Otomotif

Tutup Radiator Komponen Penting untuk Mencegah Overheat

Radiator memiliki fungsi untuk membuang panas yang diserap oleh air pendingin mesin ke atmosfer. Setiap komponen pada radiator mobil tentu memiliki fungsi yang sangat penting. Mulai dari komponen yang kecil hingga tutup radiator juga memiliki fungsi yang sangat penting. Selain memiliki fungsi sebagai penutup lubang pengisian air radiator, komponen ini ternyata mampu menjaga sirkulasi air dan mengatur tekanan valve tetap stabil pada sistem pendinginan mesin. Banyak fungsi lainnya dari tutup radiator yang mungkin tidak banyak orang yang tau, jadi mari kita ketahui fungsi lainnya dari komponen tersebut pada pembahasan ini.

  • Penutup Lubang Pengisian Cairan Radiator

Fungsi mendasar dari tutup radiator adalah menjaga radiator mobil agar tetap berfungsi dengan baik. Salah satu fungsinya yaitu sebagai penutup lubang pengisian cairan radiator atau dikenal juga dengan sebutan vacuum value. Kesediaan air dalam radiator sangat mempengaruhi suhu mobil. Jika air didalam radiator kurang dari ketentuan yang sudah ada maka suhu mobil akan meningkat. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga agar air dalam radiator tidak tumpah.

  • Mengatur Tekanan

Mesin menghasilkan output dengan membakar bahan bakar dan udara di dalamnya, panas yang dihasilkan pada proses tersebut dapat membahayakan mekanisme internal mobil jika tidak mengambil tindakan terhadap hal tersebut. Oleh karena itu, udara dan air pada radiator digunakan untuk mendinginkannya ke suhu yang sesuai. Pada prosesnya, air pendingin disirkulasikan melalui mesin, dan panas dibuang ke atmosfer oleh radiator yang terletak di depan ruang mesin.

  • Menjaga Sirkulasi antara Radiator dengan Tabung Reservoir

Tabung reservoir adalah komponen penting yang berfungsi sebagai wadah fluida cadangan atau air berlebih dari radiator. Pada prosesnya air radiator dapat mengalami pengurangan atau penambahan jumlah.  Air dalam radiator dapat mengalami pengurangan atau kelebihan jumlah maka disini alat penutup dan tabung reservoir berperan untuk menstabilkan air yang ada di reservoir sesuai dengan kapasitas normalnya.

Apabila ada kejadian jumlah air di radiator tidak sesuai dengan kapasitas normalnya, baik tabung reservoir atau penutup radiator akan berusaha menyelesaikannya dengan menyimpan air cadangan pada tabung reservoir. Air yang lebih dari radiator akan disimpan dalam tabung resevoir untuk sementara waktu dan air tersebut dapat tersedot lagi dalam radiator sehingga penutup radiator memberikan peran dalam menjalankan sirkulasinya. 

  • Menjaga Agar Mobil Tetap Dingin

Melalui sirkulasi radiator dalam mobil, penutup radiator dapat mengurangi efek samping dari proses pembakaran bahan bakar. Penutup radiator akan memindahkan kalor panas dari mesin mobil ke udara secara perlahan agar tidak menimbulkan efek buruk bagi mobil, contohnya seperti ketidakseimbangan tekanan dalam mesin..

Sebelum terlepas secara total ke udara, kalor yang terserap dari mesin dijaga dengan baik oleh komponen radiator tersebut. Proses ini sangat membantu radiator dalam upaya menjaga mobil agar tetap dingin. Selain itu, upaya lain untuk menjaga mobil tetap dingin adalah dengan mencegah penguapan yang terlalu banyak. Seperti sifatnya jika kalor yang ditangkap dalam radiator terlalu banyak, hal ini tentu akan membuat air dalam radiator mengalami penguapan pada titik didihnya. Oleh sebab itu, anda harus senantiasa selalu memantau kondisi air didalam radiator dengan melihat temperatur suhu radiator.

  • Mengembalikan Air Pendingin dari Luar

Vacuum valve (tutup radiator) tidak hanya memberi tekanan, tetapi juga dirancang untuk bekerja dengan tangki reservoir. Pendingin juga terdapat dalam tangki reservoir yang terhubung ke radiator dengan selang tipis, sehingga tidak perlu sering mengisi ulang cairan pendingin. Cairan pendingin di radiator, yang penuh, bertambah volumenya seiring dengan kenaikan suhu saat mesin dihidupkan. Ketika tekanan yang disetel tercapai, air mengalir keluar ke tangki reservoir, tetapi ketika suhu turun, volume berkurang dan tekanan turun, sehingga air pendingin ditarik kembali dari tangki reservoir ke sisi radiator. Pada saat ini, katup sisi tengah yang disebut katup tekanan negatif beroperasi dalam arah yang berlawanan dengan katup tekanan.

Solusi Vacuum Valve Cap Radiator Rusak atau Hilang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa komponen radiator yang satu ini sangat berperan penting untuk menjaga mobil agar selalu dalam kondisi yang baik. Beberapa hal berikut menandakan bahwa penutup radiator anda rusak, terdapat air radiator di sekitarnya, reservoir tidak meluap, selang radiator rusak, udara di dalam sistem pendingin, dan mesin terlalu panas. Jika vacuum valve rusak atau hilang jangan menunggu lagi anda harus segera menggantinya, apabila tidak segera diganti dapat membuat air radiator mengering sehingga menyebabkan mobil overheat.

Tutup pengganti, tekanan yang disetel tutup radiator umum adalah 0,9 atau 1,1 kg sentimeter persegi, tetapi ada juga tipe tekanan tinggi seperti 1,3 kg (sentimeter persegi) untuk tutup tipe olahraga. Dalam hal ini, titik didih akan meningkat, tetapi tekanan saat air pendingin mengalir keluar ke tangki reservoir selama pemanasan normal juga akan meningkat, sehingga beban pada selang karet akan meningkat bahkan dalam penggunaan sehari-hari. Jika ada alasan yang jelas akan efektif, tetapi ada juga yang rebound, jadi mari kita ganti setelah memahami tujuannya.

Nah sudah tau bukan, komponen yang terlihat biasa saja akan tetapi memiliki peran yang sangat penting. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan kamu harus mengecek kendaraan kamu dengan lebih teliti lagi agar siap untuk melakukan perjalanan dan terhindar dari kecelakaan. Selain mengecek kendaraan, lebih baik kamu sudah terdaftar asuransi kendaraan gunanya agar kendaraan anda terjamin bahkan mungkin untuk mendapat penggantian.  Jika kamu belum memiliki asuransi kamu dapat mengunjungi cekpremi, untuk memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk kunjungi segera cekpremi, dan nikmati manfaatnya !

Pertanyaan Seputar Tutup Radiator

Berikut pernyataan yang sering kali dipertanyakan.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa fungsi tutup radiator ?” answer-0=”Fungsi mendasar dari penutup radiator adalah menjaga radiator mobil agar tetap berfungsi dengan baik. Salah satu fungsinya yaitu sebagai penutup lubang pengisian cairan radiator atau dikenal juga dengan sebutan vacuum value. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa yang terjadi bila tutup radiator rusak?” answer-1=”Air radiator akan mengering dan menyebabkan mobil overheat. Tandanya jika tutup radiator mobil anda rusak adalah dengan melihat pada pinggiran penutup radiator apakah terdapat air atau adanya warna keputihan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Begini Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung Supaya Sesuai Kebutuhan

Semakin hari kita dihadapkan dengan perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan suhu udara semakin tinggi dan…

July 5, 2024

8 Manfaat Peach Gum, Makanan Enak dan Baik Bagi Tubuh!

Peach gum belakangan ini memang sedang populer dikarenakan rasanya yang enak dan berbagai manfaat yang…

July 5, 2024

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024