Wisata Balige Pantai Bulbul, Berpasir Putih dan Berair Tawar

wisata balige pantai bulbul

Sumatera Utara tidak hanya terkenal dengan objek wisata Danau Toba saja, namun ada wisata Balige Pantai Bulbul yang menarik. Pantai Bulbul menawarkan pesona alam yang menakjubkan sehingga wajib masuk ke daftar liburan yang tidak boleh terlewatkan.

Saat liburan tiba, Anda pasti langsung berburu tempat wisata yang indah dan terbaru terutama objek wisata pantai. Selain di Bali atau Gunung Kidul, Anda bisa menemukan destinasi wisata cantik di Balige yang tidak kalah dengan pantai lainnya.

Daya Tarik Wisata Balige Pantai Bulbul

Pantai Bulbul merupakan salah satu pantai bersejarah yang populer di Provinsi Sumatera Utara yang mampu memanjakan wisatawan. Apa saja daya tarik Pantai Bulbul? Sama seperti pantai lainnya, Pantai Bulbul memiliki daya tarik sebagai berikut:

  • Keunikan dan Eksotisme Pantai

Pantai Bulbul di Balige ini terkenal dengan keunikannya sebagai satu-satunya pantai di Indonesia yang memiliki air tawar. Tidak hanya itu saja, keberadaan pasir putih yang halus dan bersih membuat keindahan pantai semakin eksotis.

  • Pemandangan Bukit hingga Danau Toba

Wisata Balige Pantai Bulbul juga menyajikan pemandangan deretan bukit yang menjulang tinggi dan dipenuhi pepohonan hijau yang lebat. Bahkan Anda juga bisa menikmati keindahan Danau Toba dari tepian pantai sambil bersantai.

  • Keindahan Sunset atau Sunrise yang Memukau

Pantai Bulbul memiliki sejumlah daya tarik yang mampu memikat wisatawan, tidak hanya dari keunikan dan keindahan Danau Toba. Namun, Anda bisa menikmati momen matahari terbit dan terbenam yang cantik serta menawan.

Aktivitas Seru di Pantai Bulbul

Termasuk pantai terpopuler di Sumatera Utara, Pantai Bulbul memang memiliki sederet daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Selain bisa menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dan seru selama berada di area pantai.

See also Curug Kiara Danu di Majalengka, Seperti Apa Keindahannya?

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengajak keluarga, pasangan, atau teman untuk liburan ke pantai eksotis ini. Adapun beberapa aktivitas dalam area wisata Balige Pantai Bulbul yang bisa Anda lakukan bersama keluarga atau pasangan antara lain:

  • Berenang

Aktivitas wajib ketika berkunjung ke Pantai Bulbul tentu saja berenang menikmati air yang jernih dan bersih. Selain tawar, airnya juga tenang sehingga aman dan nyaman untuk aktivitas berenang atau bermain air bersama anak-anak.

  • Bersantai di Tepi Pantai

Kegiatan lain yang banyak orang lakukan di pantai selain berenang adalah duduk santai sambil menikmati pemandangan pantai yang eksotis. Bahkan Anda bisa menikmati pemandangan langit pagi dan senja yang begitu cantik.

  • Bermain Pasir Putih

Wisata Balige Pantai Bulbul juga terkenal memiliki pasir putih yang halus dan bersih yang asyik menjadi area bermain. Anda bisa menulis kata-kata atau membangun istana pasir impian serta mengubur sebagian badan dalam pasir sembari menikmati udara pantai.

  • Bermain di Taman

Dalam area wisata Bulbul ini juga terdapat taman bermain yang cocok untuk wahana bermain anak-anak. Terdapat wahana permainan, seperti jungkat-jungkit, ayunan, perosotan, dan masih banyak jenis permainan anak-anak lainnya.

  • Foto Selfie

Selain berenang, bermain pasir, atau mengajak anak bermain di taman, foto selfie juga menjadi aktivitas paling menarik di Pantai Bulbul. Tentu kurang afdol rasanya jika berlibur tanpa mengabadikan setiap momen spesial dengan latar pantai yang indah nan eksotis.

  • Wahana Permainan Air

Bahkan Anda juga bisa menikmati berbagai wahana air, mulai naik kapal atau kora dan naik banana boat mengelilingi pantai. Dengan menaiki wahana air tersebut tentu Anda bisa lebih puas melihat keindahan Pantai Bulbul secara keseluruhan.

  • Berburu Oleh-Oleh

Aktivitas lain yang bisa pengunjung lakukan di wisata Balige Pantai Bulbul tentunya berburu oleh-oleh khas daerah setempat. Daerah Balige memiliki beraneka ragam kuliner khas yang menarik, lezat, dan mampu membuat lidah ketagihan.

See also Apa Itu Transit pada Perjalanan Menggunakan Pesawat Terbang

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Meskipun sudah populer di kalangan wisatawan, mungkin Anda masih belum mengetahui lokasi tepat dari pantai ini. Pantai Bulbul masih berada satu kawasan dengan Danau Toba yang juga menawarkan pemandangan indah dan memesona.

Lebih tepatnya, Bulbul ini berada di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Jarak dari Bandara Silangit menuju ke Pantai Bulbul membutuhkan waktu sekitar 30 menit, serta transportasi ke objek wisata tergolong mudah.

Harga Tiket

Wisata Balige Pantai Bulbul sudah terlacak menggunakan Google Maps sehingga tidak perlu khawatir tersesat di jalan. Harga tiket masuk pantai satu ini juga terjangkau Rp 5.000 per orang, sedangkan biaya parkir mulai dari Rp 5.000,- sampai Rp 10.000 – dan sudah tersedia area parkir yang luas.

Jika berkeinginan menaiki perahu, Nada bisa membayar Rp 10.000,- hingga Rp 30.000,- per orang sesuai jenis perahu. Untuk harga sewa banana boat hari Senin sampai Jumat Rp 40.000,- per orang dan weekday atau weekend Rp 100.000,- per orang.

Fasilitas yang Tersedia

Selain daya tarik dan tarifnya, tentu saja Anda juga perlu mengetahui fasilitas yang tersedia pada area objek wisata. Berlibur ke Pantai Bulbul akan menyenangkan dan nyaman karena sudah tersedia fasilitas sebagai berikut:

  • Pondok Istirahat dan Toilet

Terdapat pondok kecil untuk tempat beristirahat para pengunjung yang datang ke wisata Balige Pantai Bulbul. Anda bisa bersantai di pondok sambil menikmati pemandangan, serta sudah tersedia toilet yang bersih khusus pengunjung wisata.

  • Homestay Rumah Warna

Tidak hanya tersedia pondok kecil saja, Anda juga bisa menginap di homestay Rumah Warna setelah lelah bermain di pantai. Dengan menginap, Anda bisa melihat eksotisme dan romantisnya pemandangan pantai malam hingga pagi hari.

  • Warung Makan dan Jasa Penyewaan

Tidak perlu khawatir kelaparan ketika berkunjung ke Pantai Bulbul ini, ada banyak warung makan yang menawarkan masakan lezat. Bahkan tersedia jasa penyewaan tikar hingga pelampung demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung pantai pasir putih Bulbul Balige ini.

See also Pantai Kuala Kambas, Destinasi Wisata Favorit di Lampung

Mengisi waktu luang berkunjung ke Pantai Bulbul tentu pilihan yang tepat, namun tidak kupa gunakan perlindungan perjalanan terbaik. Daftarkan diri dan anggota keluarga lainnya pada asuransi perjalanan terbaik agar lebih nyaman saat melakukan perjalanan jauh maupun dekat.

Anda bingung memilih perusahaan asuransi terbaik? Silakan kunjungi website cekpremi.com untuk mendapatkan informasi sebagai pertimbangan. Demikian ulasan tentang wisata Balige Pantai Bulbul yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur.

Referensi:

Andalas Tourism

Pesisir

Tempat Wisata