Wisata Belakang Padang Tawarkan Kegiatan Liburan Seru

wisata belakang padang

Pernah dengar tempat wisata Belakang Padang? Lokasinya bukan di Padang namun justru di Batam. Tempat wisata ini berupa sebuah pulau yang dulunya merupakan pusat kecamatan sebelum pindah ke Batam.

Pulau yang berbatasan langsung dengan negara Singapura memiliki mayoritas penduduk suku Melayu dan juga Padang. Jadi Anda yang ingin mengenal kebudayaan Melayu bisa berwisata ke Belakang Padang. Seperti apa daya tarik dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat liburan nanti?

Aktivitas Menarik dan Lengkap di Wisata Belakang Padang

Berupa pulau bukan berarti Belakang Padang menjadi tempat wisata yang terpencil. Justru berbagai fasilitas sangat lengkap untuk menikmati liburan Anda. Sebelum berangkat Anda bisa mengecek jadwal kapal ke Belakang Padang dari Batam. Ada banyak kapal kecil yang akan mengantarkan Anda ke pulau ini.

Hanya butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit agar Anda sampai ke Belakang Padang dengan biaya Rp15.000 per orang. Sesampainya di pelabuhan kecil pulau ini Anda akan disambut dengan pemukiman penduduk setempat yang bersih.

Selama berada di pulau ini berbagai aktivitas menarik berikut bisa Anda lakukan.

  • Melihat Negara Singapura

Wisata Belakang Padang sangat dekat dengan Singapura membuat Anda bisa melihat negara tersebut dari pulau ini. Sebelumnya Anda harus datang terlebih dahulu ke bukit Jepang Belakang Padang.

Jika ingin ke Bukit Jepang Anda bisa naik ojek dengan biaya Rp7.000 dari SMP Negeri 2. Di atas bukit Anda bisa melihat Marina Bay Sands serta Singapore Flyer. Tidak hanya ke arah Singapura, Anda juga bisa melihat pemandangan Tanjung Uncang Batam.

  • Aktivitas Bekarang

Masyarakat setempat memiliki kebiasaan Bekarang yaitu mencari hasil laut di malam hari pada karang pepohonan bakau. Anda bisa melakukan Bekarang yang sangat seru bersama dengan penduduk lokal.

Biasanya Anda akan dibekali dengan sepatu karet dan alat-alat tradisional untuk mencari hasil laut. Mulai dari kepiting, udang dan lainnya bisa didapatkan. Biasanya aktivitas ini dilakukan sekitar pukul 7 malam. Bekarang bisa dilakukan 2 sampai 3 jam saja. Hasil laut yang didapatkan bisa Anda masak sendiri.

  • Bermain di Pantai Pasir Putih

Sumber: https://elements.envato.com/a-man-walks-on-the-background-of-a-beautiful-white-8W2G2WX

Pulau Belakang Padang terkenal dengan keindahan pantainya yang berpasir putih sangat halus. Anda bisa mengunjungi pantai Pasir Putih Belakang Padang yang memiliki perairan dangkal sehingga sangat aman jika Anda dan keluarga ingin berenang ke pantai ini. Anda juga bisa berjemur di pinggir pantai atau bermain pasir.

Di pantai ini Anda juga bisa bermain kano dengan menyewa sekitar sekitar Rp30.000 hingga Rp40.000. Ombaknya yang kecil membuat aktivitas bermain kano sangatlah seru. Biaya tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp5.000 per orangnya.

  • Mengelilingi Pulau dengan Becak

Jangan lewatkan juga untuk berkeliling pulau dengan menaiki becak. Saat berada di pelabuhan usai mendarat Anda akan melihat begitu banyak becak yang menawarkan jasanya. Becak menjadi alat transportasi umum utama yang ada di pulau ini.

Berkeliling di pulau ini dengan becak hanya perlu menghabiskan sekitar Rp30.000 hingga Rp50.000 saja. Anda juga bisa menggunakan becak untuk transportasi jarak dekat sekitar Rp7.000 untuk sekali jalan.

Satu becak bisa memuat dua orang atau satu orang dengan beberapa barang. Becak di sini masih dikayuh secara manual bukan dengan kendaraan bermotor. Alasan banyaknya becak karena penggunaan kendaraan roda empat atau mobil di pulau ini sangat dibatasi.

  • Mengunjungi Pasar Malam Lang-lang Laut

Lang-lang laut merupakan kawasan pasar malam yang menjual aneka kuliner khas Melayu. Pasar malam ini bisa Anda kunjungi selepas magrib dan terletak di pelabuhan kecil saat Anda pertama datang ke pulau.

Aneka kuliner Melayu seperti sate, sop sapi, dan berbagai jajanan yang menarik untuk dicoba. Harga makanannya juga tidak terlalu mahal jadi Anda bisa leluasa untuk mencoba berbagai makanan.

Di pasar malam ini juga disediakan area bermain untuk anak-anak dengan beberapa fasilitas permainan yang lengkap. Siapkan waktu khusus saat liburan nanti untuk datang ke Lang-lang laut.

  • Mengunjungi Vihara dan Masjid

Tempat wisata Belakang Padang tidak selalu pantai, ada juga bangunan seperti vihara dan juga masjid yang kerap jadi tujuan liburan. Anda bisa melihat bagaimana keindahan Vihara Dharma Bakti yang sudah dibangun cukup lama. Selain itu ada juga Masjid AT-Taqwa.

Jika Anda datang di saat Imlek atau Cap Go Meh, vihara yang usianya sudah ratusan tahun ini sangat ramai. Ada banyak aktivitas budaya yang menarik seperti barongsai untuk dilihat. Ditambah lagi dengan pesta kembang api yang sangat meriah.

  • Bersantai di Pantai Sulaiman

Ada juga tempat wisata Belakang Padang berupa pantai lainnya yaitu pantai Sulaiman. Pantai yang cukup sepi ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari ketenangan. Selain bersantai di atas pasir pantai, Anda bisa juga mengunjungi cafe yang berdiri berjajar di pinggiran pantai.

Cukup banyak cafe yang sudah didesain modern dan menghadap ke arah laut, jadi Anda bisa menikmati pemandangan sambil menyeruput kopi panas. Selain cafe ada juga warung-warung yang menjual makanan seperti es pisang ijo dan kelapa muda. Biaya masuk ke pantai ini sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000.

  • Berkunjung ke Pulau lain

Jika sudah puas keliling wisata Belakang Padang, Anda punya kesempatan untuk berkunjung ke pulau lain yang tidak jauh jaraknya. Misalnya saja pergi ke pulau Lengkana yang punya pantai jauh lebih indah. Bisa juga pergi ke pulau Lengkana yang terdapat banyak rumah kolonial.

Cukup membayar Rp5.000 saja Anda sudah bisa menaiki kapal kayu kecil untuk pergi ke pulau-pulau tersebut sekali berangkat. Anda hanya perlu menyewa satu kapal saja untuk bisa berkeliling pulau lainnya.

Lengkap dan menarik bukan semua aktivitas yang bisa Anda lakukan saat wisata Belakang Padang? Mengingat lokasinya yang cukup jauh sebaiknya Anda melakukan persiapan jauh-jauh hari, mulai dari memesan tiket pesawat dan mencatat tempat mana saja yang akan dikunjungi. Termasuk mempersiapkan asuransi perjalanan.

Memiliki asuransi akan membuat Anda lebih nyaman dan aman saat liburan. Asuransinya sendiri bisa Anda pilih langsung di Cekpremi. Anda bisa dengan mudah membandingkan mana asuransi perjalanan yang sesuai kebutuhan termasuk budget. Cek langsung asuransinya di Cekpremi.

Sumber:

Tribun News

Pesisir

Andalas Tourism

Tempat Wisata

Wikipedia