Mengenal Ukuran Kertas F4 & A4, Apa Bedanya?

ukuran kertas f4

Beragam ukuran kertas seringkali diperlukan di berbagai layanan, misalnya jasa fotokopi, urusan sekolah, hingga perkantoran. Masing-masing kebutuhan penggunaannya haruslah disesuaikan dengan ukuran kertas. Berbagai ukuran tersedia, seperti kertas A4, letter, legal, hingga ukuran kertas F4.

Setiap ukuran kertas ini juga memiliki fungsi yang berbeda. Ada yang bisa digunakan untuk kertas surat, pembuatan formulir, dokumen penting, hingga kertas menggambar. Dalam berbagai aspek, tentu saja pemilihan ukuran kertas yang tepat sangatlah penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tahu berbagai ukuran kertas tersebut beserta fungsinya.

Inilah Perbedaan Fungsi dan Ukuran Kertas F4 dengan Jenis Lainnya

Berbagai jenis kertas tersedia dalam beragam ukuran. Namun dari berbagai ukuran yang ada, kertas Letter, Legal, F4 dan A4 adalah yang paling populer untuk kebutuhan dokumen. Diantara berbagai pilihan tersebut, masyarakat Indonesia cukup sering menggunakan ukuran F4.

Walaupun ukuran ini tidak masuk ke dalam standar ukuran Microsoft Word. Apabila dibandingkan dengan ukuran standar lain yang ada, kertas F4 ini bisa dibilang juga menjadi salah satu yang pas untuk keperluan pembuatan dokumen. Berikut ini perbedaan fungsi dan ukuran kertas F4 yang perlu Anda tahu.

Sumber : https://www.freepik.com/free-photo/hand-with-brochure-folded_7410385.htm#&position=0&from_view=collections

Kertas F4

Beberapa orang biasa menyebut kertas F4 ini sebagai kertas folio. Hal ini tentu tidak salah ka, mengingat ukurannya yang juga sama. Namun, jenis ini tidaklah sama dengan folio bergaris yang terdiri dari dua lembar kertas. Kertas folio dalam bentuk bergaris juga banyak tersedia di pasaran.

Namun perlu diketahui, bahwa kertas folio tanpa garis (disebut juga kertas biasa) disebut dengan kertas F4. Kertas folio F4 biasa digunakan untuk korespondensi atau surat menyurat dan fotokopi dokumen penting seperti ijazah, kartu keluarga, dan akta kelahiran.

See also Pengertian Simbol Flowchart, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Bila dibandingkan, ukuran kertas F4 ini lebih panjang dibandingkan ukuran kertas A4, yakni 216 x 330 mm/21,6 x 33 cm/8,5 x 13 inci. Dengan jenis kertas folio yang hadir dalam berbagai ukuran standar, membuatnya cocok untuk berbagai kegunaan.

Beberapa orang bahkan sering mengira bahwa ukuran kertas folio sama dengan ukuran kertas legal yang biasa terdapat pada aplikasi Microsoft Word. Meskipun keduanya umum digunakan untuk mencetak dokumen, kertas F4 seringkali dipilih ketika dokumen yang dicetak memerlukan lebih banyak dan dengan halaman yang lebih panjang.

Dalam bidang percetakan, ukuran kertas F4 ini hampir selalu dibutuhkan. Ada banyak penggunaan yang memerlukan kertas F4 untuk mencetak. Contohnya adalah kertas F4 untuk membuat laporan. Selain itu, kertas F4 juga sering digunakan untuk berbagai macam pekerjaan seperti pembuatan soal atau hal lainnya.

Keperluan lain, diantaranya yaitu pembuatan formulir seperti formulir pendaftaran yang seringkali menggunakan kertas F4. Banyak sekali contoh penggunaan kertas F4 dalam kehidupan sehari-hari. Yang pasti, folio atau F4 merupakan salah satu ukuran kertas yang paling umum digunakan.

Kertas A4

Kertas A4 merupakan jenis kertas yang paling umum kita temui di berbagai lembaran dokumen. Jenis kertas A4 banyak digunakan untuk pembuatan makalah, esai, atau buku bergambar kecil. Kertas A4 juga sering disamakan dengan kertas letter atau kuarto, meskipun ukuran kertasnya memiliki panjang dan lebar yang berbeda.

Dimana ukurannya cukup mirip yaitu 210 x 297 mm. Kertas A4 umumnya digunakan untuk mencetak dokumen, surat, laporan, dan lainnya karena ukurannya yang standar dan cocok untuk berbagai keperluan kantor dan pendidikan.

Perbedaan utama dengan F4 terletak pada panjangnya, di mana ukuran kertas F4 lebih panjang daripada kertas A4. Keduanya termasuk dalam varian ukuran kertas standar, tetapi biasanya digunakan untuk keperluan yang berbeda.

See also 7 Cara Jual Apartemen yang Benar, Dijamin Cepat Laku!

Kertas Letter (Kuarto)

Selanjutnya, ada kertas kuarto yang memiliki ukuran 216 x 279 mm / 21,6 cm x 27,9 cm / 8,5 x 11 inci. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cukup banyak orang yang menganggap jika kuarto dan A4 itu adalah jenis sama.

Padahal, kertas kuarto cenderung lebih pendek, namun lebih lebar dibandingkan kertas A4. Kertas jenis ini juga jarang ditemukan di toko fotokopi pinggir jalan. Pasalnya, kertas kuarto jarang dipakai untuk kebutuhan dokumen, namun lebih banyak digunakan untuk surat menyurat.

Jenis kertas tersebut lebih umum digunakan di negara-negara Eropa dan Amerika sebagai kertas untuk menulis surat atau korespondensi. Kertas khusus untuk keperluan surat menyurat ini berukuran lebih pendek dibanding A4, dan terdapat kode Q yang menunjukkan ukuran Quarto.

Kertas Legal

Seperti halnya A4 dan Quarto, dimana jenis kertas legal juga seringkali dianggap oleh sebagian orang sama dengan kertas F4. Meskipun kertasnya lebih panjang 2,6cm dari ukuran kertas F4. Demikian pula dengan kertas legal yang mempunyai kesamaan dengan kertas kuarto. Dimana keberadaannya sulit ditemukan di tempat fotokopi biasa.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda membeli secara online jika membutuhkannya. Selain itu, perbedaan lain juga terdapat ukuran kertas legal itu sendiri. Jenis kertas ini berukuran 216 x 356 mm/21,6 cm x 35,6 cm/8,5 x 14 inci. Sekarang ini, kertas legal sudah cukup jarang digunakan di Indonesia.

Hal ini seiring dengan penggunaannya yang sudah tergantikan oleh kertas F4. Namun karena ketebalan kertas legal, membuatnya sering digunakan sebagai kertas sertifikat, penghargaan atau tanda bukti. Selain itu, perusahaan juga sering menggunakan kertas ini sebagai kertas surat menyurat maupun kebutuhan resmi lainnya.

Dengan memahami perbedaan beberapa jenis kertas diatas, Anda dapat menghindari kesalahan saat mencetak dokumen. Kesalahan saat mencetak dokumen karena salah memilih jenis kertas akan membuat Anda mengeluarkan biaya lebih karena harus mencetak ulang.

See also 4 Rahasia Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Cash Flow Lancar!

Begitupun ketika Anda salah dalam memilih ukuran. Misalnya saja ketika harus menggunakan ukuran kertas F4, namun Anda menggunakan ukuran lain. Hal ini bisa menjadikan teks yang ada pada dokumen terpotong pada hasil cetakan.

Melihat adanya berbagai resiko dalam dunia pekerjaan, pendidikan, maupun berbagai hal lain dalam aspek kehidupan, maka penting untuk selalu memiliki proteksi yang mampu menjamin semuanya. Salah satu jaminan tersebut adalah melalui asuransi, yang mampu memberikan pertanggungan atas kerugian yang terjadi.

Berbagai jenis asuransi tersedia, baik itu asuransi kesehatan hingga asuransi mobil. Cekpremi.com hadir membantu Anda memberikan informasi lengkap seputar produk asuransi. Tim ahli akan membantu Anda dalam memberikan rekomendasi asuransi terbaik. Dapatkan perlindungan yang tepat dengan produk asuransi via Cekpremi.com!

Referensi :

Citra Kencana Abadi

Dua Rupa

Gramedia

Koesrow

Akseleran