Ucapan Terima Kasih dalam Berbagai Bahasa dan Manfaatnya

Ucapan terima kasih

Mempelajari ucapan terima kasih dalam berbagai bahasa penting dilakukan oleh Anda yang senang menjelajah atau traveling. Terima kasih merupakan wujud penghargaan atas pemberian. Anda yang mengucapkannya ketika berkunjung ke daerah tertentu juga pasti akan diterima dan disambut dengan lebih baik.

Saat ini setidaknya ada 6000 bahasa yang dipakai di seluruh dunia. Mempelajari setiap bahasa pasti akan sangat bermanfaat untuk Anda. Salah satu ucapan sederhana dan mendasar adalah terima kasih. Berikut ragam ucapan terima kasih dalam berbagai bahasa yang perlu dipelajari.

Ragam Ucapan Terima Kasih dalam Berbagai Bahasa

Seorang traveler sebaiknya tidak hanya lihai menemukan destinasi yang menarik, tetapi juga membekali diri dengan kemampuan berbahasa asing. Tak harus kalimat panjang, Anda bisa mencoba dari dasar seperti ucapan terima kasih atau permintaan maaf. Inilah beberapa cara mengucapkan terima kasih dalam berbagai bahasa yang penting diketahui.

  • Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Daerah di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Ada setidaknya 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tiap-tiap wilayah pasti mempunyai bahasa daerah yang berbeda-beda. Tentu saja cara mengucapkan terima kasih dalam bahasa daerah di Indonesia pun tidak sama. Simak ucapan terima kasih dalam bahasa daerah di nusantara berikut ini.

Bahasa Jawa : matur nuwun

Bahasa Jambi : terimo kasih

Bahasa Sunda : hatur nuhun, hatur nuhun pisan

Bahasa Bali : suksema

Bahasa Batak : muliate

Bahasa Minang : tarimo kasi

Bahasa Sasak : tampiaseh

Bahasa Nias : sauweghele

Bahasa Toraja : kurrusumanga’

Bahasa Madura : sakalangkong

Bahasa Banjar : tarima kasih

Bahasa Manado : makase

Bahasa Kutai : makaseh

Bahasa Maumere : epanggawang

Bahasa Aceh : teurimong gaséh, makasih beh

Bahasa Makassar : tarima kasih

Bahasa Karo : bujur melala

Bahasa Migani (Papua) : amanai

  • Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Mancanegara

Free Letter Tiles on Flat Surface Stock Photo

Mempunyai keterampilan berbahasa asing dapat memudahkan Anda berkomunikasi dan mendapatkan banyak teman dari berbagai belahan dunia. Ucapan terima kasih menjadi kalimat dasar yang pasti dikatakan setelah mengobrol. Inilah berbagai cara mengucapkan terima kasih dengan bahasa mancanegara.

Arab: syukron

Afrika: dankie

Brasil: obrigado

Belanda: dank Je

Cina: xie-xie

Ceko: děkuji

Denmark: tak

Finlandia: kiitos

Filipina: salamot

Hawai: mahalo

Inggris: thank you

India: dhanyavad

Irlandia: buíochas

Italia: grazie

Israel: toda

Jerman: danke

Jepang: arigatou

Korea: gamsahamnida

Perancis: merci

Polandia: dziękuję

Spanyol: gracias

Taiwan: to-siā

Turki: tesekkur ederim

Thailand: khwap khun

Ukraina: dyakuyu tobi

Vietnam: cám ơn

Yunani: sas efharisto

Manfaat Mengucapkan Terima Kasih bagi Kehidupan

Mengucapkan terima kasih ternyata dapat membawa dampak positif bagi kehidupan seseorang. Kebiasaan tersebut bukan hanya ditujukan untuk membalas budi maupun kebaikan orang lain, tetapi bermanfaat bagi kesehatan fisik serta mental. Lantas, apa saja yang bisa Anda dapatkan jika membiasakan diri berterima kasih?

  • Tubuh Lebih Sehat

Kebiasaan yang sering dipandang sebelah mata itu rupanya punya segudang manfaat bagi kesehatan. Terima kasih merupakan perkataan yang senantiasa diucapkan oleh orang-orang optimis. Mengucapkan kalimat pendek ini mampu menghambat produksi hormon kortisol, menurunkan tekanan darah, dan menyehatkan jantung.

  • Meningkatkan Produktivitas

Berterima kasih adalah bentuk penghargaan seseorang terhadap orang lain. Termasuk atasan pada bawahan. Kata ini bisa memicu semangat tim untuk bekerja lebih giat sehingga produktivitas pun meningkat.

  • Mencegah Depresi

Orang-orang yang senantiasa bersyukur salah satunya dengan mengucap terima kasih, akan terhindar dari stres dan depresi. Kondisi ini berbanding terbalik dengan mereka yang jarang berterima kasih atas kebaikan orang lain.

  • Meningkatkan Self Esteem

Sering mengucapkan terima kasih pada diri sendiri rupanya mampu meningkatkan self esteem. Anda pun akan lebih menghargai diri Anda dan terhindar dari perasaan iri melihat keberhasilan orang lain.

  • Memperkuat Hubungan

Pasangan yang terbiasa saling berterima kasih cenderung mempunyai hubungan yang lebih kuat. Tidak hanya itu, kebiasaan kecil ini ternyata mampu menciptakan kenyamanan masing-masing sehingga tidak khawatir saat akan menyampaikan pendapat atau berdiskusi.

  • Tidur Makin Nyenyak

Sebelum tidur, cobalah untuk bersyukur dengan mengucap terima kasih lalu mengingat semua hal yang pernah terjadi. Kebiasaan ini membuat tidur lebih nyenyak dan tenang.

  • Hidup Lebih Ringan

Orang yang memiliki kebiasaan ini umumnya mempunyai karakter yang sabar, percaya diri, optimis, serta penuh semangat. Selain itu, mereka pun cenderung mampu membuat keputusan jangka panjang dengan lebih baik.

  • Menurunkan Risiko Demensia

Berterima kasih mampu meningkatkan kebahagiaan sehingga berpengaruh terhadap keseimbangan hormon tubuh. Ini dianggap bisa membantu meningkatkan kesehatan sekaligus menurunkan risiko demensia, sebab tingginya rasa terima kasih adalah cerminan seseorang yang mampu menghargai segala hal.

Mengetahui ucapan terima kasih dari berbagai bahasa tentu akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi dan memberi penghargaan atas kebaikan orang lain. Berterima kasih bisa Anda lakukan pada semua orang. Sebagai contoh, ucapan terima kasih kepada keluarga besar, ucapan terima kasih atas kerjasama dan dukungan, atau kata-kata terima kasih atas semuanya.

Kemampuan menggunakan bahasa asing dalam berterima kasih membuat Anda lebih diterima juga disukai. Ini sangat penting terlebih apabila Anda senang berpetualang dan menjelajah berbagai destinasi menarik.

Selain mempersiapkan kebutuhan perjalanan dan ragam keterampilan seperti kemampuan berbahasa asing, Anda pun tidak boleh mengabaikan kesehatan. Tetap siaga dan pastikan telah memiliki asuransi perjalanan yang akan memberi perlindungan pada Anda selama bepergian baik di dalam atau luar negeri.

Bagi Anda yang hendak traveling, tetapi belum mempunyai asuransi perjalanan dapat mencari produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi profesional di cekpremi. Sebagai portal pembanding asuransi berbasis online yang tepercaya, Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan asuransi dengan praktis tanpa biaya tambahan apapun tiap pembelian produk di sini.

Terdapat tiga tipe asuransi perjalanan yang ditawarkan. Pertama yaitu Worldwide yang memberi jaminan saat melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Kedua, Domestik yang menjamin perjalanan di Indonesia baik lewat jalur darat, laut, atau udara. Ketiga, Asia yang memberi jaminan ketika Anda melakukan perjalanan ke berbagai negara di Benua Asia.

Cekpremi juga telah bermitra dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi tepercaya sehingga lebih mudah bagi Anda menentukan produk yang tepat. Jadi, jangan ragu untuk mencari produk asuransi perjalanan sesuai kebutuhan di cekpremi.com demi kenyamanan selama traveling.

Sumber referensi:

Sonora

SehatQ

Portal Satu