Water Hammer, Pengertian, dan Penyebabnya

water hammer

Bagi beberapa orang, istilah water hammer mungkin masih asing di telinga. Namun pada kenyataannya, kondisi tersebut sangat berbahaya karena dapat merugikan kamu jika sampai terjadi.

Water hammer adalah suatu kondisi kondisi ketika mobil terendam air, atau melewati area dengan genangan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu harus waspada mengenai hal tersebut.

Pengertian dan Penyebab Terjadinya Water Hammer

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), water hammer adalah, ketika blok mesin pecah karena air yang masuk kedalam ruang bakar mobil melalui intake. Selain itu, air dapat masuk ke sistem mesin pelumasan.

Sedangkan, seharusnya air bukan hal yang dibutuhkan mesin untuk bekerja. Karena mesin lebih membutuhkan udara agar dapat membantu sistem kompresi.

Piston dapat bekerja karena ditekan oleh udara, namun jika air masuk kedalam bagian tersebut, maka tekanan akan berasal dari air. Tekanan air jauh lebih besar, sehingga dapat menimbulkan dorongan yang berlebihan pada piston.

Hal tersebut dapat menyebabkan setang piston menjadi bengkok. Air dapat masuk kedalam mesin mobil melalui celah, salah satunya melalui knalpot. Hal ini dapat terjadi jika kamu melewati area banjir yang tingginya mencapai knalpot, sekitar 50 cm atau lebih.

Water hammer bukan timbul akibat banjir saja, melainkan ketika proses mencuci mobil juga dapat menjadi penyebabnya. Hal ini dapat mengakibatkan blok mesin retak, atau bahkan mesin mobil yang tidak dapat menyala.

Jika air yang ada masuk kedalam mesin mobil tercampur bersama dengan oli, dapat menyebabkan panas mesin mobil tidak stabil, bahkan dapat berlebih. Sehingga hal ini tidak boleh kamu anggap remeh.

Cara Mencegah Terjadinya Water Hammer

Berikut ini adalah cara mencegah water hammer, agar kamu dapat lebih berhati-hati dalam berkendara, yaitu:

  • Menghindari Jalan yang Terdapat Genangan Air

Karena air adalah penyebab utama dari water hammer, maka kamu harus menghindari jalan yang terdapat genangan air. Hal ini dapat membantumu untuk mencegah masuknya air kedalam komponen mesin yang dapat mengakibatkan water hammer.

Jika kamu terpaksa harus melewati jalur yang terdapat genangan air atau bahkan banjir, usahakan untuk melewati bagian jalan yang genangannya cukup dangkal. Selain itu, hindari berkendara terlalu kencang, agar air tidak masuk kedalam mesin.

  • Menghindari Air dengan Arus yang Deras

Jika jalan yang sedang kamu lalui sedang mengalami banjir, dan mau tidak mau kamu harus melewati jalur tersebut, kamu dapat menghindari genangan air yang berarus. Contohnya seperti truk yang melintas di samping mobil.

Hal tersebut dapat mengakibatkan air akan mengalir deras, sehingga masuk kedalam mesin mobil. Jadi kamu dapat menghindari air dengan arus yang mengalir deras.

  • Mempertahankan Kecepatan Mobil Ketika Melewati Banjir

Jika tidak ada pilihan jalur lain yang dapat kamu lalui selain melewati jalanan yang banjir, usahakan untuk menginjak gas mobil dengan stabil. Agar air banjir tidak dapat masuk melalui knalpot mobil, dan mobil kamu tidak akan mati mendadak.

Selain itu, cara tersebut tentunya dapat membantumu untuk terhindar dari terjadinya water hammer. Sehingga mobilmu tidak akan mengalami kerusakan pada mesin yang membuatnya tidak dapat menyala.

Saat musim hujan, hal yang harus diwaspadai yaitu melewati jalan yang banjir. Selain kemacetan, banjir dapat mengakibatkan terjadinya water hammer pada mobil.

Jika mobil mengalami water hammer, dapat berdampak pada kerusakan pada mesin mobil. Oleh karena itu, agar lebih waspada jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu dapat menggunakan asuransi mobil.

Cek Premi adalah tempat bagi kamu yang merasa kesulitan untuk memilih asuransi mana yang akan dipilih. Karena, Cek Premi dapat merekomendasikan asuransi mobil terbaik dan terpercaya untuk kamu.

Pertanyaan Seputar Water Hammer

Karena water hammer bagi beberapa orang masih kurang terdengar familiar, oleh karena itu beberapa pertanyaan terkait hal ini seringkali ditanyakan, yaitu:

Berapa biaya perbaikan mesin mobil jika terkena water hammer?

Biaya perbaikan tergantung berdasarkan merek mobil, dan permasalahannya. Namun untuk kisaran biaya mulai dari Rp10.000.000,00 – Rp30.000.000,0 untuk mesin mobil Nissan.

Bagaimana cara membersihkan mobil ketika melewati banjir atau genangan air?

Kamu dapat membersihkan ruang bakar pada mobil menggunakan lap microfiber yang sedikit basah, atau kuas agar tidak terjadi konslet atau kebakaran.

Tags: water hammer, pengertian, penyebab, banjir, genangan air

Sumber referensi:

Kompas