas dan menentang Pedagogi Bank yang saat itu diterapkan secara massal.

  • Zig Ziglar

Tokoh inspiratif ini adalah seorang pembicara dan motivator terkenal yang dulunya merupakan seorang salesman peralatan masak. Ziglar akhirnya memutuskan meninggalkan karir pemasaran dan fokus menjadi pembicara publik, namun di awal karirnya tentu pernah mengalami penolakan juga.

Ziglar pernah ditolak 30 penerbit namun akhirnya ada penerbit yang melirik naskahnya dan berhasil menerbitkan buku berjudul See You at the Top. Buku tersebut kini sudah terjual hingga ratusan ribu eksemplar dan masih dicetak sampai sekarang.

Itu tadi beberapa tokoh inspiratif dunia yang bisa jadi motivator untuk para kaula muda agar tidak menyerah dan tetap berkarya untuk mencapai kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan, para anak muda tentu saja butuh berbagai perlindungan salah satunya dengan asuransi. Terutama untuk kategori asuransi kesehatan yang sangat penting dimiliki agar menjaga kestabilan finansial dengan baik.

Asuransi kesehatan bisa Anda dapatkan dengan melakukan perbandingan lewat portal online Cekpremi. Di Cekpremi, Anda bisa menemukan perusahaan asuransi terbaik dan terjangkau pula, melalui perbandingan di antara banyaknya pilihan perusahaan asuransi di Indonesia.

Sumber :

Gramedia

KejarCita

Vocasia